10 Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia dengan Jaringan 4G LTE Net1

10 Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia

RiauMagz.com - Pulang Kampung lebaran atau pun tidak, banyak masyarakat akan mengisi liburan ke tempat-tempat wisata, baik di sekitaran domisilinya ataupun yang agak jauh sedikit. Pariwisata Indonesia lagi mendemam dengan bermunculan tempat-tempat wisata dalam ukuran kecil maupun besar, baik wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata budaya.

Apa yang didapat dari tempat wisata yang dikunjungi? Banyak orang menyebutkan bahwa berkunjung ke tempat-tempat wisata adalah mendapatkan pengalaman baru tentang suatu lokasi dan sekitarnya. Sebagian mendapatkan kenalan baru, sebagian lagi malah dapat jodoh di tempat wisata tersebut.

Apa yang dilakukan ditempat wisata? Selain menikmati pemandangan dan pengalaman baru, para pengunjung khususnya pengunjung dari kalangan generasi millennials akan ber-swafoto alias selfie-selfiean maupun wefie-wefiean beramai-ramai. Mereka menggunakan smartphone atau pun kamera beneran untuk mengabadikan momen-momen yang indah dan penting di tempat wisata.

What next? Tentunya mereka akan mengupload foto di media sosial yang aktif mereka gunakan dan populer di Indonesia semisal Instagram, Facebook, Twitter, Path, Whatsapp, Tumblr, Blog, Line dan lain-lainnya.

Mereka berkomunikasi melalui fotonya

Ada yang melengkapi fotonya dengan caption atau keterangan sederhana, adapula yang memberi caption atau keterangan lengkap tentang fotonya.

Apa yang mereka butuhkan? Sebuah akses jaringan internet yang terhubung ke smartphone mereka. Jaringan berkecepatan tinggi menjadi kebutuhan jaman millennnials yang tidak dapat dipungkiri lagi. Jaringan yang membuat pengguna dapat berkomunikasi dengan sanak saudara, teman-teman, kolega maupun publik yang melihat atau mengunjungi media sosialnya.

Memastikan koneksi data broadband 4G LTE bagi masyarakat setiap hari saat mudik lebaran, libur panjang, maupun hari biasa.

Net1 Indonesia, merupakan salah satu penyedia layanan mobile data broadband 4G Long-Term Evolution (LTE), memberikan akses jaringan internet berkecepatan tinggi yang memadai untuk masyarakat. Saat sedang mudik lebaran sembari liburan maupun hari biasa. Kini Net1 juga tersedia di 10 destinasi wisata menarik yang ada di Indonesia. Net1 Indonesia berharap masyarakat dapat terbantu ketika membagikan foto-foto dan cerita tentang pengalaman acara liburannya ataupun cerita tempat-tempat wisata yang dikunjunginya melalui media sosial, hal ini menjadi tujuan Net1 dengan penyediaan koneksi data berbasis 4G LTE di lokasi-lokasi wisata khususnya di area pelosok.

Ke 10 (sepuluh) destinasi wisata yang terjangkau jaringan internet Net1 Indonesia tersebut antara lain :
  1. Danau Laut Tawar Takengon,
  2. Pulau Samosir,
  3. Pantai Tanjung Kelayang Belitung,
  4. Tiu Kelep Waterfall Lombok,
  5. Tanjung Bira Bulukumba,
  6. Situ Cileunca Pangalengan,
  7. Gili Trawangan Lombok,
  8. Bukittinggi Sumatera Barat,
  9. Mandalika Nusa Tenggara Barat,
  10. Pulau Karimun Jawa.

Dari daftar 10 destinsi tujuan wisata yang telah dipilih Net1 Indonesia tersebut, beberapa destinasi tersebut juga telah tercantum dalam Program 10 Bali Baru yang mulai diberlakukan pada tahun ini oleh Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

10 Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia

10 Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia

Larry Ridwan, sebagai Chief Executive Officer Net1 Indonesia menyebutkan bahwa “Eksistensi jaringan Net1 Indonesia di 10 destinasi wisata tersebut dengan penyediaan akses internet berbasis 4G LTE yang memadai dapat mempermudah traveler atau pelancong untuk tetap berkomunikasi dengan sanak saudara atau keluarga serta tetap eksis di media sosial. Dengan adanya koneksi 4G LTE di lokasi-lokasi wisata juga menjadi salah satu komitmen kami untuk terus mendukung program-program pemerintah, dalam hal ini untuk menggenjot industri pariwisata di tanah air melalui Wonderful Indonesia".

Larry menambahkan bahwa ketersediaan internet juga akan mendorong perkembangan pariwisata di Indonesia lebih maju dan dikenal luas oleh publik, tidak hanya lokal, tapi nasional bahkan internasional. Keberadaan koneksi data internet yang cepat dan memadai serta mempunyai jangkauan jaringan cukup jauh, diharapkan destinasi-destinasi wisata baru yang selama ini jarang terekspos dapat dipopulerkan oleh para pemudik atau pelancong.

“Pelancong, terutama generasi millennials, tak pelak lagi selalu tidak bisa lepas dari smartphone dan koneksi jaringan data 4G saat mudik ataupun berlibur, mereka biasanya membagikan foto-foto makanan atau lokasi wisata yang menarik melalui media sosial. Tren ini secara tidak langsung menuntut Net1 untuk bisa memperluas jangkauannya di destinasi-destinasi wisata di tanah air,” demikian imbuh Larry.

