Pengertian dan Asal Usul Musik Melayu Ghazal

Pengertian dan Asal Usul Musik Melayu Ghazal Sang Nila Utama Pekanbaru

Musik Melayu Ghazal
RiauMagz.com - Musik melayu ghazal merupakan musik khas Melayu sejenis orkestra yang berkembang di daerah Kepulauan Riau, terutama Penyengat. Musik ini merupakan hasil akulturasi antara budaya melayu setempat dengan para pedagang asal Timur Tengah di Abad ke-18. Sehingga tak heran jika musik melayu Ghazal yang lahir sebagai budaya melayu sangat dipengaruhi dengan nilai-nilai Islam dari Timur Tengah. Musik ghazal di semenanjung Arab dikenal sebagai musik irama padang pasar yang dipengaruhi budaya India. Alunan musik yang mendayu-dayu dengan menggunakan alat-alat seperti biola, tabla, harmonium, gitar dengan suasana yang lebih melankolis. Sementara untuk musik melayu ghazal sendiri, telah dipadukan dengan syair dan pantun-pantun melayu yang lebih khas dan disesuaikan dengan budaya melayu sendiri. Nuansa melow yang sering muncul pada irama-irama melayu membuat kebudayaan Arab tersebut lebih mudah diserap di tanah melayu.

Musik melayu ghazal dapat melahirkan suasana rasa yang berbeda-beda bagi yang mendengarkannya. Hal tersebut tergantung pada permainan tempo yang dimainkan oleh para musisi pertunjukan tersebut. Terdapat beberapa tempo yang akan memberikan sentuhan suasana berbeda pada pendengar, diantaranya adalah jika ingin menunjukkan suasana gembira maka digunakan tempo cepat atau sedang, jika ingin menggambarkan suasana kesedihan, kerinduan dan sejenisnya maka digunakan tempo musik yang lebih lambat. Dengan begitu akan tercipta beragam suasana dari satu permainan musik melayu ghazal.

Beberapa jenis lagu yang sering dibawakan pada musik melayu ghazal diantaranya adalah soleram, gunung banang, sri mersing, sri kedah, sri tamiang, sri taman, pak ngah balik dan sebagainya. Lagu-lagu tersebut merupakan lagu ciptaan para ahli musik melayu ghazal. Ada pula jenis lagu yang diadopsi dari pantun-pantun melayu seperti pantun patah hati dan embun berderai. Pantun patah hati mengisahkan tentang perjalanan seseorang yang sedang merantu, lalu ia teringat kembali akan kampung halamannya, ia rindu untuk kembali pulang. Sementara untuk pantun Embun Berderai sendiri menceritakan tentang kisah hubungan rumah tangga yang akhirnya harus berakhir karena hal yang tidak diinginkan dan sebenarnya hati juga tak ingin berpisah dengan pasangan.

Patah Hati
Patah hati terus merajuk
Merajuk sampai ke belukar
Hati panas kembali sejuk
Ibarat burung kembali ke sangkar

Embun Berderai
Tiup api embun berderai
Patah halau di haluan perahu
Niat hati tak mau bercerai
Kuasa Allah siapa yang tahu

Pengertian dan Asal Usul Musik Melayu Ghazal Sang Nila Utama Pekanbaru

Alat-Alat Musik yang Digunakan pada Pertunjukan Musik Melayu Ghazal
Dalam pertunjukuan seni musik melayu ghazal, digunakan beberapa jenis alat musik yang cukup khas, diantaranya adalah:
  1. Syarenggi, merupakan jenis alat musik yang menyerupai tongkat kayu dan memiliki 3 tali. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek.
  2. Sitar, alat musik sitar mirip dengan gitar yang penggunaannya pun sama dengan alat musik gitar. Bentuknya lebih bundar di bagian bawah, dan pada bagian bawah pula terdapat pengait tali senar, fungsinya sebagai pengatur nada dasar. Cara memainkannya dengan dipetik.
  3. Harmonium, merupakan alat musik yang bentuknya seperti balok kotak dan terbuat dari kayu. Tuts nadanya hampir menyerupai piano. Cara memainkannya dengan menggunakan pompaan udara pada bagian tengah kotak.
  4. Tabla, merupakan alat musik pukul dengan bentuk bundar. Pada bagian atas yang dipukul, dibuat dari kulit yang dibalutkan dari atas hingga ke bawah. Tali jahitan tersebut digunakan sebagai pengatur tinggi rendahnya alunan nada. Caranya dengan mengencangkan atau mengendurkan tali tersebut.

