Wisata Stanum Bangkinang Kampar

Wisata Stanum Bangkinang Kampar

RiauMagz.com - Stanum di daerah Kabupaten Kampar merupakan salah satu destinasi wisata yang masuk dalam peta wisata Provinsi Riau. Objek wisata ini terletak di daerah Langgini, Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kawasan wisata yang terletak di area Bangkinang kota ini merupakan destinasi yang popular di tahun 1990-an. Akan tetap beberapa tahun kemudian terlihat mulai ditinggalkan pengunjung, dan warga pun menganggap lokasi wisata ini sebagai kawasan yang angker. Terhitung sejak pemerintahan yang baru di Kabupaten Kampar hasil pilkada tahun 2017, lokasi ini mulai mengalami pemugaran besar-besaran, dan kini sudah mulai terlihat asri kembali. Stanum pun dipromosikan oleh bujang dara Kampar sebagai destinasi wisata yang cantik di Kabupaten Kampar.

Apa saja hal menarik yang bisa dinikmati pengunjung di kawasan wisata stanum Kampar? Berikut ini di antaranya:
  1. Kolam renang
    Tempat hiburan yang menarik bagi pengunjung yang membawa keluarga adalah kolam renang. Di kawasan stanum ini terbentang kolam renang dengan air biru yang menarik untuk disinggahi di musim panas. Duduk di tepian kolam renang juga menjadi hal yang menarik dilakukan para pengunjung yang datang.
  2. Area skateboard
    Di komplek wisata stanum juga terbentang area luas sebagai lokasi bermain skateboard yang cukup nyaman. Untuk anak-anak dan remaja yang ingin bermain skate board di area ini bisa dilakukan bersama-sama sebagai sajian wahana yang menarik untuk keluarga.
  3. Gedung pertemuan
    Di lokasi wisata stanum juga terdapat gedung pertemuan yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk menaja acara atau kegiatan yang bermanfaat. Ini cukup menarik dipilih karena memang lokasi wisata ini akan ramai dikunjungi orang.
  4. Penginapan
    Sebagaimana kawasan wisata, di lokasi stanum juga tersedia bangunan penginapan dengan konsep arsitektur melayu khas Kampar. Fasilitas ini terbilang istimewa karena masih terbilang langka disediakan di beberapa tempat wisata yang ada di Kampar, bahkan Riau.
  5. Restaurant
    Letih berenang atau bermain-main di area yang ada, Anda bisa menikmati jamuan kuliner khas Kampar yang disajikan di restoran yang ada di komplek stanum. Jadi buat pengunjung yang tak ingin repot membawa bekal saat liburan bisa menikmati makanan yang disediakan di restoran tersebut.

Di kawasan stanum juga banyak pohon hijau yang rindang dan rumput-rumput yang mulai dirapikan. Tribun dengan tempat duduk yang cukup banyak juga tersedia di sekeliling area kolam renang. Sebuah mushola jami’ khas Kampar juga tersedia di area wisata ini sehingga bagi pengunjung tak perlu repot keluar lokasi wisata jika waktu sholat tiba. Fasilitas yang tersedia di stanum cukup lengkap sehingga cocok dijadikan sebagai lokasi tujuan liburan keluarga untuk masyarakat dalam maupun luar Kampar.

Cara Menuju ke Lokasi Wisata Stanum Kampar, Riau
Lokasi wisata Stanum Kampar bisa ditempuh dari pusat Kota Pekanbaru dengan menggunakan kendaraan darat. Dari pusat kota menuju ke area simpang Panam, lalu dilanjutkan terus menuju ke Kota Bangkinang, Kampar. Jarak tempuh dari pusat Kota Pekanbaru ke lokasi sekitar 61 km dengan durasi waktu perjalanan normal kurang lebih 1,5 jam. Jalanan yang ditempuh cukup bagus, yakni jalan raya Pekanbaru-Bangkinang. Untuk transportasi bisa menggunakan angkutan umum yakni mobil travel L-300 berwarna putih yang bisa Anda tumpangi dari Simpang Panam, Pekanbaru. Dengan ongkos 20ribu rupiah sudah bisa mengantarkan Anda sampai ke pusat kota Bangkinang.

Anda juga bisa menuju ke lokasi menggunakan kendaraan roda dua. Medan yang cukup bagus dan jarak yang tidak terlalu jauh memungkinkan Anda membawa sepeda motor ke lokasi. Atau bisa juga menggunakan taksi online yang juga bisa menjangkau lokasi wisata stanum. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 17.30wib. Tiket masuk ke lokasi wisata ini mulai dari 20ribuan. Liburan akhir pekan bersama keluarga cukup nyaman di tempat wisata ini sebab saat ini mulai dilakukan renovasi besar-besaran kawasan wisata sehingga bisa lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi. Liburan ke Kampar jangan lupa singgah di area Stanum, Kampar.

Jika setelah dari Stanum Bangkinang di Kabupaten Kampar, anda mau berwisata lainnya, dapat juga mengunjungi kawasan wisata PLTA Koto Panjang. Disana banyak pilihan tempat wisata misalnya Puncak Ulu Kasok, Puncak Kompe, Puncak Pukatan, Pulau Tonga dan wisata lainnya.


RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Kampar, Wisata Bangkinang, Wisata Stanum.