Balai Kerapatan Tinggi Siak

Wisata Sejarah Balai Kerapatan Tinggi Siak

Wisata Sejarah Balai Kerapatan Tinggi Siak
Sebuah bangunan bersejarah di Kota Siak yang juga letaknya tak jauh dari komplek wisata Istana Siak adalah Balai Kerapatan Tinggi Siak. Lokasinya tak jauh dari masjid Syahabudin, sekitar 50 meter saja ke arah barat. Bangunan ini usianya sudah ratusan tahun, dan menjadi salah satu bukti sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura yang masih tetap utuh hingga saat ini.

Balai Kerapatan Tinggi dibangun menggunakan Indische Empire Style atau Neo klasik ini dibangun pada tahun 1886 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasim. Pembangunannya dilakukan secara gotong royong oleh suku-suku setempat diantaranya Datuk Suku Kampar, Datuk Suku Lima Puluh, Datuk Suku Pesisir, Datuk Suku Tanah Datar dan sebagainya.

Balai Kerapatan Tinggi Siak dahulunya digunakan sebagai tempat penobatan sultan, tempat musyawarah para pembesar kerajaan, tempat pengadilan hingga digunakan untuk menjamu tamu-tamu kerajaan. Arsitektur bangunan Balai Kerapatan Tinggi Siak dikenal dengan sebutan “Sangkar Burung Srindit” dengan banguan seluas 30,8 x 30,2 m. Bangunan ini terdiri dua lantai, pada lantai atas terdiri dari 3 ruangan dan lantai bawah pun 3 ruangan. Bagian atas merupakan ruang persidangan dan ruang tunggu bagi masyarakat yang akan menjalani persidangan. Sementara di lantai bawah merupakan ruangan kantor bagi Tuan Kadi Kerajaan.

Bila Anda berlayar di Sungai Siak, maka bangunan Balai Kerapatan Tinggi Siak terlihat tinggi menjulang di tepian sungai. Dan bila Anda dari kawasan balai kerapatan, Anda bisa menyaksikan pemandangan sungai Siak yang cukup eksotis. Kawasan ini merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam Riau maupun luar Riau. Bukti-bukti sejarah Kerajaan Siak yang mendunia tersimpan rapi di tempat ini dan banyak dijadikan sebagai wisata sejarah.

Bagi para pengunjung, hal paling memungkinkan dilakukan di tempat ini selain mencari bukti informasi sejarah tentang kerajaan, juga berfoto di ruangan-ruangan bersejarah. Lelah berfoto Anda bisa keluar balai dan menyaksikan pemandangan sungai Siak di bawah pohon-pohon yang ada di tepian sungai. Di kawasan ini juga Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang disuguhkan untuk para wisatawan. Anda bisa berkunjung bersama keluarga ke tempat ini, dan sekaligus bisa mengunjungi beberapa bukti wisata sejarah yang ada di komplek kawasan istana.

Seiring dengan usia bangunan yang semakin tua, kondisi dinding-dinding bangunan sebagian terlihat mulai keropos. Pemugaran bangunan menjadi tanggung jawab dinas pariwisata setempat untuk menjaga dan melestarikan tempat-tempat bersejarah di daerah ini. Pada saat hari libur, kawasan komplek wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Orang banyak berkunjung ke Siak karena kota ini dikenal dengan kebersihan kotanya, banyaknya bangunan megah, jalanan yang luas dan bagus. Hal tersebut mendukung tingkat keinginan para pengunjung untuk datang langsung melihat bukti-bukti sejarah yang ada di sana. Anda pun bisa merencanakan kunjungan ke Siak untuk liburan.

Bila Anda ingin puas menikmati suasana, berkunjung lah di hari kerja. Anda bisa berfoto sepuasnya dan bertanya banyak hal pada petugas setempat.

Cara Menuju ke Lokasi Balai Kerapatan Tinggi Siak
Akses menuju ke lokasi Balai Kerapatan Tinggi Siak cukup mudah karena bisa ditempuh dengan jalur darat. Hampir sama dengan rute saat Anda berkunjung ke Istana Siak. Dari Kota Pekanbaru, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua dengan lama perjalanan 2 hingga 3 jam perjalanan. Bila Anda tak memiliki kendaraan pribadi, Anda pun bisa menggunakan travel ke Bengkalis yang melewati Kabupaten Siak, atau travel khusus rute Siak-Pekanbaru, Pekanbaru-Siak. Kisaran ongkos sekitar 100ribuan dan Anda cukup mengatakan tujuan ke kawasan Istana Siak. Di sini Anda bisa menemukan berbagai lokasi wisata yang berdekatan, mulai dari Balai Kerapatan Tinggi, istana, masjid dan makam raja-raja.

Berwisata ke Siak cukup nyaman. Akomodasi dan makanan tersedia cukup lengkap di tempat ini. Anda bisa menginap di hotel lalu pergi berkunjung ke kawasan istana untuk menikmati berbagai suasana. Selain berfoto dan mendapatkan informasi data, hal yang banyak dilakukan orang di kawasan wisata ini adalah duduk santai menikmati kuliner di pinggiran Sungai Siak.

Silahkan lihat : Istana Kerajaan Siak Sri Indrapura

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Siak ]