Fungsi Musik Melayu Ghazal Bagi Masyarakat
Sebuah pertunjukan seni musik budaya biasamya memiliki beberapa fungsi bagi masyarakat terkait, demikian juga dengan musik melayu ghazal yang memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. Mengungkapkan emosi
    Seperti musik dan nyanyian pada umumnya, melalui alunan musik melayu ghazal, kita juga bisa mengungkapkan suasana emosi jiwa yang mungkin beragam. Ada sedih, bahagia, gejolak perasaan, kerinduan dan sebagainya. Melalui nyanyian dan musik tersebut bisa mengungkapkan berbagai suasana hati dan emosi, baik bagi yang menyanyikan maupun yang mendengarkan.
  2. Hiburan
    Musik juga memiliki fungsi hiburan. Musik melayu ghazal ini umumnya juga digunakan sebagai pertunjukan untuk kebutuhan hiburan acara-acara khalayak masyarakat setempat, diantaranya seperti acara pesta perkawinan, sunatan, akikah anak dan kegiatan-kegiatan resmi yang diadakan elemen masyarakat dan pemerintah.
  3. Sarana komunikasi
    Di dalam setiap syair atau bait-bait nyanyian yang disampaikan dalam musik melayu ghazal, tentulah memiliki pesan dan maksud yang ingin disampaikan kepada para penikmatnya. Pesan tersebut dapat diterima oleh para pendengar dengan cara yang lebih estetis sehingga masuk ke alam bawah sadar para pendengar.
  4. Suasana estetis
    Fungsi ini yang sering dibutuhkan orang dalam menikmati karya seni, meskipun akan subjektif pada tiap-tiap orang. Bagi masyarakat melayu sendiri, musik melayu ghazal memiliki fungsi keindahan yang bisa ditafsirkan dengan suasana batin para pendengarnya.

Pengertian dan Asal Usul Musik Melayu Ghazal Sang Nila Utama Pekanbaru

Di tengah sulitnya jenis-jenis musik budaya tradisional bertahan di masyarakat, musik melayu ghazal ini terbilang cukup hidup di masyarakat Kepulauan Riau, khususnya di daerah penyengat. Tokoh pengembang kesenian ini bernama Pak Lomak setidaknya berhasil membuat seni musik ini bertahan dan menjadi kesukaan masyarakat setempat. Ada beberapa hal yang bisa membuat seni musik tradisional ini bertahan di tengah budaya modern yang ada sekarang, diantaranya adalah:
  1. Masyarakat merespon dengan baik adanya musik melayu ghazal, hal ini disebabkan budaya ini memang terlahir dari kondisi masyarakat setempat dan bisa mewakili berbagai kebutuhan masyarakat akan nilai-nilai seni.
  2. Peralihan musik dari satu generasi ke generasi berikutnya berjalan baik, sehingga alat musik ini tetap dikenal oleh generasi muda dan tetap disukai. Pewarisan itulah yang sering gagal pada berbagai tradisi yang ada sekarang sehingga dikesankan bahwa tradisi musik tradisional ini hanya milik kaum tua karena tak dianggap modern.
  3. Publikasi dan penampilan seni musik melayu ghazal di daerah tersebut terbilang baik, sehingga semua generasi masyarakat tau akan musik tersebut. Dengan demikian, orang tidak berpikir bahwa pertunjukan tersebut merupakan hal kuno yang tak penting untuk dipelajari.

Nilai-Nilai dalam Musik Melayu Ghazal
Dalam pelaksanaannya di tengah masyarakat melayu, musik melayu ghazal sendiri memiliki beberapa nilai penting dalam kehidupan sehingga menjadi alasan mengapa tradisi ini harus terus dipertahankan. Diantara nilai tersebut adalah:
  1. Nilai edukasi, pesan-pesan yang disampaikan melalui lirik lagu dan pantun menjadi nilai edukasi tersendiri bagi masyarakat setempat yang sudah disesuaikan dengan tradisi budaya melayu.
  2. Nilai estetis, seperti seni pada umumnya, musik melayu ghazal memiliki nilai keindahan yang dirasakan oleh para pelaku maupun pendengarnya.
  3. Nilai tradisi, budaya atau tradisi masyarakat melayu terwujud nyata dalam pertunjukan seni musik melayu ghazal sehingga bisa dinikmati dengan lebih lekat.
  4. Nilai akulturasi, memadukan budaya timur tengah dan melayu menjadikan seni musik melayu ghazal memiliki kesan yang lebih khas, sekaligus mencerminkan nilai-nilai religi yang semakin kuat dari dua tradisi yang berbeda tersebut.

Pak Lomak merupakan salah seorang tokoh penting yang berjasa pada pengembangan dan pelestarian seni musik melayu ghazal. Ia telah membawa tradisi ini dari Arab, ke Johor hingga ke daerah Penyengat di Kepulauan Riau. Selain itu, Pak Lomak juga berupaya untuk memadukan alat musik dari musik ghazal yang asli dengan alat-alat musik yang ada di setiap negara, sehingga kesan musik baru yang tercipta akan lebih menggambarkan kebudayaan setempat. Selain itu, tujuannya juga agar seni musik ini bisa diterima di negara bersangkutan.

Video Musik Ghazal Melayu oleh Grup Musik Sang Nila Utama Pekanbaru Riau


[RiauMagz | Wisata Riau]