Menyusuri Keindahan Air Terjun Batang Ogan di Kuantan Singingi


RiauMagz.com - Salah satu objek wisata yang saat ini sedang popular di daerah Kuantan Singingi adalah air terjun Batang Ogan. Air terjun ini terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kec. Hulu Kuantan, Kab. Kuantan Singingi, Riau. Air terjun ini sering juga disebut dengan nama Ngarai Tangogan, sebab memang air terjun tersebut terletak di ngarai (bebatuan yang tinggi).

Objek wisata alam di Kuantan Singingi yang dapat menjadi andalan wisata di Riau ini belum begitu lama dikembangkan. Namun, saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menjanjikan untuk dikembangkan. Air terjun di tempat ini memang tidak terlalu tinggi, tetapi airnya diketahui sangat jernih dan bersih. Pemandangan di sekitar lokasi juga masih asri dengan udara segar yang ditawarkan.


Akses menuju lokasi air terjun ini memang terbilang tidak sulit. Meskipun lama perjalanan dari jalan masuk ke lokasi hanya satu jam dari Taluk Kuantan, tetapi memang menyuguhkan pemandangan yang memuaskan. Dahulu, jalanan menuju ke Tangogan licin dan becek, pengunjung juga harus menyebrangi sungai kecil sebelum sampai ke lokasi. Sungai di sini airnya sangat jernih dan bersih. Perjalanan ratusan meter harus ditempuh dengan kondisi jalan yang becek, licin dan naik turun. Tangga-tangga yang licin juga harus ditempuh, terutama jika musim hujan. Keletihan selama perjalanan akan terbayar saat Anda sampai ke lokasi air terjun. Di sini Anda bisa berenang dan mandi sepuasnya. Airnya yang bersih dan jernih serta deburan air terjun yang tidak terlalu tinggi membuat orang senang berlama-lama berenang di tempat ini.


Kondisi sekarang, perjalanan dari pasar Desa Lubuk Ambacang dekat Kantor Kepala Desa Lubuk Ambacang sangatlah mudah, jalan aspal dilanjutkan jalan semenisasi sampai mendekat ke lokasi air terjun. Untuk kendaraan roda 4 harus parkir di ujung jalan semen, sedangkan kendaraan roda 2 dapat langsung parkir di kebun karet di tepi sungai kecil dekat lokasi air terjun Batang Ogan.


Pada bagian hulu air terjun Batang Ogan tersebut kita juga bisa menyaksikan semacam kolam alami berisi batu-batuan dengan air yang jernih dan dingin. Cukup untuk menghilangkan kepenatan perjalanan satu jam menuju lokasi dari jalan raya. Sangat menarik untuk dinikmati terlebih lagi Anda membawa bekal makanan yang cukup. Bagi yang takut berenang, di kola mini cukup nyaman untuk dijadikan tempat bermain air.


Untuk sampai ke bagian bawah air terjun, pengunjung harus menyusuri jalan setapak menyeberangi sungai kecil itu, ada tangga tersedia di sini. Bagi pengunjung yang bisa berenang, bisa langsung menyusuri sungai ini beberapa meter dan ketemu bagian atas air terjun Batang Ogan. Jika berani, melompatlah dari atas dan menceburkan diri di dalam kolam yang dingin dan segar. Di tempat ini pula terdapat akar-akar yang digunakan pengunjung untuk bergelantungan seperti tarzan. Selain itu, pada bagian kolamnya juga tersedia semacam kayu terapun yang bisa dijadikan tempat berpegangan untuk mereka yang tidak bisa berenang.

Air terjun Batang Ogan tidak akan terlihat dari lokasi parkir. Ini bagai surga tersembunyi di balik bebatuan dan pepohonan. Kontur area di lokasi air terjun adalah dinding batu terjal yang hampir tegak lurus ke atas semakin membuat lokasi ini benar-benar bagai surga tersembunyi.


Bila ingin melakukan perjalanan ke lokasi air terjun Batang Ogan tersebut, jangan lupa membawa perbekalan makan dan minum yang cukup walaupun ada warung kecil-kecilan di lokasi tersebut. Aktivitas yang melelahkan di dalam air akan membuat perut semakin cepat lapar dan keroncongan. Jangan lupa membawa perlengkapan P3K untuk Anda yang tak terbiasa berjalan atau menempuh medan sulit.

Cara Menuju ke Lokasi Air Terjun Batang Ogan
Bila Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Pekanbaru, maka Anda harus menempuh perjalanan darat menuju ke Desa Lubuk Ambacang selama 5 jam perjalanan. Rute perjalanan menuju ke Taluk Kuantan. Dari Taluk Kuantan menuju ke Kecamatan Hulu Kuantan. Sesampai di Simpang Lubuk Ambacang berbeloklah ke kanan. Perjalanan dilanjutkan menuju ke Kantor Kepala Desa Lubuk Ambacang di dekat pasar. Setelah itu, tak jauh dari lokasi kantor kepala desa, Anda bisa menemukan belokan ke arah kiri. Jalan tersebut merupakan jalan beraspal dan dilanjutkan jalan semen. Di simpang jalan ini juga terpasang petunjuk arah menuju air terjun Batang Ogan yang akan kita kunjungi.

Bila Anda memulai perjalanan dari Pekanbaru, maka disarankan untuk menginap atau menyiapkan akomodasi dari Kota Taluk Kuantan. Selain ke Batang Ogan, Anda juga bisa mengunjungi air terjun lainnya di daerah tersebut yang cukup lumayan jumlahnya.

===
Catatan Perjalanan Genpi Pekanbaru saat Festival Pacu Jalur 2018

@GenpiPku
@RiauMagz
@Tripriau
@pilotdroneriau
@rahmansyah0476
@bayuamdewinata
@Awienstjunior
@mikeagnesia
@dannycted
@attayaya
@amriyadibahar
@fotoriau

#genpi #genpipku

RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Kuansing, Wisata Taluk Kuantan, Lubuk Ambacang