Air Terjun Terindah dan Kekinian, Cocok Buat Update Instagram



RiauMagz.com - Air terjun menjadi salah satu tujuan lokasi wisata alam yang paling banyak dicari orang. Meskipun di pedalaman, di pegunungan yang terjal, menempuh jalan yang sulit, namun banyak orang berburu objek wisata ini. Terlebih lagi jika lokasinya mudah dijangkau, murah dan keren untuk berfoto, siapa yang tak ingin mengunjunginya? Nah, buat kamu yang paling hobi update foto jalan-jalan di instagram, berikut ini ada 10 lokasi air terjun indah di Indonesia, murah, kekinian dan pastinya sedang ramai-ramai dikunjungi orang saat ini, mau tau dimana saja lokasinya? Yuk simak berikut ini:

  1. Air Terjun Kanto Lampo, Gianyar
    Salah satu air terjun yang mudah dijangkau karena terletak di dalam kawasan sebuah desa, tanpa kamu harus susah-susah menempuh medan yang curam adalah air terjun Kanto Lampo di Gianyar, Bali. Objek wisata ini terletak di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Bali. Saat ini wisata alam ini sedang popular di kalangan wisatawan, bukan hanya pengunjung dalam negeri yang ingin sekedar foto selfie di air terjun tersebut, namun juga wisatawan mancanegara yang ingin menikmati keindahan alam di Bali. Sebenarnya air terjunnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 15 meter saja. Akan tetapi di kawasan ini banyak lokasi keren yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto. Selain masih sangat alami, untuk memasuki kawasan ini juga terbilang murah, cukup membayar 5 ribu rupiah, kamu sudah bisa mandi sepuasnya di air terjun. Buat kamu yang punya rencana ke Bali, coba berkunjung ke air terjun Kanto Lampo, Gianyar dan buktikan sendiri foto keren mu di instagram.

    Air Terjun Terindah Kanto Lampo Gianyar Bali
    Foto : https://tempatwisatadibali.info
  2. Air Terjun Sekumpul, Buleleng
    Objek wisata air terjun kekinian lainnya juga bisa ditemukan di daerah Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Nama air terjunnya seperti nama desanya, yakni Sekumpul. Diberi nama sekumpul karena memang air terjun di daerah ini lebih dari satu air terjun, merupakan kumpulan dari 7 air terjun yang letaknya berjauhan. Ketinggian air terjun sekumpul mencapai 100 meter. Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu harus menuruni anak tangga yang curam dan menyeberangi sungai setinggi paha orang dewasa. Gemuruh air terjun yang sejuk telah bisa kamu rasakan dan dengar dengan jelas saat menuruni anak tangga tersebut. Untuk memasuki kawasan wisata di sini terbilang sangat murah, cukup 2 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 5 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara.

    Lokasi air terjun berjarak sekitar 76 km dari Kota Denpasar atau ekitar 20 km dari kota Singaraja, dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 1 jam. Untuk mengaksesnya, kamu bisa melalui 2 rute, pertama arah Singaraja dengan melewati daerah Wisata Bedegul. Setelah sampai di kota Singaraja ambil arah ke Kecamatan Sawan, lalu ke arah Desa Sekumpul.
    sementara rute yang kedua, setelah melalui Kawasan Wisata Bedegul, sekitar 10 km kemudian terdapat pertigaan kecil, ambil belokan ke kanan. Selanjutnya ikuti terus jalan tersebut hingga tiba di kawasan pintu masuk Air terjun Sekumpul sekitar 12 km jaraknya.

    Air Terjun Terindah Sekumpul Buleleng Bali
    Foto https://www.rentalmobilbali.net
  3. Air Terjun Cikanteh, Sukabumi
    Curug atau air terjun yang cukup terkenal di daerah Sukabumi adalah air terjun Cikanteh. Lokasinya berada di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Dari pusat desa berjarak sekitar 4 km, atau 1 jam perjalanan dengan melewati jalanan sempit dan pemandangan alam pedesaan. Setelah sampai di lokasi, kamu bahkan bisa parkir motor di tingkat paling bawah. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan dengan pemandangan masing-masing yang khas. Tingkat paling atas dinamakan Curug Sodong, yang kedua Curug Ngelai dan yang ketiga Curug Cikanteh. Biaya masuk ke lokasi wisata ini sekitar 10ribu rupiah.

    Air Terjun Terindah Cikanteh, Sukabumi
    Instagram @liamayasani
  4. Air Terjun Luhur Cibinong, Cianjur
    Destinasi wisata air terjun menarik lainnya adalah air terjun Luhur Cibinong. Terletak di Desa Cimaskara, Kecamatan Cibinong, Cianjur Selatan. Lama perjalanan menuju ke lokasi sekitar 3 hingga 4 jam. Belum ada marka jalan, pembatas atau penerangan. Kawasan wisata alam ini masih cukup sepi dan terbilang sedikit dikunjungi orang, akan tetapi memiliki pesona yang sangat indah dan alami. Kamu bisa duduk di tepian, berenang dan menikmati pemandangan pepohonan yang rapat di kanan kiri. Lokasi wisata ini menjadi incaran para fotografer. Untuk masuk ke lokasi wisata tersebut, kamu hanya perlu membayar infak dan biaya parkir.

