Jembatan Pedamaran Rokan Hilir

Jembatan Pedamaran Rokan Hilir

Jembatan Pedamaran Rokan Hilir
RiauMagz.com - Rokan Hilir secara geografis dipengaruhi 17 aliran sungai yang ada di kabupaten tersebut. Beberapa kecamatan dipisahkan dengan perairan yang membuat transportasi dan perkembangan pembangunan daerah setempat terhambat. Sebuah solusi pembangunan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan diresmikannya penggunaan jembatan kembar Pedamaran pada tahun 2016 yang lalu. Jembatan ini bukan hanya bernilai secara geografis namun juga memberi peluang pengelolaan pariwisata yang lebih strategis terhadap daerah terkait.

Jembatan Pedamaran terletak di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir. Jembatan ini terdiri dari Jembatan Pedamaran 1 dan Jembatan Pedamaran 2. Terbentang kokoh di atas Sungai Rokan, menghubungkan Kecamatan Bangko dan dua kecamatan lain yakni Pedamaran dan Pekaitan. Sekilas hampir mirip dengan jembatan siak di Kabupaten Siak yang terbentang panjang dengan warna kuning serta hiasan lampu hias di kanan kirinya.

Jembatan Pedamaran 1 memiliki panjang 1.020,80 m dan lebar 12 meter. Terdiri dari 2 jalur dengan masing-masing lebar 4 meter. Struktur jembatan ini terdiri dari 3 bagian yakni, cable stay, Concrete box girder dan Slab on pile pada oprit. Sedangkan untuk Jembatan Pedamaran 2, memiliki panjang 1.410 meter dan lebar 12 meter. Terdiri dari 2 jalur dengan masing-masing lebarnya 3,5 meter. Struktur bangunannya sama dengan Pedamaran 1 yakni cable stay, Concrete box girder dan Slab on pile pada oprit.

Jembatan yang pembangunannya menghabiskan anggaran sebesar 500 milyar tersebut kini menjadi salah satu lokasi wisata favorit masyarakat Rokan Hilir. Berdiri dan santai di tepi jembatan pada petang hari sambil menikmati angin yang berhembus dengan pemandangan sungai di bawahnya menjadi hobi baru para wisatawan di tempat ini. Pasangan muda-mudi banyak yang duduk bersantai di atas motor sambil berfoto menikmati petang harinya di jembatan tersebut. Hampir sama dengan kawasan jembatan di Siak, pada hari libur biasanya tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Spot berfoto yang menarik dari jembatan ini adalah pada bagian tengan jembatan di mana dengan pengambilan gambar repetisi atau sepertiga bisa memunculkan pilar menjulang yang megah dari jembatan ini. Mengambil posisi di tengah jalan juga menjadi spot yang bagus. Tunggulah sampai lalu lintas agak sepi untuk memastikan Anda bisa mendapat pengambilan gambar yang terbaik.
Saat mengunjungi Rokan Hilir, Anda bisa menjadikan destinasi jembatan ini sebagai lokasi tujuan sambilan karena di sini tentunya yang paling penting bagi Anda adalah mendapatkan gambar terbaik dengan background yang terbaik.

Meskipun pembangunan jembatan ini dibuat dengan arsitektur yang megah sedemikian rupa, namun yang paling penting adalah penjagaan dari masyarakat setempat akan segala fasilitas yang ada. Beberapa waktu lalu fasilitas-fasilitas tertentu dari jembatan ini sempat dicuri oleh oknum tak bertanggung jawab dan menyebabkan kerusakan beberapa bagiannya. Hal-hal seperti inilah yang akan merusak pembangunan sendiri. Ditambah lagi berita tak mengenakkan dari pembangunan jembatan ini yang menyisakan kasus korupsi di pengadilan dan melibatkan pejabat setempat. Masyarakat perlu menyadari hal ini dan merawat fasilitas wisatanya sendiri untuk kebaikan dan keamanan bangunan tersebut.

Cara Menuju ke Lokasi Jembatan Pedamaran, Rokan Hilir
Untuk sampai ke Kecamatan Bangko, Rokan Hilir Riau, Anda bisa menempuh perjalanan darat dari Kota Pekanbaru menggunakan kendaraan roda empat. Bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan rental atau travel umum rute Pekanbaru-Bagansiapiapi. Lama perjalanan normal selama 7 hingga 8 jam. Jembatan kembar Pedamaran bisa Anda kunjungi sambil melintas menuju ke tempat wisata lainnya. Di sini Anda cukup berfoto dan menyaksikan luasnya sungai Rokan di bagian bawah jembatan. Anda juga bisa mengambil foto sungai Rokan, kemegahan jembatan dari dekat secara langsung. Banyak juga yang menjadikan jembatan ini sebagai lokasi selfie untuk diunggah ke sosial media yang dimiliki.

Untuk para pelajar dan peneliti juga bisa melihat bagaimana kualitas struktur bangunan jembatan tersebut. Bahkan untuk Anda yang suka dengan hal-hal unik, bisa menjadikan jembatan ini sebagai lokasi ngevlog, syuting video klip atau film pendek. Dengan latar budaya Rokan Hilir yang kuat akan menjadi sebuah tayangan budaya yang cukup menarik. Siapkan kamera terbaik Anda sebelum mengunjungi Jembatan Pedamaran.


[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Rokan Hilir ]