Tugu Equator Pelalawan

Tugu Equator Pelalawan

RiauMagz.com - Pelalawan menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Riau yang dilalui garis khatulistiwa dan ditandai dengan didirikannya tugu equator. Di Pelalawan, tugu equator tersebut terletak di Dusun Tua, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan. Tugu tersebut berdiri tegak di tepi jalan lintas timur yang dilalui banyak kendaraan menuju arah Jambi dan rute-rute lainnya. Sekilas tak ada yang istimewa dari bangunan tugu tersebut. Hanya sebuah tugu biasa yang ditandai dengan tulisan Tugu Equator. Namun, tahukah Anda, untuk Pulau Sumatera, yang dilalui garis khatulistiwa hanya tiga titik bagian saja. Satu titik di Provinsi Sumbar, dan dua lagi berada di Riau, yakni di daerah Lipat Kain dan yang ada di Pangkalan Lesung, Pelalawan.

Dahulu, untuk pertama kalinya garis khatulistiwa ini ditemukan oleh Belanda. Oleh Belanda, lokasi ini ditandai dengan besi melingkar yang sekaligus menjadi gerbang yang menghubungkan antara Desa Dusun Tua dan Desa Pangkalan Lesung yang bersebelahan. Tugu equator ini menandakan garis lintasan yang dilalui matahari karena disebabkan rotasi bumi. Indonesia merupakan salah satu negara yang dilintasi garis khatulistiwa baik di daerah darat maupun laut.

Apa yang bisa Anda nikmati di tempat lokasi berdirinya Tugu Equator tersebut? Saat pertama kali singgah ke tempat ini, jangan lupa berfoto di depan tugu yang tegak menjulang. Anda bisa masuk lebih dulu melalui gerbang yang terbuka sebelum masuk ke kawasan berdirinya tugu tersebut. Di lokasi ini dibangun sebuah rumah yang berfungsi sebagai tempat istirahat para pengunjung. Tanaman-tanaman kecil yang juga bisa Anda jadikan sebagai spot untuk berfoto. Meski tak ramai dikunjungi wisatawan, tetapi tempat ini cukup bersejarah dan memiliki makna untuk dikunjungi. Lokasinya berada di tepi jalan raya memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan dan mengunjungi tempat wisata lain yang ada di daerah Pelalawan.

Jika berkunjung ke Pangkalan Lesung dan sekitarnya, jangan lupa membeli madu sialang asli yang dijual di jalan-jalan di depan rumah penduduk. Konon madu di sini sangat terasa efeknya untuk kesehatan tubuh, dijamin keasliannya serta harganya yang lebih terjangkau. Jadi sambil Anda mengunjungi tugu equator, jangan lupa membeli oleh-oleh Pelalawan yang dijual di tepian jalan oleh penduduk. Bila Anda membawa serta keluarga, sebaiknya menggunakan kendaraan roda empat dan bisa sekalian mengunjungi tempat-tempat menarik yang tak jauh dari Kota Sorek. Berkunjung ke lokasi tugu sebaiknya dilakukan pada cuaca yang tidak panas, seperti pagi atau petang hari sehingga Anda bisa mendapatkan suasana yang lebih nyaman dan hasil gambar yang lebih bagus.

Tugu Equator Pelalawan

Cara Mengunjungi Lokasi Wisata Tugu Equator Pelalawan
Perjalanan menuju ke lokasi Tugu Equator yang ada di Desa Dusun Tua, Kecamatan Pangkalan Lesung bisa dimulai dari pusat Kota Pekanbaru. Perjalanan ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan jarak lokasi sekitar 58km dan waktu tempuh normal sekitar 3 jam perjalanan, Anda bisa sampai ke lokasi tugu tersebut. Akses jalannya cukup bagus dan berada di tepian jalan raya. Anda bisa mengaktifkan GPS untuk memudahkan pencarian lokasi. Bila Anda memulai perjalanan dari arah Pekanbaru, maka tugu tersebut berada di sebelah kiri jalan. Untuk akses akomodasi, makan dan sebagainya bisa Anda penuhi di Kota Sorek atau di Kota Pangkalan Kerinci yang lebih besar. Sorek merupakan ibu kota kecamatan sedang Pangkalan Kerinci ibu kota kabupaten. Jadi bisa Anda temukan akomodasi yang lebih lengkap di daerah tersebut.

Tugu Equator Pelalawan ini bisa Anda kunjungi kapan saja, tetapi sebaiknya tidak malam hari karena lokasinya berada di daerah yang tak begitu ramai. Masuk ke lokasi ini gratis alias tidak dipungut bayaran. Bila Anda sering melalui perjalanan yang melalui rute jalan lintas timur, maka Anda akan sering melihat tugu ini di sebelah kiri jalan bila memulai perjalanan dari Pekanbaru. Diperlukan pemugaran, melengkapi fasilitas, menaja even-even rutin di kawasan tugu ini untuk memperkenalkan lokasi ini sebagai daerah wisata sekaligus meningkatkan jumlah pengunjung dari wisatawan.

RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Equator, Wisata Pelalawan.