Wisata Sinaboi, Rokan Hilir Provinsi Riau

Wisata Sinaboi, Rokan Hilir Provinsi Riau

Objek Wisata Sinaboi, Rokan Hilir Provinsi Riau
Sinaboi merupakan nama sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Letaknya sekitar 25 km dari pusat ibu kota Bagansiapi-api. Lokasinya lebih dekat dengan Kota Dumai dan memiliki potensi wisata di bidang bahari yang cukup kaya. Karena letaknya yang tak jauh dengan ibu kota, tempat ini pernah dirancang untuk dijadikan sebagai pelabuhan Bagansiapi-api.

Mengunjungi objek wisata Sinaboi akan memberikan suguhan suasana pelabuhan dan deretan rumah-rumah kayu yang berdiri di atas permukaan laut. Mayoritas penduduk yang tinggal di daerah ini adalah Tionghoa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya simbol-simbol di tepi jalan yang menggunakan bahasa Tionghoa. Selain itu, pengunjung yang datang ke tempat ini juga bisa menyaksikan pertunjukan seni dari masyarakat Tionghoa. Ada banyak klenteng besar tempat peribadatan yang berdiri di kecamatan ini. Bagi pengunjung banyak yang menjadikan klenteng sebagai lokasi berfoto dan selfie.

Sinaboi menyajikan suasana perkampungan di tepi laut dengan jalanan-jalan sempit dan banyaknya kapal-kapal yang berjejer rapi di tepi dermaga. Salah satu hal yang paling favorit dilakukan orang saat berkunjung ke Sinaboi adalah memancing. Memancing di perairan yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka tersebut memberikan sensasi keasyikan tersendiri. Di sini, memancing sudah bisa dilakukan cukup dengan menggunakan umpan udang. Namun jika ingin mendapatkan pancingan yang lebih banyak, bisa menggunakan cacing tanah atau bahan pakan lainnya. Jenis ikan sembilang dan ikan gulama merupakan jenis ikan yang paling populer bisa dipancing di perairan Sinaboi.

Untuk menikmati wisata laut dengan memancing, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan yang banyak berjejer di tepi pelabuhan. Selanjutnya pengunjung akan diajak mengarugi perairan dan memancing di sana. Dalam satu kali perjalanan, hasil pancingan yang didapatkan tak kurang dari 5 kg ikan. Dan uniknya lagi, ikan-ikan ini bisa langsung dimasak di atas kapal dan dinikmati sebagai suguhan makan di atas kapal. Rasanya akan sangat nikmat, akan terasa lebih manis dan proteinnya masih dalam kondisi yang bagus.

Saat berlayar biasanya perut akan terasa cepat lapar, menikmati suguhan masakan ikan segar di atas kapal tentunya menjadi sensasi kesan yang tak terlupakan bagi pengunjung. Jenis masakan pun bisa bervariasi, masakan asam pedas, ikan bakar, ikan goreng dan sebagainya. Perut yang lapar akan terasa lebih nikmat menyantap ikan segar di tengah semilirnya angin laut yang berhembus. Selain itu Anda juga akan merasa lebih puas karena ikan yang dimasak tersebut adalah hasil pancingan Anda sendiri di lautan.

Potensi wisata memancing Sinaboi cukup terkenal, sampai beberapa pihak datang sendiri ke lokasi ini dengan membawa kapal sendiri dan memancing di kawasan perairan Sinaboi. Jika pemerintah setempat tidak bisa memaksimalkan potensi wisata tempat ini, bisa jadi yang akan menikmatinya justru orang lain. Berangkat pada pagi hari dan berlayar mencari ikan untuk dimasak untuk santap siang di atas kapal tentu menjadi kenikmatan tersendiri yang bisa Anda coba. Atau berangkat di siang hari untuk menikmati ikan menjelang senja pun tak kalah nikmatnya. Berlayar di .lautan ini juga bisa menjadi wisata menarik untuk Anda dan keluarga di hari libur.

Cara Menuju ke Lokasi Wisata Sinaboi, Rokan Hilir
Untuk bisa sampai ke Sinaboi, Anda melakukan perjalanan darat lebih dulu ke Kota Bagansiapi-api. Jaraknya akan lebih dekat jika Anda memulai perjalanan dari Dumai. Dari pusat Kota Pekanbaru menuju Bagansiapi-api, Anda bisa menggunakan pribadi atau kendaraan umum. Kendaraan umum yang tersedia adalah travel dengan rute Pekanbaru-Bagansiapi-api dan sebaliknya. Lama perjalanan normal 7 hingga 8 jam. Dari pusat kota Bagansiapi-api, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Sinaboi yang jaraknya hanya 25 km. Jadi bila Anda ingin berwisata ke Sinaboi, bisa menginap di Kota Bagansiapi-api yang fasilitas akomodasinya lebih lengkap. Perjalanan menuju ke Sinaboi cukup lancar, bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Semakin bagus fasilitas wisata yang ada di tempat ini akan mengundang banyak orang yang suka memancing atau menikmati seafood di atas kapal.


[RiauMagz | Wisata Riau]