7 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia dari Provinsi Riau 2018

Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

RiauMagz.com - Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan ajang penghargaan terhadap destinasi tempat wisata di seluruh Indonesia yang dilangsungkan setiap tahun oleh Kementrian Pariwisata bekerjasama dengan situs pariwisata. Penghargaan ini bertujuan untuk mempromisikan berbagai destinasi wisata setiap daerah yang ada di Indonesia sehingga lebih dikenal oleh publik. Dengan diselenggarakannya ajang API tersebut, diharapkan mampu melahirkan 3 hal:
  1. Peningkatan pelayanan pariwisata berstandar internasional, sehingga tempat-tempat wisata yang ada di daerah mampu mendatangkan para wisatawan asing sehingga akhirnya dikenal ke seluruh penjuru dunia. Standar pelayanan inilah yang akan menjadi faktor nyaman tidaknya para pengunjung datang ke suatu tempat.
  2. Timbulnya rasa percaya diri daerah untuk membangun sektor pariwisata yang ada di daerahnya, sehingga mampu memberikan kotribusi pemasukan kas daerah serta peningkatan aspek ekonomi masyarakat.
  3. Adanya pengakuan prestasi dan kualitas pariwisata suatu daerah sehingga memberikan motivasi dan semangat yang lebih tinggi pada daerah terkait untuk meningkatkan aspek pariwisata di daerahnya.

Dalam rangka mempromosikan pariwisata Provinsi Riau agar lebih dikenal masyarakat secara luas. khususnya wisatawan domestik maupun mancanegara, sarana digital menjadi sasaran promosi yang balk dibandingkan promosi secara konvensional. Promosi digital memperkenalkan kepariwisataan Provinsi Riau sebagai digital tourism. yang akan menghubungkan seluruh stakeholder pariwisata, mengintegrasikan seluruh kegiatan pariwisata serta memberikan kemudahan bagi seluruh wisatawan menjelajahi pesona wisata Provinsi Riau melalui aplikasi yang mudah digunakan, kapan pun dan dimana pun.

Pada API yang digelar tahun 2017, Riau berhasil meraih predikat juara umum mengungguli seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Prestasi ini selanjutnya diteruskan hingga tahun 2018. Di tahun 2018, Riau berhasil masuk dalam 7 nominasi dari 18 nominasi yang dilombakan.

Provinsi Riau dengan berbagai keindahan alam dan keanekaragaman budaya serta kuliner khas daerah saat ini mendapatkan 7 (tujuh) nominasi dan 18 nominasi yang diperlombakan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018 (API 2018).

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan penghargaan tahunan di Bidang Pariwisata yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia untuk mendorong peran serta berbagai pihak dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

7 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia dari Provinsi Riau

7 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia dari Provinsi Riau

Riau akan bersaing dengan daerah-daerah lain misalnya 7 (tujuh) Nominasi Anugerah Pesona Indonesia dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), 7 (tujuh) Nominasi Anugerah Pesona Indonesia dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Nominasi Anugerah Pesona Indonesia dari Provinsi Sumatera Barat, dan provinsi lainnya.

Adapun 7 (tujuh) nominasi Provinsi Riau tersebut adalah sebagai berikut :

Minuman Tradisional Terpopuler :
Air Mata Pengantin

Kab. Indragiri Hulu
Kode : API 2B

Minuman air mata pengantin asalh Indragiri Hulu masuk nominasi kategori minuman tradisional terpopuler di ajang API 2018. Seperti diketahui, minuman ini memang sangat khas dan terbilang unik. Paduan biji selasih dan aneka warna sirup dan serutan es membuat nilai filosofi air mata di hari persandingan terlekat kuat pada minuman ini. Minuman tradisional yang juga mencerminkan tradisi dan budaya melayu. Selain unik, minuman yang segar ini memang cocok sekali dengan kondisi geografis Riau yang panas sehingga memiliki nilai kelekatan sebagai kuliner wisata yang khas di Riau.

