43 Lokasi Menyelam di Wakatobi Indonesia - Dive Sites

Lokasi Menyelam Wakatobi Dive Sites

Wakatobi National Marine Park, Underwater Paradise in The Heart of Asia-Pacific Coral Triangle

RiauMagz.com - Wakatobi dianugerahi dengan 43 lokasi menyelam yang berjarak dekat dengan lokasi penginapan di Wakatobi. Lokasi menyelam di Wakatobi sebenarnya saling terhubung sehingga agak rancu menyebut "Lokasi Menyelam Wakatobi" sebagai tempat yang terpisah-pisah. Jadi lebih tepat menyebutnya lokasi awal untuk menyelam (starting point) yang terus berlanjut sesuai kemampuan untuk menyelam. Daftar lokasi menyelam di bawah ini merupakan pengelompokan keunikan topografi bawah air atau kehidupannya, dengan memberikan penjelasan tentang keadaan lokasi, tingkat kemampuan menyelam yang dibutuhkan dan beberapa penjelasan lain yang dibutuhkan. Urutan daftar bisa dilihat di peta lokasi menyelam di Wakatobi yang terlampir.

Anda dapat menyelam sepanjang hari selama 365 hari dalam setahun!

Lokasi Menyelam Wakatobi Dive Sites karang

Lokasi Menyelam di Indonesia - Wakatobi Dive Sites

#1 The House Reef
Sebenarnya ada enam lokasi berbeda, yang dapat diakses langsung dari pantai di depan resor, termasuk bentangan rumput laut dan karang yang sehat di arah kanan atas pantai. Hanya 80 meter dari garis pantai ke titik menyelam (drop-off). Dengan rombongan ikan-ikan (schooling fishes) yang terlindungi dengan baik, para perenang snorkel akan menemukan banyak atraksi ikan di sini tanpa perlu naik perahu. Daya tarik mencakup berbagai macam ikan, invertebrata, karang lunak yang indah, gorgonians, tunicata, cambuk, spons, overhang — semuanya berwarna pelangi yang spektakuler. Sering ada arus yang kuat dan berubah.

Untuk menyelam atau snorkling di lokasi ini dibutuhkan ketrampilan Tingkat Ketrampilan : Snorkling ataupun Ketrampilan Menyelam Bawah Laut dengan kedalaman 0-40 meter.

Kondisi lokasi penyemalan : Curam Lereng / Batu Dinding / Overhang Sedang untuk Lanjutan, agar memperhatikan pada arus air.

Lokasi ini sangat tepat dijuluki sebagai salah satu rumah karang terbaik di dunia, Wakatobi House Reef memang tempat khusus untuk menyelam. Adalah hal yang biasa melihat para wisatawan melakukan lompatan dari atas kapal sehingga mereka dapat menyelam di terumbu karang sepanjang hari.

Terumbu karang di lokasi ini terdiri dari dinding berwarna-warni dengan kemiringan sedang yang dapat dimulai di air kurang dari dua meter saat air surut dan sedalam empat meter saat air pasang. Dalam jarak pendek antara titik drop off dan resor terletak ekosistem rumput laut yang luas dan kepala karang yang terisolasi, lingkungan yang warna dengan makhluk laut nan indah seperti frogfish, stonefish, blue ring octopus, belut moray, ikan sting biru, ghost pipefish, jawfish, udang dan goby berpasangan. Lokasi ini juga menyediakan tempat yang aman untuk berbagai ikan karang remaja. Mantel biru terang maupun kerang raksasa remaja tampak di antara beberapa formasi karang dan bebatuan, hal ini terjadi kemungkinan besar karena terumbu karang yang dangkal dan sinar matahari yang kuat di habitat ini.

Di balik terumbu karang, Anda akan menyelam melewati tepi jurang di mana bagian depan dinding tebing ditutupi dengan karang keras dan lunak, kipas laut, spons, tunicata dan beberapa spot menjadi tempat istirahat favorit bagi kura-kura besar. Terumbu karang ini termasuk menjadi tempat hidup rombongan ikan yang cukup besar yang dapat secara teratur ditemukan di depan jetty bar di ujung dermaga, yang menjorok dari pulau ke tepi jurang.

