Wisata Bendungan Sungai Paku Lipat Kain Kampar Riau

Wisata Bendungan Sungai Paku Lipat Kain Kampar Riau

RiauMagz.com - Bendungan Sungai Paku merupakan salah satu destinasi wisata baru yang potensial dikembangkan layaknya PLTA Koto Panjang. Bendungan ini terletak di Desa Sungai Paku, Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau, sekitar 3km dari Lipat Kain sebagai ibukota Kecamatan Kampar Kiri. Bendungan ini bukan sekedar bendungan, ternyata di tempat ini ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati para pengunjung yang datang. Sebuah bendungan yang tinggi berdiri dengan debit air yang cukup deras. Di bagian daratan bendungan, berjejer pohon-pohon sawit yang hijau dan rumpun. Sementara itu, bendungan juga terhubung dengan sebuah danau kecil tempat para pengunjung berlayar menggunakan perahu dan speed boat menikmati suasana alam yang indah.

Saat tiba di kawasan bendungan, hal pertama kali yang bisa dilakukan pengunjung adalah berfoto di lokasi bendungan. Sangat banyak spot-spot foto menarik. Dengan latar belakang sebuah danau yang luas akan terasa lebih eksotik. Selanjutnya, pengunjung bisa menyewa perahu yang ada di sekitar danau dengan biaya sekitar 15ribu rupiah per orang untuk kemudian Anda akan dibawa menyusuri danau sambil menikmati udara yang segar. Di dalam kapal ini, Anda bisa mengambil pose-pose gambar terbaik untuk kenang-kenangan.

Letih menyusuri danau, pengunjung pun akan dimanjakan dengan wisata kuliner aneka ikan yang cukup terjangkau harganya di sekitar tempat ini. Di antara jenis ikan yang paling khas ditemukan di tempat ini adalah ikan toman. Ada juga ikan nila, ikan bawal sungai dan ikan patin. Harganya lebih terjangkau jika Anda beli di tempat tersebut. Beberapa tempat lain yang menarik dikunjungi selama berada di kawasan ini di antaranya adalah Air Terjun Pematang Agho, Air Terjun Cempedak Mati, Air Terjun Muara Bambu dan spot memancing toman. Bagi Anda yang punya hobi memancing, di kawasan ini Anda bisa menyalurkan hobi Anda tersebut untuk mendapatkan aneka jenis ikan air tawar yang khas ada di daerah ini.

Selain itu, di tengah danau terdapat spot foto menarik yaitu spot fot Kayu Merbau di tengah danau.

Selain berfoto dan menikmati kuliner ikan, bila Anda ingin berkunjung ke bendungan ini, disarankan untuk datang di petang hari. Di sini Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam atau sunset yang terlihat cukup indah dari atas permukaan air danau. Banyak para pengunjung yang mengabadikan keindahan sunset lokasi di tempat wisata tersebut.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang, di tempat ini akan mulai dibangun fasilitas yang memadai seperti mushola, toilet, area parkir dan sebagainya yang membantu kenyamanan pengunjung. Pihak pemerintah setempat sudah mulai menggalakkan pembangunan dan pengadaan fasilitas di kawasan Bendungan Sungai Paku dan bersiap menjadikan kawasan ini sebagai salah satu icon wisata Kampar yang terus mengalami kemajuan. Bendungan ini diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik pengunjung baik dari Riau maupun luar Riau.

Bendungan Sungai Paku atau sebagian menyebutnya Bendungan Lipat Kain merupakan sebuah bendungan irigasi untuk mengairi sawah. Namun masyarakat sekitar bendungan ini tidak lagi menanam padi sehingga bendungan yang telah membuat sebuah danau buatan dialihfungsikan menjadi objek wisata.

Wisata Bendungan Sungai Paku Lipat Kain Kampar Riau

Cara Menuju ke Lokasi Bendungan Sungai Paku
Dari pusat Kota Pekanbaru, lokasi Bendungan Sungai Paku tersebut berjarak sekitar 69km, atau sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua dengan kecepatan normal. Dengan melalui rute Jalan Raya Pekanbaru-Sungai Pagar, perjalanan dilakukan menuju ke Kota Lipat Kain sebagai ibu kota dari Kecamatan Kampar Kiri. Setelah sampai di Lipat Kain, perjalanan dilanjutkan lagi ke Desa Sungai Paku sejauh 6km dari pusat kota Lipat Kain. Untuk kenyamanan Anda selama perjalanan, sebaiknya selama perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan rental. Untuk berkunjung ke kawasan ini, Anda tak perlu repot membawa kuliner dari luar, karena di sini Anda bisa menikmati aneka kuliner khas Kampar Kiri yang lezat.

Untuk akomadasi penginapan dan sebagainya, bisa Anda dapatkan di Pekanbaru, dan karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, maka Anda bisa pulang hari ke pusat Kota Pekanbaru. Anda bisa berkunjung kapan saja ke lokasi Bendungan Sungai Paku, selama 24 jam Anda bisa menikmati suasana di tempat wisata tersebut. Jangan lupa membawa peralatan memancing jika Anda ingin menikmati suasana yang berbeda dengan mendapatkan ikan tangkapan khas di daerah Kampar. Mereka yang hobi memancing bisa memilih daerah di tepian, atau memancing di tengah saat menaiki perahu yang menyusuri danau.

Semua foto bersumber dari Irwan Pradi (Intsagram @irwan_pradi )

RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Kampar, Wisata Lipat Kain