Pantai Pesona Pulau Rupat Bengkalis

Pantai Pesona Pulau Rupat Bengkalis

RiauMagz.com - Meskipun terbilang sedikit berbatasan dengan laut, Propinsi Riau ternyata juga memiliki pesona wisata pantai yang cukup memikat. Salah satunya adalah Pantai Pesona Pulau Rupat Bengkalis yaitu pantai yang terdapat di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. Pantai Pesona Pulau Rupat merupakan nama pantai tersebut. Pantai ini terbentang dari bagian Rupat Utara dan berhadapan langsung dengan perbatasan negara Malaysia. Dahulunya pantai ini memiliki beberapa nama sesuai dengan warga yang memberinya, diantaranya adalah Pantai Tanjung Lapin, Pantai Tanjung Rhu dan Pantai Tanjung Punak.

Pulau Rupat memiliki luas kira-kira 1.524,84 km2. Pulau tersebut sesungguhnya merupakan gabungan dari 4 buah pulau yang seolah-olah menyatu menjadi satu buah pulau. Pulau ini terdiri atas 2 daerah kecamatan yakni Kecamatan Rupat dan Kecamatan Rupat Utara. Kecamatan Rupat berada di bagian selatan Pulau Rupat serta memiliki 10 desa yakni, Desa Makeruh, Desa Batu Panjang, Desa Hutan Panjang, Desa Pangkalan Nyirih, Desa Pergam, Desa Sei Cingam, Desa Sukarjo Mesim, Desa Tanjung Kapal, Desa Terkul, dan Desa Teluk Lecah. Sementara Kecamatan Rupat Utara berada di bagian utara dari Pulau Rupat serta memiliki 5 desa yaitu Desa Kadur, Desa Tanjung Medang, Desa Tanjung Punak, Desa Teluk Rhu, dan Desa Titi Akar.

Secara umum terdapat 2 karakteristik dari pantai-pantai di pulau Rupat. Karakteristik pantai di bagian sebelah timur, barat serta selatan dari Pulau Rupat adalah pantai yang berlumpur dengan ditumbuhi hutan manggrove. Sementara karakteristik pantai sebelah utara dari Pulau Rupat adalah berpasir putih dan biasanya cukup keras untuk dilintasi kendaraan.

Pantai Pesona Pulau Rupat posisinya berhadapan dengan negara tetangga, yakni jika menghadap arah Timur Laut makan akan berhadapan dengan Melaka Malaysia, sedangkan apabila menghadap ke bagian Utara, maka dari Rupat tersebut akan berhadapan dengan Port Dickson Malaysia. Jarak paling dekat antara daratan Pulau Rupat Utara dengan Daratan Malaysia ialah sejauh 38 km yakni di Tanjung Rusa, tepatnya dekat Port Dickson Malaysia.

Untuk dapat sampai ke Pulau Rupat Utara, dapat ditempuh dengan dua jalur, yakni sebagai berikut:
  1. Dari Pelabuhan TPI Bawah Jembatan Dumai bisa ditempuh menggunakan speedboat dengan biaya sebesar 100.000 rupiah, ataupun juga dengan menggunakan Speedboat dari Pelabuhan Camat di Bengkalis dengan biaya sekitar 150.000 rupiah. Speedboat kedua jalur tersebut akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Medang. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan ojek menuju ke utara Pantai Pesona dengan biaya sebesar 10-30 ribu rupiah setelah tawar-menawar.
  2. Dari Kota Bengkalis juga ada kapal pompong yang biasanya akan berlabuh di Kadoor (Kadur) Rupat. Dan perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek menuju ke Pantai Pesona.

Pantai Pesona Pulau Rupat Merupakan daerah pantai yang memiliki jenis kelompok tanah mineral dengan tingkat perkembangan yang muda, baik untuk ciri hidromorfik maupun tanpa ciri hidromorfik. Dari Pantai Utara tersebut kita dapat melihat kapal-kapal nasional dan internasional yang melintas di jalur tersebut, hal ini didukung dengan keadaan laut yang memiliki kedalaman mencapai 10 hingga 30 meter.

Salah satu hal yang banyak dinanti para pengunjung Pantai Pesona Pulau Rupat adalah keindahan sunset dan sunrise di tepi pantai. Pagi dan petang dalm kondisi cuaca yang bagus merupakan saat-saat terindah berada di pantai pasir putih tersebut. Di sekitar kawasan pantai juga terdapat penginapan yang disediakan untuk para pengunjung. Jadi untuk Anda yang ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise di Pantai Pesona Pulau Rupat bisa menginap di tempat penginapan yang ada. Ada juga para pengunjung yang menggelar tenda di kawasan pantai untuk menikmati keindahan suasana wisata alam di tempat tersebut.

Pantai Pesona Pulau Rupat merupakan potensi besar untuk wisata alam Kabupaten Bengkalis, Riau. Objek wisata ini terus dikembangkan oleh pemerintah setempat guna menarik minat para pengunjung baik domestik maupun nasional. Pantai tersebut juga termasuk dari lima daerah unggulan wisata sebagai MasterPlan Pariwisata Nasional untuk Propinsi Riau. Kelima daerah tersebut antara lain Pulau Rupat, Istana Kesultanan Siak, Candi Muara Takus, Bukit 30 dan Kota Pekanbaru.

Foto dari video Humas Bengkalis

[ RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Bengkalis | Wisata Rupat Utara ]