Bendungan Simbat, Wisata Kampar

Bendungan Simbat, Kampar

RiauMagz.com - Salah satu bendungan yang ada di Kabupaten Kampar dan memiliki potensi wisata yang menjanjikan adalah bendungan Simbat. Bendungan ini terletak di Kecamatan Kampar Timur, Kabupaten Kampar, Riau. Bendungan Simbat sendiri terletak tidak jauh dari kota Kampar sebagai ibu kota dari Kampar Timur. Hanya sekitar 4km saja, tak jauh dari Jembatan Danau Bingkuang, pengunjung sudah bisa sampai ke lokasi bendungan. Oleh karena itu, tempat ini memiliki potensi yang cukup baik untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menarik dan unggulan.

Keindahan objek wisata bendungan Simbat hampir menyamai keindahan wisata Stanum Bangkinang. Sebuah bendungan air dengan pemandangan alam yang hijau di kanan kirinya dapat Anda saksikan bila berkunjung ke lokasi. Air yang jernih dari bendungan merupakan daya tarik tersendiri dan menjadi salah satu hal yang bisa Anda jadikan sebagai objek foto saat mengunjunginya. Di bagian kanan kirinya terdapat turap bendungan yang kokoh. Pada seberang salah satu bagian sisi bendungan juga bisa kita saksikan pepohonan sawit sebagai tanaman komoditas ekspor bernilai ekonomis. Air yang jernih berwarna kecoklatan mengikuti berbagai tumbuhan yang ada di dasar air juga menjadi hal menarik yang bisa Anda saksikan.

Karena kualitas kejernihan air di bendungan inilah membuat warga menggunakan air tersebut untuk berbagai kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Air tersebut digunakan sebagai sumber air minum warga, mencuci pakaian dan mandi. Penggunaan yang tidak terkontrol dan tak dipantau oleh otoritas pejabat setempat justru menyebabkan kondisi air menjadi tercemar dan kurang menarik untuk dikunjungi. Namun hingga saat ini, sebagian tempat masih cukup bisa dinikmati keindahan dan kebersihan airnya.

Di lokasi wisata ini dengan koordinat 0.33925 101.18080 tersedia parkir kendaraan yang aman. Selain itu juga tersedia tempat mandi untuk para pengunjung yang ingin melakukannya. Kondisinya membutuhkan perawatan dan perbaikan yang lebih serius agar para pengunjung bisa mendapatkan suguhan hal yang lebih menarik di tempat ini. Fasilitas seperti toilet dan sejenisnya juga belum tersedia di tempat ini sehingga pengunjung tidak bisa berlama-lama di lokasi tersebut.

Hal yang bisa Anda nikmati di tempat ini selain menyaksikan kesegaran air adalah sekedar mencari tempat berfoto yang paling menarik. Kemampuan menemukan spot berfoto terbaik di tempat ini akan membuat foto Anda menjadi lebih istimewa. Karena tak ada wahana permainan yang menarik di tempat ini, destinasi wisata ini kurang cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga dan anak-anak.

Cara Menuju ke Lokasi Bendungan Simbat, Kampar Riau
Untuk menuju ke lokasi wisata Bendungan Simbat yang ada di Kabupaten Kampar, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Pekanbaru. Perjalanan tersebut dilakukan melalui perjalanan darat sejauh 38 km atau sekitar 1, 5 jam perjalanan. Anda akan sampai di ibu kota Kecamatan Kampar Timur yakni Kampar. Lalu selanjutnya, dari pusat ibu kota tersebut, Anda harus menempuh perjalanan lagi sejauh 4km menuju ke lokasi bendungan. Untuk akomodasi selama perjalanan bisa Anda cari dan temukan di pusat ibu kota kecamatan yang tak jauh dari lokasi wisata yang Anda tuju. Karena lokasinya yang tak jauh dari Kota Pekanbaru, Anda juga bisa menggunakan jasa angkutan taksi online yang menjangkau lokasi tersebut. Terutama jika Anda tak memiliki kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi. Buat Anda yang suka berpetualang, perjalanan juga bisa dilakukan menggunakan kendaraan roda dua. Jalanan cukup bagus dan aman.

Bila Anda ingin perjalanan wisata lebih efisien, maka jangan hanya menuju ke satu titik lokasi wisata saja. Karena saat ini Kabupaten Kamper cukup serius menggarap berbagai destinasi wisata yang menarik. Anda bisa merencanakan perjalanan ke beberapa tempat wisata sekaligus yang berdekatan. Termasuk juga mengunjungi ibu kota Kabupaten Kampar yang juga memiliki tempat menarik untuk dikunjungi.

Jarak antara Kabupaten Kampar dan Pekanbaru cukup terjangkau untuk pulang hari. Jika Anda berasal dari luar Riau dan ingin menginap di Pekanbaru, perjalanan wisata ke beberapa tempat yang ada di Kampar tetap bisa Anda lakukan dengan tetap menginap di penginapan yang ada di Kota Pekanbaru.


RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Kampar, Wisata Bangkinang