Minuman Melayu Riau Air Mata Pengantin

Minuman Air Mata Pengantin Khas Melayu Riau

Cendera Mata Terpopuler :
Tanjak Provinsi Riau

Kode : API 7G

Tanjak asal Riau di tahun 2018 ini masuk dalam nominasi penghargaan API kategori cindera mata terpopuler. Seperti diketahui, tanjak di Riau memang bukan lagi sebatas pakaian adat yang digunakan oleh kalangan tertentu. Saat ini tanjak bisa dimiliki oleh siapa saja, atau dipesan di penjahit khusus. Tanjak juga menjadi cinderamata berkelas yang biasa diberikan kepada para tamu, tokoh dan sebagainya yang datang ke Riau. Tanjak pula menjadi penutup kepala yang dibanggakan oleh orang Riau. Tahun ini menjadi salah satu nominasi cinderamata terpopuler di ajang anugerah tingkat nasional tersebut.

Tanjak Melayu Riau

Tanjak Melayu Riau

Atraksi Budaya Terpopuler
Perahu Baganduang Kab. Kuantan Sengingi

Kode : API 8D

Keunikan pertunjukan Perahu Baganduang yang ada di Kuantan Singingi ternyata telah mengantarkan pertunjukan ini masuk dalam nominasi kategori atraksi budaya paling populer di tahun 2018 untuk seluruh pertunjukan budaya yang ada di Indonesia. Perahu baganduang merupakan pertunjukan perahu hias di area kuantan atau sungai dengan diselingi aneka acara adat daerah Kuansing. Filosofi pertunjukan ini yang identik dengan kehidupan muda mudi tersebut menjadi salah satu atraksi unik di Indonesia sehingga masuk dalam kategori terpopuler.

Atraksi Budaya Riau Kuansing Perahu Baganduang

Festival Perahu Baganduang Kuantan Sengingi Riau

Wisata Halal Terpopuler
Gema Muharram Kab. Indragiri Hilir

Kode : API 11C

Untuk kategori wisata halal, Riau juga masuk dalam nominasi melalui wisata Gema Muharram yang diseleggarakan di Kabupaten Indragiri Hilir. Pada tahun 2017 yang lalu, Gema Muharram Inhil berhasil meraih rekor muri dengan pembacaan shalawat nariyah terbanyak serta memecahkan rekor muri dunia dengan penyajian tabak bunga telur terbanyak yang terhidang di lapangan yakni sebanyak 1500 buah. Dengan prestasi ini tak heran jika Gema Muharram Inhil masuk dalam nominasi anugerah API 2018 kategori wisata halal.

Wisata Halal Riau Gema Muharram Tembilahan Inhil

Gema Muharram Tembilahan Inhil 1439H

Festival Pariwisata Terpopuler
Festival Cian Cui Kab. Kepulauan Meranti

Kode : API 12F

Festival perang air atau Cian Cui yang digelar di Selatpanjang, Kepulauan Meranti setiap tahunnya juga masuk dalam nominasi API tahun 2018 untuk kategori festival pariwisata paling populer. Pertunjukan ini merupakan tradisi masyarakat Cina yang ada di Selatpanjang pada setiap kali penyambutan tahun baru imlek. Masyarakat akan berkumpul di tepi jalan membawa air dengan berbagai perlengkapan seperti gayung, ember, pistol air dan sebagainya yang akan digunakan sebagai senjata. Tak hanya masyarakat Cina, pertunjukan ini juga turut diikuti sebagian masyarakat tempatan.

