3 Jenis Masakan Khas Malang yang Bisa Dicoba Sendiri

RiauMagz.com - Jika bicara soal kota Malang kira-kira apa yang terlintas di benak kalian? Yang jelas segala hal tentang Malang selalu menarik untuk diulas. Salah satu kota terbesar yang sudah berdiri sejak zaman kerajaan Kanjuruhan semakin kesini semakin banyak dikunjungi. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang dua kota ini semakin berkembang dan dikenal dengan Malang Raya. Hayoo tertarik untuk wisata ke Malang? Cari harga tiket pesawat yang murah dan aman dulu yuk.

Sebagai kota yang terus berkembang, Malang tentu berusaha untuk terus memperbaiki tatanan Kotanya. Baik itu dari pemerintahannya, pendidikannya, seni, kuliner apalagi budayanya. Kesemuanya ini bertujuan agar Malang semakin banyak dikunjungi wisatawan baik local maupun internasional. Banyak hal yang memang sudah terkenal dari Malang. Jika dulu orang hanya mengenal Malang sebagai Kota apel, kini banyak yang terkenal dari Malang terutama kulinernya.

Nah, ngomongin soal kuliner nih tentu ngga jauh-jauh dari masakan Jawa yang khas dengan rasa manis gurihnya kan. Ada banyak makanan khas yang berasal dari Malang namun tidak semua bisa dibuat sendiri. Kesulitannya adalah dari susah mencari bahan di daerah selain Jawa. Ini kerasa bagi kalian yang tinggal di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Kangen masakan Malang tapi susah mencari bahan dasarnya. Bagi yang tau makanan khas Malang tentu akan ada ciri khas tersendiri jika bahan dasarnya lengkap atau tidak.

Tapi jangan nyerah dulu. Berikut ini ada 3 masakan Malang yang bisa kalian coba sendiri di rumah. Bahannya mudah didapat meskipun tidak tinggal di Malang.

Sego Goreng Mawut

blog.reservasi.com

Bagi pecinta sego goreng aka nasi goreng tentu tidak asing dengan rempah nasi goreng yang mudah didapat. Nasi goreng dengan lauk ati ayam, ampela, telur dan kerupuk adalah ciri khas utamanya. Nasi goreng mawut punya ciri special yaitu nasi goreng dengan tambahan mie dan sayur kol. Itu sebabnya ia disebut nasi goreng mawut.

Cara membuat sego goreng mawut mudah saja. Karena bumbunya sama dengan nasi goreng pada umumnya yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, kecap, garam dan penyedap rasa. Tambahan pelengkapnya telur ceplok, bawang goreng dan sayur kol diiris tipis. Adapun mie nya digoreng seperti biasa. Campurkan nasi dan mie kemudian aduk rata. Sajikan bersama pelengkap irisan kol, bawang goreng dan telur.

Bakso Bakar
Siapa sangka bakso bakar yang kini marak dijual dipinggir jalan ternyata adalah jajanan khas Kota Malang? Ya, bakso bakar sederhana ini pertama kali dikenalkan sebagai camilan jajanan Malang. Kini bakso bakar hampir ada di seluruh kota di Indonesia. Cara membuat bakso bakar sangat mudah yaitu pentol bakso yang sudah masak dibakar diatas panggangan dengan tambahan bumbu seperti akan membaut bumbu ayam goreng.

Bakso bakar ini sekilas memang terlihat sederhana namun jika kamu mendapat pentol bakso dengan kualitas baik maka ketika digoreng aroma daging akan keluar bersama dengan aroma bumbu bakarnya.

Orem-Orem

masakan khas malang
blog.reservasi.com

Sepintas orem-orem terlihat seperti tempe dan tahu bacem tapi orem-orem khas Malang dimakan dengan ketupat, telur asin dengan kuah kaldu ayam yang kental loh. Cara membuat orem-orem mudah kok. Cukup sediakan tempe, tahu, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, lengkuas, kencur, daun salam, daun jeruk dan kemiri.

Pertama haluskan bumbu kemudian tumis, masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Setelah harum masukkan tempe dan tahu, tuang santan dan masak hingga santan menyusut. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa. Orem-orem yang sudah jadi dipotong dadu lalu sajikan bersama ketupat dan kaldu ayam.

Gimana? Mudahkan.. Tapi kalau kalian sedang berlibur ke Malang tidak salah untuk mencoba ketiga makanan ini untuk mencari cita rasa yang pas banget dengan aslinya. Beli tiket pesawat ke Malang ngga usah pake bingung ke Pegipegi.com aja. Harga tiket pesawat, booking hotel sampai pesan tiket kereta api juga ada. Transaksinya mudah dan aman karena semua berbasis online jadi ngga ada cerita tiket yang tertukar karena info valid akan diemail langsung ke hp-mu. Segera ke Pegipegi.com ya.



ISI IFRAME YOUTUBE

RiauMagz, Wisata Riau