Panipahan, Kota Kecil di Atas Laut Rokan Hilir

wisata Panipahan, Kota Kecil di Atas Laut Rokan Hilir bagan siapi-api

Letak dan Kondisi Objek Wisata Panipahan, Rohil
Belum berkunjung ke Rohil jika belum sampai ke Panipahan. Panipahan merupakan kota kecil di atas permukaan laut yang dibangun sedemikian rupa sebagai ibu kota Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir. Ribuan rumah terbangun di atas permukaan laut dengan kayu-kayu penyangga yang kokoh meskipun usianya sudah mencapai puluhan tahun. Di kota kecil ini dihuni kurang lebih 20.000 jiwa yang umumnya bekerja sebagai nelayan. Suku yang mendiami kota ini cukup beragam, mulai dari Jawa, Batak, Tionghoa dan Melayu. Kerana keterbatasan kondisi jalan, di kota ini tidak ada kendaraan roda empat, masyarakat berlalu-lalang dengan kendaraan roda dua.

Menelusuri Panipahan sangat lah unik. Perumahan berdempetan dengan jalanan sempit dan hiruk pikuk kepadatan warga. Di kanan kiri jalan kita menemukan rumah-rumah, kedai hingga pasar-pasar yang menyajikan hasil-hasil laut yang segar. Di kota ini juga dibangung sekolah dari mulai SD hingga SMA yang juga berdiri di atas lautan. Setidaknya lebih dari 800 siswa yang ada di kota Panipahan.

wisata Panipahan, Kota Kecil di Atas Laut Rokan Hilir bagan siapi-api

Apa yang Bisa Anda Nikmati di Panipahan?
Sebelum sampai ke kota yang ada di tengah laut tersebut, pengunjung bisa menikmati suasana laut saat mengendarai speed boat. Suasana laut terbuka dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi akan menjadi petualangan para pengunjung sebelum sampai di Panipahan. Tiba di pelabuhan kecil, Anda harus menaiki tangga batu beberapa meter ke atas sebelum memasuki kawasan perkampungan yang lebih luas. Deretan rumah-rumah kayu yang padat, lapak-lapak pedagang seafood dan kedai-kedai kopi di tepian jalan menjadi pemandangan yang bisa Anda nikmati di kota kecil ini.

Bagi para pecinta seafood, Panipahan adalah syurganya. Selain harganya yang terbilang murah, seafood di sini juga masih segar dan terasa lebih manis. Mulai dari ikan, udang, kepiting, kerang dan aneka makanan laut lainnya bisa Anda nikmati sepuasnya di tempat ini. Berjalan sedikit ke arah tepian jalan, Anda bisa menikmati pemandangan laut dan panorama bahari yang luas dan menakjubkan.
Di tempat ini juga menjadi lokasi yang indah untuk berfoto. Perjalanan adventure Anda akan semakin lengkap jika bermalam di kota ini. Tak sama dengan kota lainnya, di sini Anda merasakan jamuan yang lebih istimewa karena selain wisata alam yang bisa dinikmati, juga wisata kuliner yang memanjakan perut. Di Panipahan terdapat sebuah tambak ikan yang terkenal untuk budidaya udang eko. Udang ini dieskpor ke luar negeri dan sebelumnya dijual ke daerah Tanjung Balai Karimun. Hal yang lebih istimewa, di kota ini juga telah memiliki akses telekomunikasi yang baik, sehingga saat berkunjung, Anda tak perlu takut kehilangan sinyal ponsel.

Cara Menuju ke Lokasi Panipahan, Rokan Hilir
Untuk bisa sampai ke kota Panipahan, Anda harus melakukan perjalanan darat dan laut. Dari Kota Pekanbaru, Anda harus melakukan perjalanan darat selama 6 hingga 7 jam perjalanan normal untuk sampai ke Kota Bagansiapi-api. Lalu selanjutnya, dari pelabuhan Anda harus mengarungi lautan selama 1,5 jam sebelum sampai ke pelabuhan yang ada di Panipahan. Selama di perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan laut lepas, pantai yang masih asri dan alami, tepian pantai yang ditumbuhi pepohonan dan sebagainya.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan ketersediaan kapal yang Anda gunakan untuk menyeberang ke Panipahan. Dalam sehari, hanya ada satu kapal keberangkatan dan satu kapal kedatangan. Artinya cukup sulit bagi Anda yang ingin pulang hari saat berkunjung ke kota di atas laut tersebut. Dan pastikan juga jadwal Anda pas dengan waktu keberangkatan kapal. Kapal tak bisa menunggu penumpang, akan tetap berjalan pada jam yang telah ditentukan.

Di daerah kepulauan yang kondisi transportasinya sulit dan mahal, biasanya harga barang-barang juga lebih mahal. Seperti sayur dan buah, pakaian dan hal-hal lain yang tersedia banyak di daratan biasanya harganya akan lebih mahal. Jadi sebaiknya Anda mempersiapkan perbekalan Anda sedemikian rupa sebelum sampai ke Panipahan. Nikmati wisata di kota unik tak terlupakan.

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Rohil ]