Wisata Air Terjun Aek Martua Rokan Hulu

Wisata Air Terjun Aek Martua Rokan Hulu

Air Terjun Aek Martua
RiauMagz.com - Air terjun Aek Mertua merupakan salah satu objek wisata unggulan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Air terjun ini terletak di pegunungan Bukit Barisan sehingga tak heran jika memiliki kejernihan dan pemandangan yang cukup indah. Lokasi air terjun Aek Mertua berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Berada di kawasan Tanaman Hutan Raya (Tahura) yang masih dilindungi dan memiliki keanekaragaman hayati yang cukup kaya di daerah tersebut. Nama aek mertua diambil dari bahasa Batak Mandailing. Meskipun berada di Kabupaten Rokan Hulu dengan suku asli melayu, namun di sepanjang kawasan air terjun ini lebih banyak dihuni oleh masyarakat bersuku Batak Mandailing, sehingga tak heran jika nama yang dipakai juga menggunakan bahasa batak. Aek mertua artinya air yang bertuah. Seperti yang diharapkan masyarakat dari air terjun indah yang memancar sebanyak tujuh tingkat tersebut, berupa kebaikan dan manfaat langsung yang dirasakan oleh warga setempat.

Bagi Anda para pecinta alam sejati sangat pantas mengunjungi objek wisata aek martua. Akan tetapi lokasi ini kurang cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga karena akses transportasinya yang sulit dan jalan yang cukup jauh dari jalan besar. Untuk yang hobi bercamping, mengunjungi objek wisata ini menjadi pilihan. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai lokasi perjalanan alam yang menantang untuk sebuah tim.

Seperti kebanyakan air terjun lainnya, lokasi kesejukan hutan yang rindang bisa kita rasakan saat berda di kawasan aek martua. Ketinggian yang ditawarkan setiap tingkat berbeda-beda. Tingkat yang paling rendah setinggi 15 meter, sementara tingkat yang paling tinggi setinggi 41 meter. Karena tingkatan ketinggian yang beragam ini, ada juga yang menyebut air terjun ini sebagai air terjun tangga seribu.

Di bawah air terjun yang turun dengan suara gemuruh dan kesejukan yang berpadu, terdapat batu-batu cadas besar yang bisa dijadikan tempat duduk dan spot untuk berfoto. Air jernih mengalir dengan kesegaran alami yang tak terlupakan. Keindahan ini akan sangat dirasakan terutam bagi mereka yang menggemari objek wisata alam berupa air terjun. Sentuhan suasana rimba yang alami juga masih terasa di kawasan ini. Maka tak heran jika lokasi wisata ini kini bukan hanya banyak dikunjungi orang untuk rekreasi, namun juga banyak yang mendatangi untuk tujuan penelitian.

Wisata Air Terjun Aek Martua Rokan Hulu

Cara Menuju ke Lokasi Air Terjun Aek Martua, Rokan Hulu
Jika Anda memulai perjalanan dari Pekanbaru menggunakan kendaraan umum, maka bisa memilih travel L300 dengan tarif yang lebih murah. Berkisar 35 hingga 50 ribu rupiah. Turun di Simpang Tangun. Dari sini perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan oplet dengan tarif ongkos 5 hingga 10 ribu rupiah. Anda akan diturunkan di pintu masuk objek wisata. Namun, di sini Anda pun masih harus berjalan lagi sejauh 3,5 km. Di sini Anda akan melalui jalan setapak dan jembatan gantung. Lalu setelah itu, Anda akan memasuki kawasan rimba lindung, perjalanan dilanjutkan dan Anda harus menempuh jarak sejauh 3 km. Di sini medan yang dilalui cukup menantang.

Jalanan curam yang naik turun akan sangat menguras tenaga pengunjung. Anda juga harus berhati-hati jika mengunjungi lokasi dalam keadaan hujan dan jalanan licin. Namun pemandangan di lokasi ini sangat indah, kawasan hutan lindung dengan berbagai keanekaragaman kekayaan hayati. Waktu perjalanan normal yang biasa ditempuh orang dengan medan seperti ini adalah selama 30 menit. Setelah itu, keletihan Anda akan disambut dengan suguhan air terjun yang indah dan segar. Di sini Anda bisa mandi, main air, berfoto dan menenangkan pikiran dengan suasana alam yang masih asri.

Para pengunjung perlu sedikit waspada dengan pemalakan uang yang bisa terjadi di kawasan wisata ini. Tak tanggung-tanggung, pengunjung bisa dipalak oleh warga setempat hingga ratusan ribu rupiah. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya jika ingin berkunjung, Anda harus mengajak warga setempat yang lebih paham dengan kondisi yang ada. Terutama jika Anda warga jauh, sebaiknya bertanya lebih dulu kepada petugas yang ada.


[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Rokan Hulu]