Wisata Sejarah ke Makam Raja Kecik, Siak Sri Indrapura

Wisata Sejarah ke Makam Raja Kecik, Siak Sri Indrapura

RiauMagz.com - Sejarah Kerajaan Siak hingga kini bisa kita temukan bukti-buktinya dalam beberapa wujud situs sejarah yang masih terjaga hingga saat ini. Salah satunya adalah makam para pendahulu Kerajaan Siak. Salah satu makam yang paling mahsyur dan banyak dikunjungi wisatawan adalah makam sang pendiri Kerajaan Siak, yakni Sultan Abdul Djalil Rakhmadsyah atau Raja Kecik dan mendapatkan gelar kehormatan setelah mangkat yakni Marhum Buantan. Makam Raja Kecik atau makam Marhum Buantan terletak di daerah Buantan, tepatnya di Desa Langkai, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak Sri Indrapura. Makam ini menjadi salah satu makam sejarah yang paling banyak dikunjungi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin menyaksikan bukti-bukti sejarah Kerajaan Siak di masa dahulu.

Seperti diketahui, kawasan Buantan ini merupakan pusat Kerajaan Siak pertama kalinya. Raja Kecik gigih memperjuangkan kekuasaan ayahandanya di Johor, hingga akhirnya ia wafat pada tahun 1745 dan dimakamkan di daerah Buantan tersebut.

Makam Raja Kecik dibangun dalam bangunan yang kokoh dan megah menyerupai masjid dengan arsitektur yang indah. Dengan kubah hijau yang megah dan cat hijau berwarna hijau lumut membuat objek wisata ini terlihat mencolok dan megah. Letaknya di tepi Sungai Siak (Sungai Jantan) yang tak jauh dari Kolam Hijau (hanya sekitar 800 meter saja) membuat makam ini selalu dikunjungi para penziarah yang datang dari berbagai daerah. Ruangan di dalam makam cukup luas dan bisa menampung puluhan peziarah yang ingin mendoakan atau membaca yasin.

Wisata Sejarah ke Makam Raja Kecik, Siak Sri Indrapura

Makam yang ada di komplek makam Raja Kecik ini terdiri dari tiga pemakaman yakni makam Raja Kecik, makam Panglima Kerajaan dan makam para alim ulama asal Taluk Kuantan. Makam Raja Kecik terdiri dari batu hitam berbentuk persegi dan bertingkat dengan ditutup kain berwarna keemasan. Para peziarah yang datang biasanya duduk di sekeliling makam, ada yang membaca Yasin dan berdoa.
Komplek Makam Raja Kecik di Siak ini dijadikan sebagai objek wisata religi yang ramai dikunjungi orang pada musim-musim tertentu, misalnya saat akan Ramadhan dimana umumnya masyarakat melakukan ziarah kubur. Selain itu para budayawan, sejarawan dan peneliti pun banyak yang datang untuk melihat langsung bukti sejarah Kerajaan Siak. Demikian juga masyarakat tempatan, juga banyak yang datang berkun jung ke pemakaman untuk sekedar melakukan ziarah.

Bila Anda ingin membawa keluarga datang ke pemakaman, tetap bisa dilakukan karena di sekitar area wisata religi ini, Anda juga tetap bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Datang ke komplek Makam Raja Kecik tersebut sebaiknya dibekali dengan pengetahuan sejarah tentang perjuangan sang pendiri kerajaan Siak.

Bangunan komplek makam yang kokoh dan megah cukup nyaman dijadikan tempat berteduh sekaligus berfoto di bagian depannya. Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih tentang sejarah Raja Kecik di Kerajaan Siak pada petugas penjaga makam yang ada. Di hari libur tempat wisata religi ini biasanya lebih ramai dikunjungi para penziarah.

Wisata Sejarah ke Makam Raja Kecik, Siak Sri Indrapura

Cara Menuju ke Lokasi Makam Raja Kecil di Siak
Perjalanan menuju ke destinasi wisata Makam Raja Kecik di Siak bisa Anda sejauh 104 km dari pusat Kota Pekanbaru, atau sekitar 2,5 jam lama perjalanan menggunakan kendaraan darat, baik roda empat maupun roda dua. Jalan yang ditempuh cukup bagus sehingga Anda tak perlu khawatir dengan perjalanan yang terhambat. Bila Anda tak memiliki kendaraan pribadi, travel roda empat rute Pekanbaru-Siak juga tersedia, dengan biaya sekitar 100ribu, Anda sudah bisa sampai ke destinasi tujuan wisata. Jika ingin leluasa berkunjung ke banyak tempat wisata yang bedekatan di Siak, Anda bisa menggunakan rental mobil dari Pekanbaru. Biayanya cukup terjangkau, kisaran 250 hingga 300ribu per hari.

Untuk penginapan dan akomodasi lainnya di Kota Siak cukup tersedia dengan baik. Sehingga Anda tak perlu khawatir untuk tinggal berlama-lama di kota yang bangunannya terkenal megah tersebut. Jalanan di Siak terkenal luas dan bagus dan sering dijadikan sebagai lokasi event wisata dan olahraga tingkat internasional. Selamat liburan ke Siak, jangan lupa menikmati kuliner di tepian Sungai Siak.

Kerajaan Siak Sri Indrapura

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Siak Sri Indrapura | Wisata Sejarah | Wisata Religi ]