Wisata di Pesisir Pulau Rangsang Kabupaten Meranti

Wisata di Pesisir Pulau Rangsang Kabupaten Meranti

Wisata Pesisir Pulau Rangsang
Rangsang Pesisir merupakan salah satu kecamatan termuda di Kepulauan Meranti. Dibandingkan daerah lainnya, kecamatan ini masih memiliki sentuhan suasana alam yang sangat kuat sehingga mengundang potensi wisata yang cukup prospek untuk dikembangkan. Pulau Rangsang terletak di sebelah timur Kepulauan Meranti, berhadapan langsung dengan Selat Malaka dan Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau. Dari pusat Kota Selatpanjang, bisa dijangkau dengan naik kapal kecil menuju ke pulau tersebut. Rangsang Pesisir menyimpan beberapa daya tarik wisata alam bagi para pengunjung dari luar Kepulauan Meranti, beberapa diantara pesona wisata di tempat ini adalah:

  1. Desa Tanah Merah
    Desa Tanah Merah menjadi salah satu desa menarik untuk dikunjungi saat Anda berkunjung ke Rangsang Pesisir. Di sini terdapat beberapa pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Bisa dikatakan di tempat ini sebagai syurganya makanan laut. Aneka jenis makanan laut bisa ditemukan di sini. Diantaranya aneka jenis ikan, kerang, siput, udang, rama-rama, sepepet, kijing, udang pepay dan berbagai jenis makanan laut lainnya yang mungkin tak pernah Anda lihat. Di pusat Desa Tanah Merah telah dibuat semacam pasar ikan sederhana oleh seorang toke ikan di desa tersebut. Pasar ini memudahkan para nelayan yang selesai berburu ikan di laut, mereka tak harus ke Selatpanjang untuk menjualnya, cukup di pasar penampungan ini saja. Nantinya toke yang akan menjualnya ke Selatpanjang.

    Wisata di Pesisir Pulau Rangsang Kabupaten Meranti Desa Tanah Merah

    Kawasan pantai di Desa Tanah Merah ini kerap kali mengalami abrasi oleh air laut. Oleh karena itu, pemerintah setempat saat ini sedang menangkal abrasi dengan menempatkan batu geronjong penangkal abrasi pada bagian tepi pantai. Nantinya batu-batuan ini bukan hanya bisa mencegah abrasi air laut, namun juga akan menjadi indah untuk dijadikan sebagai lokasi wisata pantai yang eksotik.
  2. Pantai Pesona
    Bukan hanya di daerah Bengkalis yang memiliki pantai pesona, di Rangsang Pesisir pun terdapat sebuah pantai yang dikenal dengan nama pantai pesona. Pantai ini terletak di lokasi yang agak terpencil, namun tidak mengurangi suasana eksotik daerah pesisi tersebut. Banyak para fotografer datang ke lokasi ini untuk memanfaatkan momen-momen indah guna mendapatkan gambar yang indah. Seperti misalnya di sore hari dengan suasana sunset yang khas. Di tepi pantai ini banyak terdapat pohon-pohonan yang dijadikan sebagai spot berfoto para pengunjung. Kapal-kapal nelayan yang berlayar menambah suasana senja semakin eksotik. Cahaya matahari yang jingga dan jatuh ke permukaan air laut yang bergelombang akan terlihat semakin indah mempesona. Pemandangan ini pulalah yang sering dinantikan para pengunjung di petang hari.

Dibandingkan dengan Selatpanjang, Rangsang Pesisir tentunya masih lebih minim fasilitas untuk berwisata. Jika Anda ingin menginap di hotel dengan fasilitas yang lebih lengkap, sebaiknya Anda kembali ke Selatpanjang. Di Rangsang Pesisir tersebut selain kuliner seafood yang lezat, Anda bisa juga menikmati makanan khas Kepulauan Meranti lainnya seperti aneka olahan sagu, aneka kerupuk udang yang dibuat oleh orang asli daerah tersebut, keripik ubi yang rasanya bisa lebih lezat dibandingkan keripik ubi Dumai, roti canai, makanan sempolet khas Meranti dan sebagainya. Selera Anda akan dimanjakan di tempat ini. Harga makanan yang sudah masak di daerah Meranti umumnya jauh lebih murah dibandingkan dengan bahan-bahan masakan di pasar. Seafood misalnya, bisa Anda beli dalam keadaan segar yang baru ditangkap dari laut. Harganya terkadang standar dan bisa lebih murah dari daerah luar Meranti.

Cara Menuju ke Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti.
Bila Anda berasal dari luar Kepulauan Meranti, sebelum menuju ke Rangsang Pesisir, Anda harus lebih dulu menuju ke ibu kota Kepulauan Meranti yakni Selatpanjang. Jika Anda dari Dumai atau Bengkalis, bisa menempuh perjalanan laut menggunakan kapal. Dan jika dari daerah Riau daratan seperti Pekanbaru, Anda bisa memilih dua rute yakni:
  1. Pelabuhan Sungai Duku ke Perawang (kapal), dari Perawang ke Buton (bus), dari Pelabuhan Buton ke Selatpanjang (kapal). Total ongkosnya biasanya 165ribu rupiah. Anda tinggal mengikuti saja rute dan kendaraan yang sudah disediakan penyedia jasa.
  2. Dari Pekanbaru ke Pelabuhan Buton menggunakan travel, dari Pelabuhan Buton ke Selatpanjang menggunakan kapal. Biayanya tak jauh beda dengan rute pertama dan durasi waktu perjalanan juga tak jauh beda, yakni kurang lebih 4 jam perjalanan.

Dari Selatpanjang menuju Rangsang Pesisir, Anda bisa menggunakan kapal kecil yang biasa memiliki jadwal khusus menuju ke Rangsang. Dari Pelabuhan Tanjung Harapan Anda bisa naik kapal ini. Dan setelah sampai di pulau, Anda bisa menggunakan jasa ojek dan sejenisnya yang ditawarkan warga. Kawasan Rangsang Pesisir masih banyak menyimpan suasana alam pesisir yang asli. Namun demikian Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi air yang merah dan asin karena berada di kawasan gambut dan pantai.

Foto Wisata di Pesisir Pulau Rangsang Kabupaten Meranti :
akun youtube : Iman Teguh
akun Google Maps : Ali Ang

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Pantai Pesona | Wisata Meranti | Selat Panjang]