Gelaran Kegiatan #MauAda4Gdimana
Net1 terus menerus memperluas cakupan area layanan jaringan internet 4G LTE agar semakin banyak lokasi wisata di Indonesia yang dapat terhubung dengan dunia luar. Salah satu cara Net1 tersebut adalah dengan menggelar kegiatan digital #MauAda4Gdimana, yang melibatkan partisipasi masyarakat luas mulai dari 7 Mei hingga 7 Juli 2018. Peserta yang tertarik untuk mengikuti aktivitas #MauAda4Gdimana dapat mengunjungi membuka microsite www.mau4g.net1.co.id untuk memilih #MauAda4Gdimana. Selanjutnya peserta memilih lokasi yang dijagokan sebagai penerima jaringan 4G dari Net1 dengan cara memilih VOTE di pilihan yang telah disediakan.

10 Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia

Mekanisme Kompetisi
Peserta yang tertarik untuk mengikuti aktivitas #MauAda4Gdimana bisa membuka microsite www.mau4g.net1.co.id untuk memilih #MauAda4Gdimana. Selanjutnya peserta memilih lokasi yang dijagokan sebagai penerima jaringan 4G dari Net1 dengan cara memilih lalu klik VOTE di pilihan yang telah disediakan.

Peserta juga perlu melakukan registrasi dengan mengisi formulir data diri dan informasi yang ada secara lengkap terlebih dahulu. Agar sebuah lokasi bisa terpilih untuk mendapatkan akses 4G LTE dari Net1 Indonesia, maka para peserta dapat mengajak netizen melalui akun Facebook mereka untuk melakukan vote dengan menggunakan hashtag #MauAda4Gdimana. Kota-kota yang memperoleh vote terbanyak maka akan diprioritaskan untuk mendapatkan jaringan 4G LTE dari Net1 Indonesia.

Net1 Indonesia akan memilih pemenang dari para voters dan berhak mendapatkan hadiah-hadiah berupa 9 unit perangkat MiFi Net1 Argo, 99 buah pulsa senilai Rp100.000, dan 999 buah pulsa senilai Rp 50.000. Pemenang akan diumumkan pada 14 Juli 2018 melalui www.mau4g.net1.co.id dan semua akun sosial media Net1 Indonesia di akhir periode kompetisi. Dalam menggelar kompetisi #MauAda4Gdimana ini, Net1 Indonesia tidak memungut biaya apapun terhadap para peserta.

The Data
Berkembangnya beragam destinasi wisata di Indonesia telah mendorong pertumbuhan investasi di sektor pariwisata. Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi di sektor pariwisata pada tahun 2017 mengalami pertumbuhan hingga 31 persen atau senilai USD1,7 miliar dan ditargetkan mencapai USD2 miliar pada akhir tahun ini. Sektor pariwisata Indonesia diproyeksikan mampu menyumbang produk domestik bruto sebesar 15 persen, Rp280 triliun untuk devisa negara, 20 juta kunjungan wisatawan manca negara, 275 juta perjalanan wisatawan nusantara dan menyerap 13 juta tenaga kerja pada 2019.

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi investasi tumbuh pesat pada tahun ini selain e-commerce. Pariwisata Indonesia yang merupakan komoditas paling berkelanjutan dan menyentuh hingga ke level paling bawah masyarakat, setiap tahun mengalami peningkatan performa cukup tinggi jika dibanding komoditas-komoditas unggulan lainnya, seperti minyak, gas, batu bara, serta kelapa sawit. Lebih jauh, sektor pariwisata akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang lebih tersebar di seluruh pelosok negeri.

Berdasar data World Economic Forum, peringkat daya saing pariwisata Indonesia di dunia terus mengalami loncatan positif, dari ranking 70 pada 2013 menjadi ranking 50 pada 2015. Pada tahun 2017, indeks daya saing pariwisata Indonesia kembali melesat naik 8 peringkat ke urutan 42 dan ditargetkan bisa mencapai ranking 30 pada tahun 2018.

Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah
Kekayaan sumber daya alam dan aneka budaya di daerah-daerah menjadi faktor pendorong untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca negara. Bahkan Pemerintah Daerah di tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten memiliki semangat yang sama untuk mengembangkan destinasi wisata di daerahnya masing-masing dengan target kunjungan wisatawan manca sebanyak 17 juta dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019.

Keseriusan Net1 untuk mendukung program pariwisata terutama dalam hal penyediaan akses data broadband 4G LTE tercermin dari kerja sama yang telah dilakukan dengan sejumlah Pemerintah Daerah mulai dari tingkat Kota, Kabupaten, hingga Provinsi di Indonesia. Sejauh ini Kabupaten Musi Banyuasin (MuBa), Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kabupaten kepulauan Sangihe, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Kaimana telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk bersama-sama dengan Net1 Indonesia membangun infrastruktur komunikasi berbasis 4G LTE, termasuk di destinasi-destinasi wisata.

Karakteristik frekuensi rendah 450 MHz yang dapat melalukan cakupan lebih jauh dibanding band yang lebih tinggi, memberi keuntungan bagi Net1 dan Pemerintah Daerah dalam hal investasi ketika membangun infrastruktur telekomunikasi berupa Base Transceiver Station (BTS). Satu BTS Net1 Indonesia memiliki jangkauan maksimal hingga 100 kilometer. Keuntungan lain dari teknologi 4G LTE 450 MHz adalah potensinya untuk mendukung peluncuran layanan komunikasi machine-to-machine (M2M) di lingkungan pedesaan, seperti pengawasan video, telemetri, dan pelacakan.

Foto : net1.co.id

Video Wisata Bukittinggi Sumatera Barat dan sekitarnya.

[RiauMagz | Wisata Riau]