Pada malam hari, sambil menikmati minuman di bar jetty setelah penyelaman terumbu di malam hari (hal yang sama nikamtnya dengan pengalaman menyelam di siang hari), Anda bisa mendengar suara perburuan antar ikan dan percikan air laut. Arus pada area karang tersebut dapat berkisar dari arus ringan hingga arus yang cukup liar. Lokasi ini selalu ada perahu kecil yang tersedia untuk membawa penyelam. Kawasan karang ini dapat Anda selami sepanjang hari. Dengan memvariasikan kedalaman dan titik selam Anda, setiap lokasi menyelam akan ditemukan hal-hal yang unik.

#2 Conchita
Tiga lokasi yang agak datar yang mengarah keluar dari terumbu karang bagian tepi, penuh dengan karang dan dengan cekungan berpasir. Kura-kura dan sekumpulan ikan di area terbuka serta berbagai jenis hiu karang menjelajah dasar laut yang dalam.

Lokasi ini mebutuhkan ketrampilan Snorkling dan ketrampilan menyelam laut dalam 0-50 meter.

#3 The Zoo
Lokasi menyelam lainnya yang dekat dengan resor adalah The Zoo Point yang merupakan kawasan terumbu karang di bagian belakang resor. Dinamakan The Zoo karena banyak kehidupan laut yang ditemukan di sini, dan dianggap sebagai salah satu lokasi penyelaman yang luas di Wakatobi. Kehidupan laut diantaranya frogfish, ghost pipefish, udang mantis, ikan daun, lobster jongkok berbulu yang funky, spesies kuda laut pygmy yang berbeda dan banyak lagi. Salah satu makhluk hidup yang unik ditemukan di lokasi ini seperti anemon jamur, pipefish jamur, pipefish putih kecil dengan kepala segitiga, dan lainnya.

Terumbu karang ini berubah menjadi tempat yang khusus di malam hari. Saat senja ikan mandarin kawin muncul dari puing-puing karang dan kemudian di malam hari berbagai hewan nokturnal baru akan berburu seperti ikan cumi-cumi, cacing pipih berwarna-warni dan banyak spesies lionfish menjelajahi karang untuk berburu. Cumi-cumi dan gurita ditemukan dalam jumlah yang lebih besar di sini daripada lokasi menyelam lainnya, dan bagaikan sejuta mata bersinar yang berasal dari berbagai udang dan kepiting mengintip Anda dari setiap celah di kisi-kisi kehidupan karang ini.

Ketrampilan di lokasi ini adalah Tingkat Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut Dalam 0-30 meter.

#4 Barracuda
Terumbu karang yang memanjang menawarkan penyelaman yang santai dengan makhluk-makhluk menarik di daerah berpasir di antara karang-karang. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-30 meter.

#5 Liabale
Terdapat sebuah jurang dengan berbagai gua dan karang overhang yang dalam denan ikan-ikan yang lebih besar menawarkan penyelaman yang lebih menyenangkan. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-70 meter.

#6 Malabea
Bagian terumbu yang panjang dan tumbuh sehat ini dipenuhi dengan gorgonians dan sponge yang besar. Topografi yang berubah menawarkan dinding karang yang curam, karang overhang yang besar dengan berbagai bentuk ngarai dan lereng. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-40 meter.

#7 Teluk Maya
Di sisi utara Pulau Lintea yang berada di seberang resor, terdapat salah satu lokasi menyelam yang sangat beragam. Formasi karang dangkal yang miring sampai kedalam 12 meter, berdekatan dengan teluk berpasir di lereng yang landai. Pada kedalaman 24 meter taman karang mengarah ke karang overhang lebih dalam menjorok ke bawah. Ada banyak hal menarik untuk dilihat seperti rombongan ikan membawa isopoda, perkawinan ikan cuttle dan tempat bertelurnya, ghostfipefishes dan frogfish, serta pygmy pipehorse.

Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-60 meter.

#8 Trailblazer
Dikenal sebagai rumah karang bagi frogfish yang besar, punggungan karang yang menonjol penuh dengan karang yang sehat dan sangat baik untuk fotografi. Anda dapat menyelam menyusuri terumbu karang bagian tepi dan fokus pencarian hewan laut seperti kuda laut, nudibranch, cacing pipih dan udang. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 6-50 meter.

#9 Tanjung Lintea
Karang laut yang sangat padat mengisi lereng pada awal-awal penyelaman. Di teluk yang lebih dalam, akan dipenuhi dengan belut, terkadang terdapat ikan pari yang sedang beristirahat. Kemudian anda dapat menyusuri bagian dinding yang lebih kecil dan menemukan rombongan ikan berputar di atas taman karang yang berwarna-warni. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-40 meter.

