Desa Ekowisata Mempura, Siak

Desa Ekowisata Mempura Wisata Siak Jembatan Mempura

RiauMagz.com - Desa Sei Mempura merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Memupura, Kabupaten Siak. Kawasan ini direncanakan akan terus dikembangkan menjadi kawasan ekowisata bagi kabupaten tersebut. Ekowisata adalah kawasan wisata yang berbasis pada kondisi ekologi setempat yakni unsur alam dan masyarakat setempat baik dari segi kearifan sosial, budaya dan juga sejarahnya. Seperti diketahui, Desa Sei Mempura dahulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Siak Sri Indrapura di bawah pemerintahan Sultan Abdul Djalil Muzaffar Syah sebagai sultan ke 2. Beliau memerintah pada rentang tahun 1746-1765. Setelah wafat, sultan dimakamkan di desa tersebut dan diberi gelar Merhum Mempura.

Desa Ekowisata Mempura Wisata Siak

Selain sebagai kawasan wisata yang menyimpan sejarah, Mempura juga dikenal sebagai desa tempat menyantap aneka jenis buah durian yang lezat. Di kampung ini banyak sekali pohon durian yang selalu dinantikan warga setiap musimnya. Apabila musim durian tiba, para pemiliknya membuat pondok-pondok di sekitar area kebun durian untuk menunggu buah durian mereka jatuh. Di kampung ini Anda bisa bertanya mengenai jenis-jenis durian terbaik yang ada sekaligus mencicipnya. Bila tak kebagian makan gratis di kampung ini, Anda bisa membelinya di kawasan pinggiran jalan arah ke Dayun.

Desa Mempura merupakan desa tradisional dengan kondisi alam yang masih asri. Kondisi alamnya yang sejuk dengan pohon-pohonan serta air sungai yang memiliki warna merah yang khas merupakan kesan yang akan dirasakan pengunjung sampai di tempat ini. Flora dan fauna di desa ini pun masih terbilang banyak dan beragam. Anda bisa menyaksikan satwa-satwa yang berayun di pepohonan menikmati suasana alam yang masih alami.

Selain kondisi alam yang asri, desa ini juga memiliki suguhan budaya yang menarik untuk dinikmati pengunjung. Seperti misalnya tarian japin dan irama gambus yang sering mengalun di desa ini sebagai sebuah pertunjukan atau acara-acara yang digelar masyarakat. Masyarakat tempatan menjadi penari-penari zapin dengan gerakan-gerakan yang sudah begitu fasih.

Kawasan Mempura di Siak sudah ditetapkan sebagai salah satu icon ekowisata bagi kabupaten ini mencapai visi misi Siak di tahun 2020. Dimana pengembangan wisata berbasis budaya sedang digalakkan di daerah tersebut. Desa Mempura rencananya akan dijadikan sebagai kampung adat dan budaya Melayu. Bagi wisatawan yang datang ke Siak dan ingin melihat langsung tentang budaya melayu tempatan, bisa menjadikan Desa Mempura sebagai salah satu destinasi yang bisa dikunjungi.

Buat Anda yang ingin melihat lebih dekat tentang budaya melayu Siak juga bisa berkunjung ke Desa Mempura. Lebih cocok dijadikan sebagai tempat wisata budaya bersama para peneliti, budayawan, pecinta alam dan sebagainya. Kurang cocok dijadikan tujuan wisata keluarga bila membawa anak-anak. Bila ingin menaja acara-acara budaya di Siak, tempat ini juga bisa menjadi salah satu referensi lokasi yang mendukung.

Cara Menuju ke Lokasi Desa Mempura, Siak
Untuk bisa sampai ke lokasi di Desa Mempura, Anda harus melakukan perjalanan lebih dulu menuju ke pusat kota Siak. Bila Anda dari arah Kota Pekanbaru, perjalanan bisa ditempun dengan kendaraan darat baik roda 2 maupun roda empat menuju ke pusat Kota Siak selama 2 hingga 3 jam perjalanan. Selanjutnya, dari pusat kota Siak, Anda cukup berkendara ke Desa Mempura sekitar 10 hingga 15 menit atau sejauh 8 km untuk sampai ke desa tersebut.

Karena lokasinya yang tak begitu jauh dari pusat kota, akses wisata ke desa ini cukup mudah. Dengan transportasi darat dan akomodasi serta konsumsi bisa Anda lengkapi di pusat Kota Siak. Anda bisa menginap di hotel yang ada di pusat kota, lalu selanjutnya berkeliling mengunjungi pusat-pusat wisata budaya di daerah ini yang lokasinya berdekatan, termasuk juga ke kawasan Desa Mempura. Masyarakat setempat dikenal dengan keramahannya. Budaya Melayu setempat masih begitu kuat dalam menyambut para tetamu atau wisatawan yang datang. Mengenal lebih dekat tentang sejarah Siak salah satunya bisa dilakukan dengan mengunjungi Desa Mempura tersebut. Siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan tempat-tempat bersejarah yang banyak terdapat di daerah ini.

Foto paling atas : Instagram @skyscrapercity_siak
Pemenang Lomba Foto Dinas PU - TARUKIM Kab. SIAK th 2017 , Potret Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Siak dengan Tema "Wajah Baru Negeri Istana". KATEGORI DRONE: - JUARA FAVORITE > ROMI ARNANDA - SIAK



[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Siak | Wisat Mempura ]