Festival Pariwisata Terpopuler Cian Cui Meranti Riau

Perang Air Cian Cui Selat Peanjang Meranti

Tujuan Wisata Baru Terpopuler
Teluk Jering Kab. Kampar

Kode : API 17I

Tahun 2018 ini, destinasi wisata Teluk Jering asal Kabupaten Kampar masuk dalam nominasi kategori tujuan wisata baru terpopuler. Objek wisata di pinggiran sungai kampar ini menyajikan pemandangan yang menarik, aneka wahana dan atraksi permainan. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Kabupaten Kampar. Di hari libur tercatat ribuan pengunjung yang datang ke lokasi wisata air tersebut. Dukung Teluk Jering untuk meraih kemenangan pada ajang API tahun 2018.

Tujuan Wisata Baru Terpopuler Teluk Jering Kampar

Pantai Teluk Jering Kampar Riau

Surga Tersembunyi Terpopuler
Air Terjun Batang Kapas Kab. Kampar

Kode : API 18A

Kampar menyuguhkan 2 daerah yang masuk dalam nominasi API tahun 2018. Objek wisata air terjun batang kapas kali ini masuk dalam kategori surga tersembunyi paling populer. Seperti diketahui, Kampar menyimpan banyak tempat wisata alam termasuk air terjun yang memiliki potensi sebagai air terjun tertinggi di kawasan Sumatera hingga Indonesia. Kondisi alam yang masih asri juga membuat wisata ini layak bersaing di nominasi sebagai objek wisata indah yang belum begitu dikenal orang. Ketinggian air terjun batang kapas membuat destinasi wisata ini layak menang dalam kategorinya.

Api 2018 Wisata Surga Tersembunyi  Terpopuler Indonesia Air Terjun Batanng Kapas

Air Terjun Batang Kapas Instagram RiauMagz Arika Harmon


Dengan masuknya 7 (tujuh) Nominasi Anugerah Pesona Indonesia dari Provinsi Riau itu diharapkan partisipasi seluruh masyarakat Riau dalam memberikan suara (vote) 01 Juni s/d 31 Oktober 2018 agar Provinsi Riau dapat mempertahankan gelar juara umum dalam Malam Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Begini Cara Dukung Objek Wisata Riau di Ajang API 2018
Sebagai masyarakat Riau kita perlu mendukung pembangunan wisata lokal yang ada di daerah Riau masuk dan menang dalam ajang anugerah pariwisata nasional. Agar pengembangan wisata di Riau bisa lebih baik lagi dan pastinya bikin bangga orang Riau. Tidak perlu lagi jauh-jauh ke provinsi tetangga untuk liburan, kalau saja potensi wisata di Riau bisa dikelola dengan baik. Yuk dukung setiap objek wisata di atas untuk masuk dan meraih kemenangan. Caranya dengan melakukan vote terhadap setiap objek wisata di atas.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Ketik keyword sesuai pilihan
2. Kirimkan ke nomor 99386 semua operator.

Contoh :
Untuk memilih tempat Surga Tersembunyi Terpopuler
Air Terjun Batang Kapas Kab. Kampar
SMS Ketik API 18A
SMS dikirim ke 99386

Berlaku tarif premium Rp.2.000.- per sms ditambah pajak Rp.200,-

SMS anda sangat berarti bagi Riau.

Cukup mudah bukan caranya? Ayo dukung sebanyak-banyaknya untuk kemenangan wisata di Riau. Tarif per sms sebesar Rp. 2000,-. Dukung terus dan ajak teman-teman di seluruh Riau untuk memvote destinasi wisata kesayangannya. Vote ini berlaku sejak tanggal 1 Juni hingga 31 Oktober tahun 2018. Ayo kita bantu promosi wisata Riau.

Foto :
http://anugerahpesonaindonesia.com
http://lensawisata.com/
Riaupos.co
Indragiri Channel
@ArikaHarmon
@pariwisata.riau
@telajakshop
@RiauMagz
@tripriau
@APIaward
@pariwisata.inhil
@novitrianasari

Video Pembuatan Tanjak Melayu Riau

Video Surga Tersembunyi Air Terjun Batang Kapas Kampar Kiri Hulu - Riau



Gema Muharram 1439 H


[RiauMagz | Wisata Riau]