#10 Pockets
Pada bagian dinding kawasan lokasi karang yang cukup dangkal ini dipenuhi dengan ceruk-teluk karang berisi kehidupan laut yang sangat beragam dan banyak ikan pari berbintik biru di bagian tepian karang. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-20 meter.

#11 Fan 38 - East
Topografi karang tidak beraturan terdiri dari lereng, dinding, overhang, ngarai dan gua-gua kecil. Mustahil anda menjadi bosan di lokasi menyelam ini! Karang-karang indah berwarna-warni dan berbagai hewan laut yang lebih besar. Rombongan ikan yang menggoda banyak fotografer. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 3-60 meter.

#12 Fan 38 - West
Bagian serupa kedua dari bagian terumbu panjang Fan 38 adalah Fan 38 West dengan topografi yang spektakuler dengan pertumbuhan karang sejauh yang bisa dilihat! Banyak area untuk penyelam jarak jauh dan penyelam rebreather. Penyelam dapat menyusuri karang besar, karang hitam, karang lunak humongous, menyelam melalui terowongan berbentuk pisang dan bersenang-senang dalam kehidupan laut di sepanjang karang overhang - ini menjadi lokasi menyelam yang terbaik . Favorit sepanjang waktu. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 3-60 meter.

#13 Spiral Corner
Karang-karang spiral (Spiral Corner) yang menonjol di tak jauh dari sudut karang Lintea. Mulailah menyelam di sepanjang lereng yang curam dengan penampakan nudibranch, zanzibar shrimps dan pygmy sea horses, kemudian menyusuri ke arah bagian yang dangkal, di mana sinar cahaya bagaikan menari-nari di taman karang yang subur. Penyelaman berakhir di bawah perahu di sekitar blok karang besar di teluk berpasir yang penuh dengan hewan laut seperti ikan batu, kerang cangkang, ikan buaya, ikan komet, wrasse rockmover dan banyak lagi. Ini juga satu-satunya tempat yang kita tahu terdapat dimana rombongan ikan puffer dapat dilihat.

Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 2-40 meter.

#14 Magnifica
Ini adalah lokasi menyelam yang bisa dilakukan setiap hari. Keindahan yang menakjubkan dari puncak terumbu karang bagian atas hingga kedalaman yang ekstrem sekitar 80 meter. Bahkan aktivitas snorkelling sangat menggembirakan di bagian paling atas. Tetapi untuk melihat yang lebih indah Anda harus menyelam lebih dalam. Rombongan ikan snappers, skip jacks dan banyak ikan lainnya. Barakuda besar mengawasi penyelam dan berkeliling-keliling lokasi penyelaman tersebut. Lokasi ini membuat kita terpesona pada keindahan alam bawah laut.

Lokasi menyelam Magnifica harus dipastikan ada di bagian atas daftar favorit menyelam anda sepanjang masa, dan dijamin salah satu lokasi penyelaman karang terbaik. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-80 meter.

#15 Cornucopia
Menyelamanlah di sepanjang lereng curam dengan beberapa punggung penuh dengan karang yang berbeda. Kemudian menyusuri bentang laut yang bertemu Tembok Raksasa Cornucopia. Cornucopia berupa dinding karang dengan beberapa karang overhang yang semakin turun ke bagian bawah dinding menampilkan hal-hal yang menakjubkan dengan karang lunak dan karang hitam padat. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-55 meter.

#16 Batfish Wall
Dinding berwarna-warni di bagian yang dangkal ini dipenuhi dengan ceruk yang menjadi rumah bagi banyak makhluk laut. Anda akan melihat rombongan barakuda, moorish dan ikan kupu-kupu menari kesana kemari. Dinding akan menikung sedikit dan menunjukkan lebih banyak lubang dan ceruk. Terumbu karang dengan karang meja adalah rumah bagi banyak ikan kakap, kerapu dan sepanjang bagian ini banyak nudibranch yang dapat ditemukan. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-40 meter.

#17 Fan Garden
Lokasi menyelam ini menjadi favorit sepanjang waktu. Mulai dari bagian dinding yang menakjubkan dan kemudian lereng yang curam, lalu bagian terumbu yang panjang yang sangat sehat ini menghadirkan keindahan tiada tara. Berbagai macam ikan di perairan dangkal menghibur para perenang snorkel, rombongan besar ikan parrot humphead berputar di kedalaman agak ke tengah. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-60 meter.

