Wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim Riau

Wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim Riau

RiauMagz.com - Objek wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim (Tahura SSH) merupakan kawasan wisata yang meliputi tiga daerah yakni Siak, Kampar dan Pekanbaru. Wilayah Kampar meliputi luas 3.041,81 Ha, Pekanbaru seluas 806,86 Ha dan Siak seluas 2.323,33 Ha. Lokasi Tahura ini berada di Minas, yakni sekitar 25 km dari pusat Kota Pekanbaru. Hutan wisata ini memiliki potensi wisata yang cukup banyak dan menjadi salah satu destinasi wisata alam untuk kawasan Siak, Pekanbaru dan Kampar. Kawasan wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim ini banyak dikunjungi wisatawan untuk berbagai aktivitas, seperti perkemahan, off-road, lintas alam,motor trail, penelitian dan berbagai kegiatan wisata alam lainnya.

Keunggulan Tahura SSH sebagai hutan wisata diantaranya adalah:
  1. Memiliki keragaman flora dan fauna yang cukup tinggi sehingga menjadi salah satu cagar alam yang penting untuk Riau. Tercatat sebanyak 127 jenis flora yang ada di hutan ini, diantaranya adalah Sapotaceae, Myrtaceae, Anacardiaceae, Guttiferae, Dipterocarpaceae, Lauraceae dan Euphorpeaceae. Sementara untuk fauna, Tahura memiliki 42 jenis burung, 16 jenis mamalia dan 4 jenis reptilian.
  2. Bentang alam Tahura SSH cukup potensial untuk dikembangkan lagi menjadi destinasi wisata lain seperti taman safari, dunia fantasi dan sejenisnya.
  3. Tahura SSH menjadi salah satu paru-paru bumi di kawasan Siak, Pekanbaru dan Kampar. Terutama Pekanbaru sebagai kota yang padat dengan bangunan dan gedung-gedung. Jika ingin menikmati hutan yang masih cukup alami bisa berkunjung ke Tahura SSH tersebut.

Wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim Riau

Lokasi Tahura SSH ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang memudahkan para pengunjung, diantaranya adalah kantor dan guest house yang bisa dijadikan sebagai tempat penginapan, berbagai fasilitas ibadah seperti mushola, pendopo, gazebo dan juga jogging track. Untuk Anda yang datang bersama keluarga dan membawa anak-anak, juga tersedia Taman Bermain Anak, fasilitas outbond, motor trail track dan sebagainya. Untuk yang ingin berkemah juga bisa menggunakan bumi perkemahan Tahura SSH untuk kegiatan camping dan sebagainya. Selain itu, di lokasi Tahura ini juga tersedia jalur sepeda gunung serta off road track bagi Anda yang menyukai kegiatan adventure.

Sebagai kawasan hutan wisata yang dilindungi, Tahura SSH juga tidak terlepas dari berbagai masalah seperti umumnya masalah hutan lainnya. Banyak pihak yang secara pribadi ingin mencari keuntungan dari kekayaan hutan yang ada. Pengelola Tahura SSH telah melakukan upaya patroli untuk mengurangi resiko penjarahan kekayaan hutan yang ada. Selain itu juga disosialisasikan tentang ancaman hukuman kepada masyarakat sekitar bagi pihak-pihak yang terbukti dalam penjarahan kekayaan hutan wisata tersebut.
Dengan potensi wisata yang ada di Tahura SSH tersebut, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata alam bersama keluarga di akhir pekan. Mengajak anak-anak menikmati udara segar di kawasan hutan juga bisa Anda lakukan sesekali untuk mengenalkan anak-anak pada lingkungan yang ada di sekitarnya.

Wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim Riau

Cara Menuju ke Lokasai Tahura SSH, Siak
Lokasi Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim ini lebih dekat ditempuh dari pusat Kota Pekanbaru. Hanya sekitar 25 km saja menuju ke arah Minas, Siak. Bila menggunakan kendaraan pribadi sekitar 30 menit. Bila tak memiliki kendaraan pribadi, bisa juga menggunakan ojek atau taksi online dari Pekanbaru. Jalur menuju ke lokasi hutan wisata ini cukup lancar sehingga Anda tak perlu takut macet.

Di kawasan Rumbai cukup lancar, terutama jika Anda pergi di jam-jam kerja dimana orang masih sibuk di kantor. Masuk ke kawasan Tahura SSH tersebut masih gratis, Anda bisa menikmati aneka wahana di dalamnya dengan membayar sejumlah tiket sesuai dengan wahana yang dipilih. Bila ditempuh dari pusat Kota Siak, membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam perjalanan darat. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau travel jurusan Siak-Pekanbaru.

Bila ingin lebih istimewa, Anda bisa membawa stok makanan sendiri untuk dimakan bersama di tengah hutan wisata bersama rombongan atau keluarga. Rasa dan sensasi kenikmatannya akan berbeda, jauh lebih asyik dan enak.


Video Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim


Video Pusat Pelatihan Gajah Minas

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Alam Riau | Wisata Gajah Riau ]