Wisata Pulau Halang, Rokan Hilir

Wisata Bahari Pulau Halang, Rokan Hilir Bagan Siapi api rohil bakar tongkang

Bakar Tongkang Pulau Halang

Wisata Bahari dan Bakar Tongkang Pulau Halang, Rokan Hilir
Pulau Halang merupakan nama salah satu pulau yang ada di Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir. Pulau ini dikenal memiliki legenda cerita rakyat yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Sama seperti Pulau Dedap yang ada di daerah Kepulauan Meranti, Pulau Halang juga memiliki legenda kisah seorang anak durhaka kepada orang tuanya. Dengan sebuah pohon berbuah asam dan manis yang berbeda yang tumbuh di pulau tersebut. Sama seperti legenda yang ada di Pulau Dedap Durhaka, Kepulauan Meranti. Apabila dilihat dari satelit, Pulau Halang juga cukup unik karena bentuknya yang menyerupai kapal hendak berangkat berlayar. Konon seorang anak bernama si Alang dikutuk oleh ibunya menjadi sebuah kapal karena kedurhakaannya setelah hidup sukses di Kerajaan Siak.

Hal yang unik dari pulau ini, selain memiliki legenda yang dipercayai masyarakat setempat adalah potensi kekayaan bahari yang dimiliki. Pulau Halang dikelilingi perairan laut yang kaya dengan hasil-hasil lautnya. Pulau ini dikenal sebagai pulau penghasil ikan terbesar di Kabupaten Rokan Hilir, dan di masa lalu menjadi penghasil ikan terbesar di Indonesia. Saat kita menyusuri bagian tepian pulau, maka kita akan menyaksikan dermaga-dermaga kecil dengan perahu-perahu nelayan di bagian bawahnya. Rumah-rumah bertopang kayu punak yang panjang berjejer di bagian tepian pulau. Anak-anak di pulau ini juga banyak terlihat yang bersuku Tionghoa, artinya pulau ini dihuni masyarakat secara majemuk, bercampur antara masyarakat Melayu asli dan para pendatang Tionghoa.

Berlayar di kawasan perairan Pulau Halang merupakan hal yang bisa dinikmati wisatawan. Dengan perahu kecil atau pompong, pengunjung bisa menyaksikan kehidupan rumah di tepi pulau yang bersentuhan dengan hutan-hutan kecil di tepiannya. Warna air yang sedikit hijau menambah pemandangan pulau yang tampak lebih eksotik. Mengunjungi pulau ini juga bisa menghantarkan kita melihat langsung kehidupan masyarakat pulau yang heterogen kesukuannya. Bila Anda ingin mendapat hasil tangkapan ikan yang masih segar dan beraneka macam jenisnya, berkunjunglah ke Pulau Halang. Harganya lebih murah, jenisnya lebih banyak dan tentunya ikan-ikan tersebut masih segar ditangkap dari laut. Kawasan pulau ini berbatasan langsung dengan perairan Selat Malaka, sehingga hasil lautnya melimpah dan sangat kaya.

Di Pulau Halang kita bisa menemukan perkampungan masyarakat seperti di tempat lain pada umumnya. Di pulau ini terdapat rumah-rumah papan panggung, sekolah dan tempat beribadah masyarakat Tionghoa yang banyak tinggal di daerah tersebut. Kawasan hutan yang masih alami terbentang luas dan indah dengan perairan Selat Malaka yang membatasinya. Salah satu tempat unik yang ada di Pulau Halang adalah Danau Pasir. Kawasan padang pasir yang diselingi tumbuhan dan pohon-pohon hijau membentuk lokasi mirip sebuah danau yang luas. Hal ini terlihat begitu jelas bila melalui foto satelit yang diambil dari atas. Di pulau ini juga telah dibangun jalan-jalan semenisasi sederhana yang membelah pulau dan bisa dilalui oleh para pengunjung dan wisatawan.

Meskipun memiliki pemandangan eksotik dan kekayaan alam yang masih asri, karena berada di daerah terluar dan pulau yang masih jauh dari kawasan daratan, beberapa kali terjadi kasus penangkapan bandar narkoba di pulau ini dan diamankan langsung oleh pihak kepolisian.

Wisata Bahari Pulau Halang, Rokan Hilir Bagan Siapi api rohil bakar tongkang

Cara Menuju ke Lokasi Wisata Pulau Halang, Rokan Hilir
Bila Anda memulai perjalanan dari Pekanbaru, maka perjalanan pertama diawali dengan berkendara menggunakan kendaraan roda empat menuju ke ibu kota Rokan Hilir, Kota Bagansiapi-api. Lama perjalanan sekitar 6 hingga 7 jam perjalanan normal. Bila Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan mobil rental dari Pekanbaru, atau kendaraan umum travel rute Pekanbaru-Bagansiapi-api. Setelah tiba di Bagansiapi-api, Anda bergerak menuju Pelabuhan Oliong. Dari sini Anda bisa menuju Pulau Halang menggunakan kapal Ferry lebih dari satu jam.

Para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Halang biasanya juga tertarik ingin menyaksikan aneka hiburan dan tradisi Tionghoa. Jangan heran jika di pulau ini Anda pun bisa menyaksikan kesenian barongsai. Ohya, karena lokasi pulau yang masih cukup terisoler, jika Anda ingin berwisata ke pulau ini sebaiknya membawa perlengkapan pribadi yang cukup, termasuk juga makanan spesial dan kebutuhan yang harganya lebih murah di darat.


[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Rohil ]