Laberzo Laman Bermain Zaman Old, Semangat Permainan Anak Negeri

Laberzo Laman Bermain Zaman Old, Semangat Permainan Anak Negeri

Laman Bermain Zaman Old atau yang sering disebut Laberzo merupakan komunitas anak-anak yang melaksanakan permainan di luar ruangan (halaman atau lapangan) seperti yang sering dilakukan oleh anak-anak zaman dahulu, yang dibimbing oleh para orang tuanya. Komunitas ini dimulai sekitar setahun lalu yang digerakkan oleh ibu Embung Megasari bersama anaknya dan teman-teman.

Dari satu anak, dua anak dan seterusnya berkembang makin ramai diikuti dengan orang-orang tua yang peduli akan perkembangan anak-anaknya. Jumlah permainan pun makin berkembang dari awalnya main congklak, bola bekel, sampai permainan anak-anak yang lain seperti lompat tali, yeye, eggrang, telepon kaleng, tarik upih pinang, sepak bulu ayam, lempar kaleng, cakbur, lulu china buta, tam-tam buku dan permainan-permainan yang lainnya.

Menurut Laberzo bahwa bermain di alam terbuka di luar ruangan baik itu di halaman maupun tanah lapang akan mendidik anak lebih bersikap positif, teliti melihat dunia, belajar mengambil keputusan, berkelompok, menciptakan rasa kebersamaan, selain itu melatih perkembangan motorik anak-anak.

Laberzo Laman Bermain Zaman Old, Semangat Permainan Anak Negeri

Bermain Tanpa Gadget
Tiak sepenuhnya gadget dan internet menjadi musuh yang harus dihindari, tetapi lebih kepada mengurangi pemakaian yang berlebihan yang membuat anak mager alias malas bergerak. Imajinasi yang ditimbulkan dari gadget kadang tidak terarah apalagi konten-konten yang tersedia sangat beragam dan perlu pengawasan sangat ketat jika digunakan oleh anak-anak.

Para orang-orang tua mulai cemas dengan pemakaian gadget pada anak-anak. Nilai kebersamaan dengan keluarga bahkan bisa hilang karena anak sibuk dengan gadgetnya. Orang-orang tua yang telah terlanjur membelikan gadget kepada anaknya semakin cemas dengan perkembangan yang tidak terkontrol.

Berangkat dari hal itulah, para orang tua mulai mengarahkan anaknya untuk bermain di luar ruangan tanpa gadget. Para orang tua semakin sadar ketika mereka dahulu bermain di halaman bersama teman-teman, mereka (para orang tua) kini dapat merasakan manfaat positif dari permainan anak-anak yang mereka mainkan dahulu. Hal ini akan diturunkan kepada anak-anaknya untuk bermain di luar ruangan.

Rusak Psikis vs Rusak Fisik
Para orang tua mulai menyadari bahwa rusak fisik dalam hal ini berarti luka atau lecet sedikit ketika melaksanakan permainan anak-anak lebih dapat dimaklumi daripada rusak psikis dimana anak-anak tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan. Yang sangat dicemaskan adalah rusak psikis itu dialami sampai tua. Tentu hal ini tidak diinginkan para orang tua yang ingin anaknya bertumbuh kembang dengan sehat.

Anak-anak dahulu sudah biasa jika lututnya lecet, tangannya luka, keningnya ada calar tetapi mereka tertawa dalam kebahagiaan ketika melaksanakan permainan anak-anak bersama teman-temannya. Keadaan luka, lecet, calar atau lainnya memang tidak diharapkan dan tentu saja diarahkan untuk bermain hati-hati dan tidak ceroboh.

Laberzo Laman Bermain Zaman Old, Semangat Permainan Anak Negeri

Bermain di Laman
Permainan anak-anak dahulu lebih mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan perkembangan motorik. Berkeringat dan sedikit bau masam akan lumrah karena mereka bergerak terus dalam melaksanakan permainan itu. Selain itu juga mengembangkan fokus atau konsentrasi dalam keseimbangan panca indera.

Banyak hal-hal positif yang telah dijelaskan para ahli dan tentu saja semakin dipahami para orang tua. Laberzo memberi wadah kebersamaan untuk menumbuh-kembangkan anak-anak menjadi manusia yang sehat dan cerdas.

Selain dirumah masing-masing, Laberzo biasanya berkumpul di Car Free Day Pekanbaru di seputaran Jalan Gadjah Mada. Peralatan permainan dapat dibawa sendiri atau memainkan peralatan yang ada di lokasi tersebut. Bahkan para pengunjung CFD juga terkadang ikut bermain bersama, menambah keceriaan bagi anak-anak.

Dengan mengenal permainan zaman old ini, sangat diharapkan dapat memberikan alternatif bagi anak-anak untuk memilih permainan lainnya tanpa menggunakan telepon pintar secara berlebihan.

Salam Cerdas Semangat Anak Negeri.

Untuk melihat beberapa video Laberzo silahkan kunjungi channel youtube Permainan Anak-anak Laman Bermain

Laman Bermain di Pekan Rantau Melayu 2018


[ RiauMagz | Wisata Riau | Permainan anak-anak ]