Pesona Keindahan Wisata Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak

Wisata Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak

RiauMagz.com - Jembatan Siak atau yang memiliki nama resmi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah merupakan salah satu bangunan penting yang terletak di pusat kota Kabupaten Siak. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Siak dan menghubungkan dua daerah yakni di sisi Utara Kecamatan Siak dan sisi selatan Kecamatan Mempura. Pembangunan jembatan ini dilakukan untuk memperlancarkan transportasi antara Kabupaten Siak dengan Kota Pekanbaru sebagai pusat ibu kota. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini memiliki ketinggian 23 meter, lebar 17 meter dan panjang 1.196 meter. Pembangunan jembatan ini menelan biaya sebesar 277, 65 miliar rupiah. Pembangunan jembatan ini ditangani oleh tim ahli dari ITB yang sudah mulai dirancang sejak tahun 2001.

Wisata Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak

Pembangunan jembatan Siak tersebut memberikan pengaruh yang signifikan pada pembangunan dan perkembangan di Siak. Bila sebelumnya transportasi ke Pekanbaru hanya melalui jalur perairan, kini dengan adanya jembatan ini kendaraan darat bisa melintas dengan rentang waktu yang lebih cepat.

Saat ini Jembatan Siak telah menjadi icon wisata Kabupaten Siak. Berkunjung ke Siak sepertinya wajib untuk singgah ke jembatan untuk sekedar berfoto dan melihat pemandangan Sungai Siak. Bangunan jembatan ini berdiri megah dengan warna cat kuning kombinasi hitam dan hijau. Berdiri di tepian jembatan ini selain bisa berpose selfie atau ngevlog, juga bisa menyaksikan langsung keindahan sungai siak yang terbentang panjang dengan kapal-kapal yang berlalu lalang di bawahnya. Jembatan ini banyak dikunjungi wisatawan yang datang, baik dari dalam siak maupun luar siak. Pada petang hari, ada banyak pasangan remaja yang menghabiskan waktunya di tempat ini. Angin yang berhembus sepoi-sepoi menambah keindahan suasana di sepanjang area jembatan. Jika kita berlayar menggunakan kapal di bawahnya, Anda akan bisa menyaksikan megahnya bangunan Jembatan Siak dengan lalu lalang kendaraan yang melintasinya.

Pada saat hari libur atau lebaran, sepanjang kawasan jembatan ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Umumnya mereka yang ingin santai menyaksikan pemandangan perairan di bawah jembatan dan sekedar berfoto untuk mengabadikan suasana. Namun berkunjung ke tempat ini lebih dianjurkan pada pagi atau petang hari pada saat cuaca belum atau sudah tidak panas lagi.

Anda bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai lokasi mengambil gambar untuk foto-foto sosial media, atau bahkan ada juga yang mengabadikan lokasi jembatan ini sebagai tempat untuk foto pra wedding. Bersama keluarga, Anda bisa berfoto di sepanjang tepian jembatan, lalu dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke pusat kota untuk menjelajah tempat-tempat menarik lainnya seperti komplek istana kerajaan Siak. Selain itu, setelah lelah berfoto di area jembatan, Anda juga bisa berwisata kuliner di pusat kota. Penginapan dan akomodasi lainnya terbilang lengkap di pusat kota dan cukup nyaman untuk dijadikan lokasi menginap. Ada banyak hotel di Kota Siak yang bisa Anda jadikan tempat menginap.

Wisata Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak

Cara Menuju ke Lokasi Jembatan T. Agung Sultanah Latifah Siak
Buat Anda warga luar Siak, mengunjungi jembatan Siak cukup mudah caranya. Anda cukup melakukan perjalanan menuju ke pusat kota Siak di Kabupaten Siak. Bila dari Kota Pekanbaru, Anda membutuhkan waktu kisaran 2 jam perjalanan darat untuk sampai ke pusat kota. Perjalanan bisa dilakukan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat hingga bus besar. Bila Anda tak memiliki kendaraan pribadi, travel roda empat juga tersedia untuk mengantarkan Anda ke pusat kota. Dengan kisaran biaya seratus ribuan, Anda sudah bisa sampai ke pusat Kota Siak untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata termasuk jembatan Siak. Setelah mengharungi jembatan panjang ini, barulah Anda akan sampai ke pusat kota dan menemukan banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Menikmati suasana Jembatan T. Agung Sultanah Latifah Siak tak perlu mengeluarkan biaya. Salah satu objek wisata ekonomis yang bisa Anda kunjungi di Siak adalah jembatan ini karena Anda bisa berkunjung ke tempat ini kapan saja secara gratis.


[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Siak | Jembatan Siak ]