    Air Terjun Terindah Luhur Cibinong, Cianjur
    Foto : Google Local Guide User Dya Iganov @dya_iganov
  5. Air Terjun Cibareubeuy, Subang
    Wisata air terjun murah lainnya adalah Cibareubeuy yang ada di Subang. Hanya dengan mengeluarkan uang 5 ribu rupiah, kamu bisa menikmati pemandangan curug yang santat indah. Lokasinya berada di Cibeusi – Ciater – Subang. Dari arah gerbang sari ater sampai ke tempat parkir hanya sekitar 3 sampai 4 km. Dari parkiran ini, kamu harus berjalan kaki sekitar 1 sampai 1,5 jam untuk ke lokasi. Sebelum memasuki area air terjun Cibareubeuy, kamu juga bisa menikmati wisata air terjun pandawa 5. Salah satu spot paling diminati wisatawan di area ini adalah menara Cibareubeuy yang berada di kawasan pandawa 5. Sebuah menara yang terbuat dari kayu, menyuguhkan pemandangan pegunungan hijau dihiasi air terjun Cibareubeuy dari kejauhan.

    Air Terjun Terindah Cibareubeuy Subang
    Foto Instagram @derii3
  6. Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang
    Selanjutnya kita menuju Jawa Timur. Air terjun Tampak Sewu menjadi destinasi unggulan di Lumajang yang sedang kekinian. Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. Lokasi air terjun ini cukup instagramable sehingga layak untuk kamu kunjungi. Di luar biaya parkir, kamu hanya mengeluarkan 5 ribu rupiah untuk biaya masuk. Air terjun Tumpak Sewu mencapai ketinggian 120 km. Kalau kamu ingin lama menikmati keindahan air terjun ini, kamu bisa menyewa homestay seharga 30ribu rupiah permalam. Akses menuju ke lokasi wisata ini sudah cukup mudah sehingga kamu tak perlu takut kelelahan. Dari Kota Malang, kamu bisa menempuh perjalanan selama 2,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Sepanjang menuju lokasi air terjun, kamu akan disuguhkan pemandangan belantara yang sangat indah.

  7. Air Terjun Kapas Biru, Pronojiwo
    Air terjun Kapas Biru terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Berbatasan dengan Kecamatan Ampelgading yang termasuk Kabupaten Malang. Atau bila ditempuh dari daerah Lumajang, jaraknya sekitar 300 m setelah Lapangan Pronojiwo. Setelah belok kiri, akan kita temukan banner bertuliskan Air Terjun Kapas Biru. Yang unik dari air terjun ini adalah, di sini kamu bisa tubing (arung jeram menggunakan ban karet). Kamu bisa mengarungi medan yang terjal sepanjang satu kilometer, benar-benar menantang bukan? Untuk tracking ke lokasi ini kamu tak perlu khawatir karena warga telah membangun jalan beton. Biaya masuknya pun cukup murah, hanya 5 ribu rupiah.

  8. Air Terjun Lojahan, Batang
    Air terjun Lojahan berada di tengah hutan Kluwung, desa Kali Tengah, kecamatan Blado, kabupaten Batang, Jawa Tengah. Di Jawa Tengah memang terdapat banyak air terjun menarik yang bisa dikunjungi, termasuk Lojahan yang sedang banyak diminati para pengguna instagram. Lokasi air terjun ini masih sangat alami. Untuk menuju lokasi, kamu harus berjalan kaki sekitar 1 jam perjalanan. Suasana sepanjang perjalanan cukup sejuk, segar dan indah. Karena sulitnya akses ke lokasi serta ketinggian air terjun yang hanya 40 meter, maka tak heran jika air terjun ini masih sepi dari pengunjung. Kalau kamu menyukai objek wisata yang sedikit pengunjungnya untuk suasana yang lebih tenang, maka air terjun ini cocok kamu kunjungi.

  9. Air Terjun Bissappu, Bantaeng
    Air terjun Bissappu terletak di Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Sekitar 124 km dari Kota Makassar, atau 12 km dari pusat Kecamatan Bissappu. Pemandangan air terjun ini sangat indah. Bebatuan hitam, lumut dan rumput yang hijau, pepohonan yang rindang dengan kesejukan alami membuat kamu semakin betah berada di kawasan wisata tersebut. Untuk masuk ke lokasi wisata, kamu harus menempuh jarak sepanjang 5 km. Namun tenang saja, di kawasan ini disediakan ojek dengan kisaran sewa 10 hingga 30 ribu. Untuk menikmati segarnya air, kamu harus berjalan kaki sepanjang 100 meter. Biaya masuk terbilang murah, hanya 5 ribu rupiah saja.

    Air Terjun Terindah Bissappu Bantaeng
  10. Air Terjun Penimbungan, Gunung Rinjani
    Salah satu air terjun yang menarik untuk dikunjungi di kawasan pendakian Gunung Rinjani adalah air terjun Penimbungan. Terletak di Torean, Lombok Utara. Dari Torean, lokasi wisata ini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam, dengan ketinggian air terjun 100 meter. Lokasi ini pula biasanya menjadi lokasi yang dilalui para peziarah yang melakukan ritual di Segara Anak maupun sumber air panas. Dari Mataram ke Torean, kamu bisa menaiki kendaraan L-300, dan turun di area Pasar Anyar, Bayan. Waktu tempuh selama 3 hingga 4 jam dengan biaya 15 ribu per orang. Selanjutnya dari pasar tersebut, barulah kamu bisa menuju Desa Torean dengan ojek selama satu jam. Biayanya juga 15 ribu rupiah.

    Air Terjun Terindah Penimbungan Gunung Rinjani
    Foto http://www.ninabarbosa.com

Indonesia sangat terkenal dengan kekayaan wisata alamnya. Air terjun yang kami tampilkan ini hanya sebagian dari keindahan kekayaan khazanah wisata alam Indonesia. Nantikan artikel kami lainnya tentang keindahan wisata air terjun Indonesia.

Baca juga artikel kami tentang : 5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Sumatera

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Air Terjun]