#18 Starship
Lokasi menyelam satu ini dinamakan dari nama kapal penelitian yang pernah berkunjung pada saat perjalanan keliling dunia, yaitu Starship. Penyelaman di bagian dalam akan menyusur menuruni jurang karang ditumbuhi bergai jenis kehidupan laut. Di bagian atas karang berseliweran udang zanzibar dan ikan gobi. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-60 meter.

#19 Galaxy
Dari lokasi menyelam Starship akan mengarah ke lokasi menyelam Galaxy. Lokasi menyelam ini menawarkan penyelaman yang lebih santai menyusuri lereng curam yang beragam dan beberapa karang lunak yang lebih banyak. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-60 meter.

#20 Pinki's Wall
Lokasi menyelam di Dinding Karang Pinki dengan ngarai besar yang mengarah ke beberapa karang overhang. Banyak makhluk laut yang hidup bersembunyi di celah-celah karang, spon besar, dan banyak gorgonia tumbuh di tepian karang. Di bagian bawah banyak kolonial tunikata yang panjang tumbuh. Lokasi menyelam yang mewah dengan kehidupan laut ini adalah salah satu lokasi favorit menyelam sepanjang masa. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-60 meter.

#21 Black Forrest
Bagian dinding yang dangkal maupun yang lebih dalam terdapat dinding karang yang miring. Karang Overhang dan ngarai untuk berburu makhluk laut, sementara dinding yang sangat dalam menggoda penyelam dengan karang hitam besar. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-80 meter.

#22 Lorenz's Delight
Mulailah dengan terjun lalu menyelam jauh ke dalam, di mana hutan-karang dari karang kawat kuning yang sangat besar berbentuk spiral setinggi 15 kaki atau lebih tinggi lagi pada dinding karang yang miring dan curam. Menyelam di tengah-tengah spons besar yang menutupi dinding. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-50 meter.

#23 Pastel Reef
Lokasi menyelam yang sarat dengan karang lunak, warnanya beragam hingga warna pastel dengan arus tenang. Pada bagian yang lebih dalam terdapat taman karang kawat kuning menyala membentuk lukisan surealis. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-35 meter.

#24 Inka's Palette
Penyelaman dimulai dari kemiringan karang Palet Inka yang terus turun ke kedalaman dengan beberapa overhang. Ada karang spons tabung yang sangat besar, koral kulit besar, kehidupan ikan yang bagus, dan palet warna-warni karang keras maupun lunak. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-40 meter.

#25 Brian's Choice
Makhluk laut yang sangat menarik di tengah-tengah berbagai spesies tebing karang yang indah. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-45 meter.

#26 Channel
Ini adalah lokasi penyelaman bagi petualang dengan arus kuat tapi dengan jumlah ikan yang banyak. Tantangan bagi penyelam ahli, memberi mereka hal yang menarik berupa rombongan ikan barakuda, hiu yang berpatroli di bagian yang lebih dalam. Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 6-45 meter.

#27 Tanjung Patok
Penyelaman dapat dilakukan meliputi kawasan sisi barat House Reef lalu menyusuri kembali ke resor. Arus mulai dari arus ringan hingga liar. Kawasan yang ditumbuhi terumbu dengan karang lunak penuh warna-warni yang menawan. Lokasi penyelaman ini menjadikannya salah satu lokasi penyelaman tercantik. Jika tidak ada arus, lebih mudah mengambil gambar terhadap hampir 400 spesies ikan dan banyak lagi invertebrata yang mengisi lokasi penyelaman ini dengan keanekaragaman hayati tertinggi di kawasan Wakatobi.

Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-55 meter.

#28 Dunia Baru
Lokasi penyelaman tingkat mudah dan dekat dengan resor serta sempurna untuk penyelaman malam. Hewan laut berupa belut ular, udang mantis, beberapa spesies ikan buaya, ikan Spanyol, pleurobranch, cacing pipih dan udang saron. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 3-25 meter.

#29 Waitii Ridge
Memulai penyelaman di lokasi ini dengan menyusuri sepanjang tebing karang, melewati penyu-penyu dan rombongan ikan penuh kehidupan. Anthias dan damselfish menari dalam jumlah besar di bagian atas karang staghorn, tapi hati-hati pada ular laut yang mencari makan di antara mereka. Udang saron, udang mantis, banded pipefish, ikan daun, stonefish dan spesies lain yang dianggap langka di destinasi menyelam lain akan ditemukan di lokasi menyelam ini secara teratur. Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 4-30 meter.

