Rumah Batu Serombou - Wisata Rokan Hulu

Rumah Batu Serombou - Wisata Rokan Hulu

Wisata Negeri Seribu Suluk Rumah Batu Serombou
RiauMagz.com - Rumah Batu Serombou yang ada di Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu objek wisata yang berbasiskan nilai-nilai cerita rakyat setempat. Negeri seribu suluk yang dikenal memiliki kedekatan nilai-nilai agama dalam kehidupannya juga memiliki cerita-cerita rakyat yang disesuaikan dengan kebutuhan pesan moral warga tempatan, yakni bagaimana interaksi warga dengan nilai-nilai Islam bisa terjalin dengan baik.

Rumah Batu Serombuo merupakan objek wisata berbantu batu yang memiliki bentuk unik dan pesan-pesan cerita rakyat yang kental. Tiga buah batu besar dengan ditumbuhi lumut-lumut dan beberapa tanaman kecil di bagian luarnya. Sementara bentuknya menyerupai jamur atau payung, dengan bagian bawah yang mengecil dan bagian atas yang melebar. Batu ini menyerupai rumah yang bisa dijadikan tempat berteduh orang-orang yang duduk di bawahnya, oleh karena itulah orang-orang mengenalnya dengan sebutan rumah batu serombuo. Ada banyak bentuk batu-batuan alam yang terkadang menyerupai bentuk binatang, benda-benda aneh dan sejenisnya. Semua itu merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya perubahan iklim, angin, hujan dan sebagaianya yang merupakan bagian dari gejala alam.

Rumah Batu Serombou - Wisata Rokan Hulu

Apa yang unik dari cerita di sebalik terjadinya batu ini? sejak dari zaman dahulu, orang-orang Rokan Hulu dikenal memiliki keyakinan Islam yang kuat, melalui suluk dan sejenisnya. Namun konon ceritanya, ada sebuah kampung di daerah tersebut yang dihuni masyarakat yang jauh dari nilai-nilai agama. Kondisi masyarakat sangat kacau dan bisa dikatakan sangat jauh dari aturan-aturan agama. Melihat kondisi tersebut, seorang yang paling sakti diantara warga kampung tersebut bersumpah untuk kehancuran kampungnya. Maka disumpahlah seluruh warga kampung menjadi tiga buah batu yang bentuknya seperti rumah untuk berteduh. Batu itu kini dikenal dengan sebutan batu rumah serembou. Sementara kampung lokasi terjadinya sumpah tersebut saat ini merupakan daerah yang dikenal dengan nama desa Tanjung Botong. Dahulu, kampung ini dikenal sebagai daerah yang terisoler dari pembangunan, namun seiring pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah, kini kondisi desa ini sendiri saat ini sudah cukup maju dalam berbagai hal.

Bila Anda berniat ingin mengunjungi Rumah Batu Serombou, Anda perlu mencatat alamat lengkapnya. Rumah Batu Serombou terletak di daerah desa Serombou Indah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Lokasinya masuk lagi ke dalam dari jalan raya provinsi.

Di kawasan wisata rumah Rumah Batu Serombou ini, Anda akan mendapatkan pemandangan suasana alam yang masih asri. Selain itu, jika Anda ingin mengunjungi objek wisata lainnya, juga tak sebegitu jauh. Di Kecamatan Rambah Hilir, Desa Sejati, Anda juga bisa mengunjung makam raja-raja Rambah yang memiliki nilai sejarah di masa lalu. Jika Anda kurang puas, Anda masih bisa melanjutkan perjalanan wisata ke beberapa objek wisata alam lainnya yang ada di Rokan Hulu, seperti Taman Nasional Bukit Suligi, Sungai Bungo, Sungai Rokan Kiri, Benteng Tujuh Lapis, Pemandian Air Panas Pawan, Pemandian Air Panas Hapanasan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rumah Batu Serombou - Wisata Rokan Hulu

Cara Mengunjungi Lokasi Wisata Rumah Batu Serombou
Dari Pekanbaru, Anda bisa memulai perjalanan menuju ke Kecamatan Rambah Hilir, dengan waktu tempuh sekitar 4 jam lebih. Perjalanan dilakukan untuk menuju Desa Serombou Indah. Dari jalan raya, Anda bisa masuk ke jalan Jl. Simpang Karya Mulya, sekitar 12km ke dalam. Sampai di Langkitin terus saja, Anda melalui Jl. Poros Karya Mukti yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat di musim kemarau. Untuk musim hujan jalanan cukup becek dan sulit ditempuh dengan roda empat. Lokasi wisata ini umumnya diminati oleh para wisatawan yang mencari nilai-nilai sejarah dan budaya. Kurang cocok untuk wisata keluarga atau Anda yang ingin mencari hiburan lebih. Di sini Anda bisa melihat pemandangan yang asri sekaligus merenung dan menemukan banyak ide untuk sebuah tulisan.

Lokasi bebatuan unik ini juga bisa dijadikan sebagai spot berfoto yang unik dan memiliki nilai budaya bagi masyarakat setempat. Tida ada akomodasi untuk para pengunjung di sini sehingga Anda harus menyiapkan perbekalan sendiri semisal makanan dan minuman.

Foto :
User Google Local Guide : Ryan Hidayat

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Rokan Hulu ]