Banyak Pilihan Berwisata di PLTA Koto Panjang Kampar Riau

Wisata PLTA Koto Panjang

RiauMagz.com - PLTA Koto Panjang merupakan pembangkit listrik menggunakan sumber tenaga air yang terletak di daerah Kampar. Lokasinya terletak di Tanjung Alai, XIII Koto Kampar, Kampar Regency, Riau. PLTA ini menggunakan air dari Sungai Kampar sebagai penggerak turbinnya. Saluran masuk in take dari PLTA ini terletak di daerah Rantau Berangin. Pembangkit listrik ini memiliki kapasitas 3 x 38 megawatt (114 MW). Pada musim kemarau biasanya akan mengalami penyusutan hingga hanya menghasilkan 60 MW.

Hal menarik yang menjadi destinasi wisata di sekitar kawasan PLTA Koto Panjang adalah keberadaan danau yang ada di kawasan ini. Selain memandang turbin PLTA yang besar dan kokoh, sebuah danau dengan pesona eksotiknya juga bisa Anda nikmati saat berkunjung ke tempat ini. Kawasan danau buatan di PLTA Koto Panjang tersebut dibangun pada tahun 1993 atas kerjasama antara Indonesia dengan Jepang. Dahulunya kawasan ini merupakan tempat pemukiman warga, sebanyak 9 desa ditenggalamkan dan warganya diungsikan untuk kebutuhan pembangunan danau dan PLTA.

Wisata PLTA Koto Panjang
Foto FB Ahmadsyah Harrofie

Memasuki kawasan danau, pengunjung akan disuguhkan pemandangan air danau yang biru, kawasan hutan-hutan alami dengan pemandangan yang menyejukkan. Menyusuri kawasan danau ini akan menjadi petualangan indah para pengunjung yang tak terlupakan. Oleh karena lokasinya yang sudah berdekatan dengan Sumatera Barat, udara di daerah ini juga sudah sangat sejuk dan dingin, mirip dengan cuaca pegunungan yang kita rasakan di Sumatera Barat.

Saat tiba di kawasan pelabuhan yang tak begitu besar di kawasan danau ini, pengunjung bisa mencium aroma amis ikan yang cukup terasa. Di kawasan danau ini kita bisa menyaksikan banyak keramba ikan yang dibudidayakan oleh warga setempat. Jadi selain sebagai pembangkit listrik, masyarakat juga menjadikan danau ini sebagai lahan mencari penghasilan di bidang perikanan. Menyusuri danau menggunakan perahu merupakan kesan indah yang akan dirasakan pengunjung. Semakin berlayar ke barat, pengunjung dapat menyaksikan berbagai pulau-pulau kecil. Pulau tersebut dulunya merupakan kawasan perbukitan. Sebuah pulau di kawasan ini telah disulap menjadi penginapan sederhana yang siap menampung para pengunjung untuk menginap.

Pulau baru tersebut dikenal dengan nama Pulau Tonga. Di kawasan ini tersedia rumah utama, mushala dan berbagai fasilitas MCK yang layak digunakan. Untuk menikmati suasana yang lebih seru, pengunjung bisa mendirikan tenda di kawasan ini, lalu memancing, bakar ikan, berenang dan sebagainya. Liburan di pulau kecil yang unik bisa Anda rasakan di kawasan ini. Selain itu, bila sudah berada di kawasan ini, jangan lupa pula mengunjungi spot menarik lainnya yakni air terjun Arao Besar dan Gua Landak.

Perjalanan dari Pulau Tonga ke gua landak akan memakan waktu kurang lebih satu jam. Jalan menuju ke gua ini cukup sulit. Terbentang labirin dari kayu-kayu yang memungkinkan membuat kapal tenggelam. Pada saat air pasang, kayu-kayu tersebut akan tertutup air dan cukup membahayakan bagi yang tidak berpengalaman. Gua landak merupakan gua yang basah dan licin dan menjadi habitat kelelawar yang sangat banyak. Destinasi ini menjadi tantangan bagi Anda yang suka berpetualang mengunjungi aneka tempat wisata alam. Dan tentunya kurang cocok dikunjungi jika Anda membawa anak-anak.

Wisata PLTA Koto Panjang
BertuahTv di Lobang Kalam

Cara Menuju ke Lokasi PLTA Koto Panjang Kampar
Dari pusat Kota Pekanbaru, perjalanan menuju ke lokasi PLTA Koto Panjang Kampar bisa ditempuh menggunakan jalur darat, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari simpang empat Panam-Pekanbaru, perjalanan bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan melintasi Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang. Disarankan menggunakan kendaraan rental dari Pekanbaru, atau kendaraan pribadi. Setelah sampai di kawasan Jalan Raya yang ada di daerah PLTA, perjalanan dilanjutkan menuju ke pelabuhan. Jarak dari jalan raya ke pelabuhan kurang lebih 30 menit lamanya. Kawasan wisata ini masih bebas Anda kunjungi. Untuk sekedar berfoto atau menikmati pemandangan alam yang lebih segar di daerah Kampar, Anda bisa berkunjung langsung ke daerah ini. Jangan lupa singgah juga di beberapa destinasi wisata Kampar yang letaknya masih satu arah dengan lokasi PLTA Koto Panjang, Kampar.

Wisata Puncak Kompe Kampar - PLTA Koto Panjang

RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Kampar