Singapore Travel Guide

Singapore Travel Guide Book

RiauMagz.com - Panduan Lengkap Menjelajah Singapura - Mau liburan ke luar negeri? Singapura menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan asal Indonesia. Selain lebih dekat, negara ini juga menyajikan berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Apakah berkunjung ke Singapura harus menyiapkan anggaran yang besar? Semuanya bisa disiasati jika tahu caranya. Buat kamu yang ingin ke Singapura, perhatikan panduan lengkap berikut ini.

Bagaimana Cara Menghemat Biaya di Singapura?
Sebelum memutuskan berangkat tentu saja biaya akan jadi pertimbangan yang penting. Tak harus kamu menjadi seorang milyader untuk bisa sampai ke Singapura, asal kamu cerdas dan tau tipsnya, dengan anggaran terbatas pun tetap bisa traveler. Ada beberapa hal yang bisa kamu hemat selama di Singapura, di antaranya:
  1. Menghemat makan
    Kalau kamu ingin hemat makan selama di Singapura, pergilah ke pusat jajanan atau foodcourt. Dua tempat yang direkomendasikan adalah Maxwell di Chinatown dan Tekka Center di Little India. Di sini kamu bisa mendapatkan makanan dengan harga yang terjangkau.
  2. Penginapan
    Kalau mau hemat anggaran menginap di Singapura, kamu bisa memilih jenis hotel kapsul. Namun, hotel ini kurang aman dan sekaligus tidak nyaman untuk kamu yang menyukai privasi. Bandara Changi menjadi tempat favorit para wisatawan untuk menginap. Di tempat ini kamu bisa menginap secara gratis. Tak hanya itu, tempat ini juga termasuk salah satu tempat paling aman dan nyaman.
  3. Pusat belanja
    Tempat belanja hemat di Singapura yang direkomendasikan buat kamu adalah Bugis Market. Atau dua tempat lainnya yakni Mustafa Center di kawasan Little India dan Lucky Plaza di Orchard Road.

Tempat-Tempat Wisata Populer di Singapura
Kalau kamu butuh referensi tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi selama di Singapura, berikut ini beberapa tempat bisa menjadi referensi yang pas untuk kamu:
  1. Kusu Island
    Singapura merupakan negara Melayu yang penduduknya telah tergantikan dengan warga negera Cina. Jadi cukup sulit kamu bisa menemukan Melayu yang sesungguhnya di negara ini. Bahkan Kusu Iland sebagai pulau yang menawarkan budaya lokal pun sebagian besar berisi kebudayaan Cina.

    Singapore Travel Guide Kusu Island

  2. Chinese Garden dan Japanese Garden
    Sebagai negara dengan bangunan gedung yang dominan, di Singapura juga terdapat dua taman hijau bernama Chinese Garden dan Japanese Garden. Taman hijau dengan sungai kecil di tengahnya ini cukup menjadi tempat menyejukkan mata.

    singapore travel guide chinese garden

  3. Patung Merlion
    Tak lengkap ke Singapura jika tak berpose di depan patung Merlion yang menjadi icon Singapura. Jangan lupa singgah untuk sekedar selfie dan foto di depan patung singa tersebut.

    Singapore Travel Guide Book The Merlion

  4. Coney Island
    Mau bersepeda di tengah hutan kota yang kaya dengan flora dan fauna lalu endingnya menikmati suasana pantai yang indah? Berkunjung lah ke Coney Island di Singapura.

    Singapore Travel Guide Book Coney Island

  5. Gedung Marina Bay
    Gedung ini dikenal sebagai gedung pencakar langit yang ada di Singapura. Kamu bisa mampir dan selfie sejenak dengan background gedung tersebut.

    Singapore Travel Guide Book Marina Bay

Peraturan Penting di Singapura yang Perlu Kamu Ketahui
Beda negeri beda pula aturannya. Saat berkunjung ke Singapura kamu harus tau ada beberapa aturan yang unik dan berlaku di negara tersebut. Apabila kamu melanggarnya, maka kamu bisa mendapatkan hukuman yang berat. Apa saja aturan tersebut?
  1. Dilarang makan dan minum di transportasi umum
    Jangan samakan dengan Indonesia, di Singapura kamu harus membebaskan dirimu dari makan dan minum saat berada di transportasi umum. Jadi kalau kamu liburan membawa anak-anak, naik angkutan umum cukup sulit. Jika kamu tertangkap melanggar aturan ini, maka kamu akan dikenakan denda 500 SGD.
  2. Dilarang mengunyah permen karet di tempat umum
    Tahukah kamu, permen karet menjadi hal yang cukup serius di Singapura. Sudah dilarang sejak tahun 1992. Siapa saja yang ditemukan mengunyah permen ini di tempat umum maka akan dikenakan dengan 500 SGD.
  3. Merusak fasilitas umum
    Kebiasaan menggambar, corat-coret dan sejenisnya tak bisa kamu bawa saat berada di Singapura. Seseorang yang ketahuan mencoret atau menggambar fasilitas umum akan dikenakan dengan sebesar 2000 SGD atau dipenjara selama 3 tahun.
  4. Alkohol dijual pada jam-jam tertentu
    Alcohol di Singapura dijual pada jam-jam tertentu. Jika sudah lewat jam tersebut, maka alcohol hanya tersedia di kawasan bar, restoran, kafe dan sejenisnya.

Makanan yang Enak di Singapura
Selain rasa yang enak, kehalalan juga penting kamu perhatikan selama di Singapura. Jajanan Melayu juga bisa menjadi alternative untuk perjalananmu. Berikut ini beberapa jenis kuliner di Singapura yang patut kamu coba:
  1. Durian Singapura
    Meskipun di Indonesia banyak durian, tapi kamu bisa bandingkan rasanya dengan durian khas Singapura yang tebal dan manis. Para wisatawan pecinta durian bisa menemukan durian terbaik di Singapura.
  2. Coklat Merlion
    Ini makanan yang cocok untuk oleh-oleh. Coklat dengan gambar singa Merlion menjadi salah satu oleh-oleh di Singapura yang patut kamu beli dan coba rasanya.
  3. Bak Kwa Ayam
    Buat kamu yang muslim bisa mencoba makanan khas Singapura bernama Bak Kwa yang terbuat dari ayam. Makanan ini biasanya terbuat dari babi, namun tersedia juga yang bahannya ayam untuk para muslim. Daging yang sudah diasapkan dengan rajikan bumbu ini cukup terkenal di Singapura.
  4. Royal Puding
    Pudding khas Singapura dengan rasa original, mangga, cokelat dan sebagainya ini bisa kamu dapatkan dengan harga S$4.5 hingga S$5.
Menjelajah Singapura tak cukup sehari dua hari. Ada banyak hal yang bisa kamu eskplore dari negara ini. Selamat berwisata di Singapura.

Silahkan baca artikel terkait :
Sejarah Kerajaan Singapura

RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Singaura