Wisata Air di Bendungan Cipogas Rokan Hulu

Wisata Air di Bendungan Cipogas Rokan Hulu

Bendungan Cipogas
RiauMgaz.com - Kabupaten Rokan Hulu memiliki banyak jenis wisata air. Mulai dari pemandian air panas, air terjun hingga danau yang juga difungsikan sebagai bendungan. Bendungan Cipagos yang terletak di kawasan Danau Cipagos menjadi salah satu objek wisata pilihan masyarakat Rokan Hulu yang cukup apik untuk dikunjungi. Objek wisata Bendungan Cipagos merupakan bendungan perairan yang cukup tinggi dengan turap bebatuan miring di kawasan Danau Cipagos. Lokasi ini menjadi salah satu spot yang menarik untuk dijadikan sebagai lokasi berfoto para pengunjung.

Objek wisata Bendungan Cipagos terletak di Desa Sialang Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Bendungan yang terletak di Danau Cipagos tersebut lebih dikenal dengan sebutan bendungan Kaiti. Uniknya, pada bagian hilir bendungan ini, terdapat bebatuan cadas besar yang cocok dijadikan sebagai tempat berwisata. Merupakan aliran sungai dari kaki bukit haorpit yang terjal dan berbatu. Dan menurut kepercayaan masyarakat setempat, lokasi ini dahulunya kerap dijadikan sebagai lokasi bertapa para pendekar melayu maupun mereka yang ingin mendalami ilmu mistis. Bila ingin mengetahui secara detail tentang mitos-mitos lokasi wisata ini, Anda bisa bertanya langsung pada juru kunci yang tinggal di daerah tersebut.

Bila Anda mengunjungi lokasi Bendungan Cipagos, maka Anda bisa menikmati berbagai suasana menarik di tempat tersebut:
  1. Berfoto di atas bendungan besar dengan turap yang tinggi dan aliran air danau yang deras. Di sini menjadi lokasi foto yang menarik untuk para pengunjung dari luar daerah.
  2. Menikmati air danau menggunakan sampan kecil atau bebek air yang disewakan di sekitar air danau. Bila ingin pikiran lebih rileks, Anda bisa menyusuri kawasan air danau menggunakan kendaraan yang tersedia.
  3. Duduk di tepi danau melihat air luas yang dipagari hutan-hutan hijau dengan semilir angin yang teduh juga cukup membuat suasana liburan Anda menjadi lebih berkesan. Terdapat kawasan hijau di sepanjang tepi danau yang bisa Anda jadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau rekan-rekan Anda dalam berwisata.
  4. Bila Anda ingin suasana yang lebih eksotis lagi, maka bisa mengunjungi kawasan hilir dari bendungan yang mengalir. Di sini Anda bisa menemukan bebatuan besar di tengah aliran sungai yang mengalir. Pada bagian tepi aliran sungai terdapat pohon-pohon besar yang akan semakin membuat kesan alami daerah yang Anda kunjungi. Di sini Anda bisa melakukan banyak hal seperti bermain air, atau bahkan jika Anda ingin mandi dengan aliran sungai yang ada.
  5. Pada bagian hulu sungai terdapat tebing yang sering dijadikan sebagai lokasi panjat tebing. Untuk Anda yang menyukai outbond tentu saja bisa memilih lokasi ini untuk melakukan kegiatan outbond bersama teman-teman.

Pada saat liburan, lokasi wisata ini banyak dikunjungi para wisatawan untuk melepas lelah. Banyak juga yang mandi di kawasan perairan karena memang airnya yang dingin dan sangat segar. Kawasan wisata alam ini tidak menyediakan akomodasi seperti tempat makan atau penginapan seperti pada umumnya, karena memang lokasinya yang cukup tersuruk ke dalam. Jika Anda berencana mengunjunginya, maka Anda bisa menginap di ibu kota Pasir Pangarayan. Lokasinya tak jauh dari pemandian air panas pawan dan Goa Huta Sikafir.

Cara Mengunjungi Lokasi Bendungan Cipagos
Bila Anda memulai rute perjalanan dari Pekanbaru, maka Anda bisa naik travel menuju ke pusat kota Pasir Pangaraian. Bisa menggunakan travel maupun angkutan umum mobil L300 yang bisa Anda dapatkan di daerah simpang empat Jalan Garuda Sakti, Panam, Pekanbaru. Setelah menempuh perjalanan 5 hingga 6 jam, Anda akan sampai di pusat Kota Pasir Pangaraian. Anda bisa mencari penginapan lebih dulu, istirahat dan makan masakan khas Rokan Hulu seperti gulai baung yang terkenal kelezatannya. Dari pusat kota Pasir Pangaraian, Anda bisa melanjutkan perjalanan sejauh 4 km. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan roda dua untuk bisa sampai ke lokasi. Terletak di daerah Desa Sialang Kecamatan Rambah. Tepatnya di bersimpangan dengan objek wisata Air Panas Pawan dan Goa Huta Sikafir.


[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Rokan Hulu ]