Lokasi Objek Wisata Batu Enam Bagan Siapiapi Rohil

Lokasi Objek Wisata Batu Enam Bagan Siapiapi Rohil

Lokasi Objek Wisata Batu Enam Bagan Siapiapi Rohil
Batu Enam yang tercantum dalam Peta Wisata Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) - Tourism Map of Rokan Hilir - Riau - Indonesia, merupakan salah satu lokasi wisata di Kabupaten Rokan Hilir yang banyak menarik minat pengunjung dari luar daerah. Berbeda dengan kawasan wisata lainnya, konsep penataan kota beserta bangunannya menjadi daya tarik tersendiri di lokasi tersebut.
Objek wisata batu enam dibangun di pinggiran Kota Bagansiapi-api sebagai ibu kota dari Kabupaten Rokan Hilir, atau lebih tepatnya di area bibir Sungai Rokan. Batu Enam dibangun dengan konsep menyerupai pembangunan pusat pemerintahan Putera Jaya di Malaysia. Konsep ini memadukan antara pusat pemerintahan, kawasan wisata dan kawasan bermain. Dengan penataan yang sedemikian rupa, saat ini bisa dikatakan Batu Enam menjadi kawasan water front city terbaik yang ada di Riau.

Keindahan Lokasi Wisata Batu Enam
Sepanjang kawasan bibir Sungai Rokan dibangun sarana-sarana wisata seperti kafe, aneka patung-patung binatang, taman bermain dan sebagainya. Dari kawasan ini juga kita bisa melihat hamparan Sungai Rokan yang cukup luas dengan pemandangan hutan rawa di belakang sungai. Jembatan Pedamaran yang megah juga bisa terlihat di lokasi wisata tersebut.

Beberapa patung dan tugu yang bisa Anda jadikan untuk spot berfoto di lokasi ini misalnya adalah patung tugu elang besar yang sedang mencengkram seekor ikan. Patung ini berdiri tegap di depan kantor Bupati Rokan Hilir yang dikenal sebagai kantor bupati termegah di Indonesia. Arsitekturnya berwarna putih dan megah berdiri. Ikan yang dicengkram oleh elang melambangkan kekayaan hasil laut dari negeri seribu kubah tersebut.

Lokasi Objek Wisata Batu Enam Bagan Siapiapi Rohil
www.PotretNews.com

Patung binatang lainnya yang juga menarik untuk dijadikan tempat lokasi bermain atau berfoto seperti patung buaya, patung harimau dan patung kijang. Sepanjang jalan kawasan wisata ini pun jalannya telah diperlebar dua arah, dengan pemandangan bangunan perkantoran di kanan kiri yang tertata apik.

Dari bibir sungai juga Anda kadang-kadang bisa melihat munculnya buaya muara di tengah Sungai Rokan. Sehingga tak heran jika dibangun patung buaya di tempat wisata ini sebagai perlambang buaya yang memang mendiami kawasan sungai.

Hal unik lainnya yang bisa Anda saksikan di kawasan wisata Batu Enam ini adalah, setiap bangunan perkantoran yang berdiri di kanan kiri jalan memiliki bentuk kubah di bagian atas bangunan. Jadi kubah di sini cukup banyak kita temukan, tidak hanya pada bangunan masjidnya. Itulah sebabnya Rokan Hilir dijuluki dengan sebutan negeri seribu kubah.

Karena lengkapnya fasilitas akomodasi dan wisata di Batu Enam, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga pada saat liburan. Suguhan kuliner seafood pun bisa dengan mudah Anda temukan di daerah ini. Sangat cocok dijadikan sebagai destinasi pertama saat Anda berkunjung ke Rokan Hilir.

Pada salah satu gedung yang berderet di kawasan Batu Enam ini, kita juga bisa menemukan bangunan museum Tionghoa dengan warna merah yang menyala. Bangunan ini melambangkan kehidupan warga Tionghoa yang sudah menyatu di daerah ini cukup lama, hingga dibangunlah sebuah museum di sana.

Namun demikian, seiring dengan perjalanan waktu dan usia dari lokasi wisata ini, fasilitas yang tersedia juga perlu ditingkatkan pengadaan dan penjagaannya. Seperti misalnya toilet, di kawasan ini masih terbilang agak sulit ditemukan dalam keadaan bersih. Para pengunjung biasanya harus mencari masjid lebih dulu untuk berbagai keperluan di toilet. Salah satu kelemahan kita dalam membangun objek wisata memang lemah dalam hal penjagaan fasilitasnya sehingga cepat rusak dan kotor.

Cara Menuju ke Lokasi Wisata Batu Enam, Rokan Hilir
Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Batu Enam, Anda harus menuju ke pusat kota Bagansiapi-api lebih dulu. Perjalanan dari Pekanbaru bisa memakan waktu sekitar 6 hingga 7 jam waktu perjalanan normal. Dengan menggunakan keendaraan travel atau kendaraan pribadi perjalanan bisa dilakukan menuju ibu kota kabupaten. Jarak dari Pekanbaru ke Bagansiapi-api berkisar 253km.
Setelah sampai di Bagansiapi-api, perjalanan bisa dilanjutkan ke kawasan Batu Enam, yakni sekitar 8 km dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan apa saja untuk sampai ke lokasi karena jalannya cukup bagus. Karena merupakan lokasi wisata kota yang terbuka, untuk masuk ke Batu Enam tentu Anda tak akan dipungut bayaran. Menikmati panorama kota Bagan dengan budaya Tionhoa yang sudah cukup kental akan menjadi suguhan pemandangan di sana-sini.


[ RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Rohil | Wisata Bagan Siapiapi ]