Jelajah Wisata Alam Solo dan Sekitarnya, Keindahan Yang Menenangkan



RiauMagz.com - Solo adalah salah satu kota yang memiliki pesona luar biasa di Pulau Jawa. Selain memiliki tempat-tempat wisata bernuansa sejarah, kota terbesar kedua di Jawa Tengah ini juga mempunyai tempat-tempat wisata alam yang menarik.

Tempat wisata alam di Solo ini tidak hanya berada tepat di pusat kota saja. Namun juga tersebar di beberapa daerah di sekitarnya, seperti kawasan Boyolali, Klaten, Wonogiri dan Karanganyar yang lokasinya memang tidak jauh dari kota Solo.

Kalau kamu sedang berada di Solo dan ingin menjelajah tempat wisata alam nan menenangkan di sana, berikut adalah lima tempat yang tidak boleh terlewatkan.

Bukit Hope

 sumber:karanganyarkab.go.id
Bukit cantik ini berada di Dusun Tawang, Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar. Jaraknya hanya sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Solo dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi hanya dalam waktu kurang dari satu jam lamanya.

Pemandangan utama di Bukit Hope adalah hamparan perbukitan dan pepohonan nan menghijau. Pada waktu tertentu, tempat wisata di Solo ini dikelilingi kabut yang membuat udara terasa menggigil namun menyegarkan.

Lembah Semilir

 sumber:karanganyarkab.go.id
Masih berada di kawasan Karanganyar, Lembah Semilir yang berada di Desa Milir, Kemuning ini juga jadi tempat wisata di Solo yang tak boleh dilewatkan. Seperti namanya, Lembah Semilir memiliki udara yang semilirnya menyejukkan.

Selain udara sejuk, Lembah Semilir juga dipercantik dengan adanya rumah hobbit dan beberapa tempat swafoto yang menarik. Seperti rumah pohon, rumah akar dan banyak tempat cantik lainnya yang menarik untuk difoto.

Air Terjun Jumog

 sumber:karanganyarkab.go.id
Ada banyak air terjun di kawasan Solo dan sekitarnya. Tetapi yang belakangan jadi favorit wisatawan adalah Air Terjun Jumog yang berada di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar.
Bukan hanya air terjunnya yang membuat tempat wisata di Solo ini jadi jujugan wisatawan. Namun juga udara sejuk dan lengkungan pelangi nan indah yang bisa kamu temui di sini ketika cuaca sedang cerah dan matahari tidak tertutup awan.

Pemandangan yang indah di kawasan air terjun ini makin terasa menenangkan dengan hembusan angin semilir dan kicauan suara burung yang terbang liar di alam. Dengan fasilitas yang lengkap dan pengelolaan akses yang baik, traveloka.com menyarankan penggunanya untuk datang ke air terjun Jumog.

Air Terjun Sewawar

 sumber:skyscrapercity.com
Tempat wisata di Solo yang tak kalah populer dari Air Terjun Jumog adalah Air Terjun Sewawar yang terletak di Desa Trungguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Lokasinya sekitar 45 kilometer dari pusat kota Solo, dengan pemandangan nan indah selama perjalanan menuju ke sana.
Meski tempatnya cukup jauh, tetapi keindahan air terjun ini membayar semua lelah yang terasa. Perlu persiapan fisik ekstra untuk menuju ke lokasi air terjunnya, dengan beberapa tanjakan yang cukup menguras tenaga, tetapi pemandangannya amat luar biasa.

Agrowisata Lembah Hijau Multifarm

 sumber:lenteraberbagi.blogspot.com
Tak ingin terlalu lelah namun mendapatkan pemandangan dan pengalaman seru selama liburan di Solo, Agrowisata Lembah Hijau Multifarm adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tempat wisata ini berada di Karanganyar, dengan pemandangan utama sawah menghijau nan asri. Di sini, anak-anak bisa belajar bertani dan menanam padi di sawah. Mereka juga bisa berinteraksi dengan hewan ternak.

Jadi sudah tahu kan mau kemana aja  bila ingin menikmati suasana alam di sekitar Solo? Ada perbukitan dengan udara sejuk dan pemandangan indah. Ingin sedikit menggerakkan tubuh dan suasana sejuk ada kawasan air terjun. BIla ingin suasana berbeda, boleh mencoba kehidupan ala petani dan peternak pedesaan juga. Kira-kira kamu mau mencoba yang mana?



ISI IFRAME YOUTUBE

[RiauMagz | Wisata Riau]