#30 Table Coral City
Sangat bagus saat air pasang. Karang Meja (Table Coral), karang staghorn dan karang kubis menutupi area ini. Lebih jauh ke bawah akan ditemukan gorgonians dan banyak spesies spons menutupi lereng karang. Rombongan barracudas chevron berputar-putar di atas karang. Seluruh bagian atas yang dangkal ditutupi dengan anthias yang berayun-ayun. Hewan laut yang ada seperti kakap, penyu, belut pita, ikan katak dan gurita. Pada saat air pasang ini lokasi ini bagaikan sebuah akuarium besar yang indah!

Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-30 meter.

#31 Teluk Waitii
Punggung bukit karang ini terletak di teluk yang terlindungi. Lokasi ini sering dilewati oleh ikan tuna, trevallies raksasa dan ikan napoleon yang aneh. Bagian karang ditengah sering dikelilingi oleh rombongan ikan fusilier dan menjadi rumah bagi segudang ikan gigi merah. Di tempat yang dangkal, bentangan anemon yang indah dengan udang-udang berseliweran menyenangkan para fotografer. Lebih jauh lagi kita akan menemukan belut pita, ikan kaca, dan karang yang penuh dengan kehidupan. Banyak Gorgonia besar menghuni lereng luar. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 3-40 meter.

#32 Koilo-Soha Beach
Koilo atau Pantai Kollo Soha memiliki lokasi menyelam berupda dinding karang yang tidak begitu besar turun ke kedalaman 18-20 meter. Terdapat karang-karang lunak berwarna oranye lembut di dalam karang overhang hidup. Tempat yang bagus untuk berburu Critters. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-20 meter.

#33 Roma
Coral Garden atau taman karang yang terkenal ini sama bagusnya dengan tempat menyelam apa pun di dunia. Rombongan besar dari ikan fusilier, ikan kupu-kupu piramid, ikan sersan, kakap merah, dan ikan todak berputar-putar di sekitar Anda dalam tarian tanpa akhir. Sebuah puncak karang yang padat dengan kehidupan di tengah karang yang penuh warna menjadi pengalaman penyelaman yang lengkap.

Roma adalah lokasi penyelaman di Wakatobi dengan puncak batu karang yang besar dan lebar, dikelilingi oleh karang kentang yang indah dan dihiasi dengan anemon dan ikan badut yang naik turun mengikuti arus. Rombongan besar ikan berpatroli di atas karang. Ular laut bandeng secara konsisten dapat ditemukan di sekitar karang ini mencari makanan. Seperti semua lokasi menyelam di Wakatobi, di antara karang yang sehat Anda dapat menemukan kehidupan makro yang subur dengan hewan laut seperti belut pita, ikan daun kalajengking, ikan pipa bersayap, sapi spindle, udang anemon karpet dan luncur rockmover.

Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-25 meter.

#34 Mari Mabuk
Ini adalah lokasi menyelam dengan punggung karang yang panjang menjalar dari 15 kaki sampai ke bawah pada kedalaman 45 meter. Lokasi ini menampilkan penghuni laut yang banyak dengan karang yang dihiasi berbagai karang lunak yang berwarna cerah dan bintang-bintang berbulu yang bermekaran di arus yang terkadang sering deras. Terdapat hewan laut seperti belut pita biru, ikan daun, ikan buaya, ikan kalajengking, nudibranch dan banyak lagi. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-45 meter.

#35 Gunung Waha
Lokasi ini berarus deras dengan bagian atas berada di kedalaman 6 meter di bawah permukaan laut serta, bagian bawah berada pada kedalaman 50 meter. Dengan arus yang lebih kuat dihidupi oleh tuna besar serta beberapa rombongan ikan lainnya. Penyelaman di lokasi ini membutuhkan kebugaran dan ketrampilan menyelam yang baik. Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 6-50 meter.

#36 Ali Reef
Lokasi menyelam dengan punggungan yang dalam ke arah karang meja Eel Valley pada nomor #37 dibawah ini, terdapat formasi tubastrea dan banyak gorgonians. Lebih jauh ke bawah terdapat karang lunak besar dan karang overhang berwarna-warni. Kura-kura dan hiu karang dapat dilihat dilokasi penyelaman ini. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-55 meter.

