Lokasi Selancar Terbaik - Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar

Lokasi Selancar Terbaik - Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar

RiauMagz.com - Surfing atau selancar adalah sesuatu hal yang menyenangkan dan banyak orang akhirnya menyukainya dan bahkan mereka peselancar tidak bisa berhenti dari mencoba untuk menemukan pengalaman baru berselancar di berbagai lokasi selancar terbaik di seluruh dunia. Bayangkan pantai dengan pasir putih dan kadang-kadang gelombang besar datang dari waktu ke waktu. Ya, itu adalah hal menarik bagaimana surfer atau peselancar mencoba untuk tetap berada di atas papan surfing. Ada adrenalin yang dipompa, beberapa orang mungkin ingin mendapatkan sesuatu yang unik dan luar biasa. Keunikan itu akan didapatkan ketika mereka memutuskan untuk berwisata Sungai Kampar di Riau, Indonesia.

Bono Sungai Kampar

Dulu, Sungai Kampar dikenal memiliki gelombang Bono yang agak menakutkan. Ada kapal tenggelam ke kedalaman sungai karena ombak Bono dan penduduk setempat di Teluk Meranti - Pangkalan Kerinci - Riau sering menceritakan kisah tentang tujuh hantu. Dibalik kisah menakutkan, sungai ini merupakan sungai yang menawan di mata wisatawan terutama peselancar yang selalu mencoba untuk menemukan keunikan dan pengalaman baru dalam berselancar dan untuk meningkatkan keterampilan mereka sendiri dalam mengendarai gelombang air yang besar.

Di Sungai Kampar, ada gelombang besar, panjang dan lama disebut gelombang Bono atau Bono Sungai Kampar atau Bono Kampar atau penduduk setempat biasa menyebutnya Bono Tujuh Hantu karena disebut penduduk sebagai perwujudan bentuk tujuh hantu. Penjelasan ilmiah yang sebenarnya tentang gelombang besar Bono adalah : Sungai Kampar adalah titik pertemuan aliran Sungai Kampar dengan arus Laut Cina Selatan serta aliran Selat Melaka. Alirannya kuat, besar dan tinggi. Ketinggian gelombang bisa mencapai 4 sampai 6 meter dan ada suara gemuruh datang bersama dengan gelombang. Ini adalah fenomena serupa yang ditemukan di Pororoca di Amazon River.

Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar - Lokasi Selancar Terbaik

Untuk dapat berselancar di Ombak Bono Sungai Kampar sebagai lokasi selancar terbaik, wisatawan harus mencapai Pekanbaru dengan pesawat dan kemudian mengambil bus atau mobil ke sebuah desa bernama Teluk Meranti di Pangkalan Kerinci - Riau. Perjalanan dari Pekanbaru ke Teluk Meranti akan memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam. Puncak gelombang di Sungai Kampar akan datang pada bulan November sampai bulan Februari. Dalam bulan-bulan tersebut, akan ada banyak wisatawan peselancar datang dari berbagai tempat belahan dunia dan akan mencoba untuk berselancar di gelombang Bono. Dan selama bulan-bulan tersebut, ketinggian gelombang akan mencapai 6 meter dan itu adalah sesuatu yang menarik dan menantang serta unik dengan pengalaman baru pada jalur selancar yang selalu berubah.

Surfing di Bono Sungai Kampar tidak dianjurkan bagi para peselancar baru yang tidak memiliki pengalaman yang cukup. Surfing memang menyenangkan tapi ada keahlian yang dibutuhkan di sini. Di Sungai Kampar, surfing sangat sulit karena fakta bahwa air sungai yang berlumpur, dibutuhkan papan selancar besar dan dengan peselancar berpengalaman untuk bisa aman main dan naik gelombang. Air berlumpur akan menyebabkan papan surfer menjadi lebih berat dan ini adalah sesuatu yang akan menimbulkan masalah dan dapat menempatkan para peselancar dalam bahaya. Hanya peselancar dengan pengalaman lebih akan dapat menjelajahi ombak Bono Sungai Kampar dengan aman.

Video Ombak Bono Sungai Kampar


[ RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Bono ]