Wisata Air Terjun Subayang Jaya, Kampar

Wisata Air Terjun Subayang Jaya, Kampar

RiauMagz.com - Objek wisata air yang juga cukup terkenal di kawasan Kampar adalah Air Terjun Subayang Jaya. Tempat ini menyimpan beberapa wisata air, mulai dari Sungai Subayang, serta hutan-hutan dengan pepohonan yang hijau. Wisata air terjun Subayang Jaya terletak di Desa Subayang, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Untuk Anda yang menginginkan suasana wisata alam yang benar-benar masih alami di kawasan Provinsi Riau, bisa mengunjung destinasi wisata ini dalam satu rangkaian kunjungan wisata.

Mula-mula para wisatawan akan diajak menyusuri keindahan Sungai Subayang menggunakan perahu yang disediakan oleh masyarakat setempat. Di sepanjang sungai Anda bisa menyaksikan pemandangan hutan lebat di kanan kiri dengan pepohonan hijau yang digenangi air di bagian bawahnya. Air sungai yang diselingi dengan bebatuan besar serta arus yang cukup deras menjadi tantangan tersendiri terutama bagi Anda yang tidak terbiasa dengan perjalanan di air. Air sungai yang jernih kehijauan akan Anda saksikan selama kurang lebih 3 jam perjalanan.

Suasana yang sejuk dengan deburan arus sungai menjadi suasana wisata alam yang bisa Anda nikmati. Setelah itu, barulah perahu akan menepi di kawasan yang dituju yakni air terjun Subayang. Kawasan air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang masih asri, dengan ketinggian air terjun 30 meter, para pengunjung melepaskan lelah di kawasan ini. Di tempat ini pula banyak yang melakukan aktivitas berkemah setelah menyusuri sungai yang cukup indah.

Wisata Air Terjun Subayang Jaya, Kampar

Di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun, Anda bisa menyaksikan setidaknya 15 gugusan desa yang ada. Di setiap desa tersebut biasanya terdapat lubuk larangan yang berisi ikan. Tradisi panen ikan di lubuk larangan setiap tersebut biasanya akan dilakukan dalam waktu-waktu tertentu, tergantung kondisi cuaca. Biasanya akan dilakukan di bulan Maret dan April setiap tahunnya. Cobalah mengunjungi kawasan ini di bulan-bulan tersebut untuk menyaksikan langsung tradisi masyarakat yang dilakukan.

Pemandangan perbukitan hijau dan lembah-lembah yang indah merupakan pemandangan alam yang dapat Anda saksikan di kawasan ini. Masyarakat setempat dikenal ramah dalam menyambut wisatawan yang datang berkunjung. Bahkan sering juga di tempat ini diadakan acara budaya dan adat istiadat setempat. Untuk semakin meningkatkan popularitas objek wisata alam di Kampar Kiri ini, tak jarang pula digelar festival Subayang dengan menghadirkan berbagai kegiatan budaya dan kesenian di daerah setempat.

Untuk Anda para pecinta wisata alam bisa menjadikan destinasi wisata air terjun Subayang Jaya ini sebagai tempat wisata alternative di hari libur. Kurang cocok dijadikan tempat wisata bila Anda membawa anak-anak. Untuk perjalanan wisata yang cukup lama di atas air, jangan lupa membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup karena sepanjang perjalanan Anda hanya akan menikmati air dan pemandangan alam pepohonan. Para pegiat seni budaya pun sering menjadikan air terjun ini sebagai destinasi wisata untuk kegiatan budaya dan kesenian. Seperti membaca puisi, hiburan rakyat dan sebagainya.

Cara Menuju ke Lokasi Air Terjun Subayang Jaya, Kampar Kiri Hulu, Riau
Cara menuju lokasi wisata air terjun Subayang Jaya bisa dimulai dari Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau. Dari Pekanbaru Anda bisa melalui perjalanan darat menuju ke ibu kota Kecamatan Kampar Kiri Hulu yakni Desa Gema selama lebih kurang perjalanan 2 jam. Selanjutnya, di desa ini Anda bisa menyewa Piau (semacam sampan menggunakan mesin) yang disediakan oleh warga untuk disewakan, harganya cukup bervariasi tergantung kualitas dan kapasitas.

Lalu dengan menggunakan kendaraan inilah, Anda akan dibawa menyusuri keindahan Sungai Subayang yang begitu mempesona selama lebih kurang 3 jam. Anda tak akan merasakan letih karena mata Anda akan disuguhkan keindahan suasana alam yang mungkin jarang Anda saksikan. Hanya saja dalam waktu 3 jam, bisa dipastikan perut akan lapar karena berada di atas air. Siapkan makanan yang cukup selama perjalanan di atas air tersebut. Selanjutnya kapal akan berhenti atau menepi di tepian sungai. Jarak antara perhentian dan air terjun bisa Anda lalui dalam waktu kurang dari lima menit saja. Di sinilah Anda bisa melepaskan lelah dengan kesejukan air terjun yang disajikan.

Foto : LensaWisata.com

Video Sungai Subayang oleh RiauMagz

Video Subayang oleh LensaWisata.com

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata air terjun | Wisata Kampar ]