#37 Eel Valley
Pada lokasi menyelam Eel Valley ini kita turun ke dasar 40 m yang berpasir dengan ribuan belut, lalu kita berputar-putar di sekitarnya. Banyak karang tubastrea ditemukan di sini dan beragam ikan dan makhluk yang membuat para penyelam tetap sibuk mellihat keindahannya. Sebagai puncak karang lainnya di sisi Tomia dengan kondisi tenang perlu disusuri. Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 6-45 meter.

#38 Waha Top
Di lokasi menyelam ini terdapat terumbu karang yang menjorok keluar air laut yang terbuka sejauh 100 meter dan menampilkan karang terjal dan hamparan karang yang dalam, sering kali terdaapat hiu karang ujung putih tidur di lokasi ini. Ke bagian lain lereng ini akan bertemu dengan teluk berpasir, di mana ikan pari mencari tempat untuk beristirahat. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-40 meter.

#39 Kulati
Ini satu-satunya lokasi penyelaman yang beresiko di Tomia dengan arus deras dan hanya bisa diakses ketika laut benar-benar tenang. Terdapat kapal perang Jepang sepanjang 30 m di Teluk kecil yang tenggelam di pelabuhan sekitar 65 tahun lalu. Struktur logam kapal yang patah banyak ditumbuhi karang. Sangat tidak mungkin memasuki bangkai kapal ini, tetapi kita dapat melihat dari sisi luar kapal dan terlihat bahwa ruang mesin penuh dengan ikan kaca. Sebuah rombongan batfish berenang di sekitar bangkai kapal, sementara ikan buaya, katak ikan dan semua jenis udang dan makhluk lain menjadikan kapal sebagai rumah mereka.

Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 5-25 meter.

#40 Blade
Destinasi menyelam di Wakatobi yang satu ini sangat unik dan menjadi lokasi terjauh yang secara teratur diakses oleh perahu dari resor. The Blade adalah serangkaian karang-karang laut kecil di air terbuka, menyerupai pisau pisau bergerigi. Menyelam dari atas dari satu puncak karang ke puncak karang lain adalah pengalaman yang luar biasa, kecuali jika arus deras yang akan membuat sulit penyelaman. Pengalaman bisa sangat luar biasa.

Lokasi penyelaman The Blade memiliki bentuk yang sangat indah, lengkap dengan sponge raksasa, kipas laut dan karang, dan tentu saja crinoid berwarna-warni. Karang cambuk merah tampaknya tumbuh di mana-mana, dan memberikan peluang untuk pengambilan foto yang fantastis.

Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 5-55 meter.

#41 Coral Hill
Lokasi menyelam Coral Hill di Wakatobi merupakan lokasi menyelam dengan bukit karang kecil dengan dinding vertikal dan menjadi bagian yang menarik. Kadang-kadang ubur-ubur hitam besar terlihat di dasar berpasir di samping tebing curam yang menampilkan overhang yang sangat bagus pada kedalaman 40 meter. Pertengahan bukit terdapat karang pelana lebar dengan formasi karang turbinaria besar menjadi tempat kehidupan ikan yang sangat baik hidup di antara gorgonians. Terdapat juga karang meja besar di bagian air yang dangkal.

Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-40 meter.

#42 Pintu Timur
Penyelaman menuju semacam pintu masuk ke arah terumbu terbesar dengan berbagai kombinasi karang. Penyelaman dapat dilakukan siang dan malam hari. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-25 meter.

#43 Mermaid
Lokasi menyelam di Wakotobi yang satu ini sangat mirip dengan Fan 38 yang telah dibahas sebelum ini. Bagian lokasi ini berada di sisi selatan Lintea Reef yang lebih terbuka. Topografi yang menarik dan kehidupan ikan yang baik. Ketrampilan Snorkling dan Ketrampilan Menyelam Laut dalam dibutuhkan di lokasi ini dengan kedalaman 0-55 meter.

Lokasi Menyelam Wakatobi Dive Sites ikan

Source Lokasi Menyelam di Indonesia - Wakatobi Dive Sites :
http://www.wakatobi.com/diving/divesites1.html

Other Wakatobi Dive Sites :
Lokasi Menyelam di Indonesia - Wakatobi Dive Sites

Video Menyelam di Wakatobi

[ RiauMagz | Wisata Indonesia, Wisata Sulawesi, Wisata Wakatobi, Lokasi Menyelam di Wakatobi ]