5 Wisata Air yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Riau

RiauMagz.com - Riau merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Sumatera memiliki setidaknya 12 kabupaten/kota. Diantaranya adalah Bengkalis, InHi, InHu, Kampar, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Dumai dan Pekanbaru. Sebagai kota yang dikenal sebagai penghasil minyak terbesar di Indonesia ternyata Riau juga memiliki panorama alam yang tidak kalah dengan provinsi lain.

Meskipun tidak seterkenal provinsi lain namun pemerintah Riau terus berupaya untuk memajukan sector pariwisata dengan membuka lokasi wisata yang masih belum terjamah untuk diketahui public. Jika baru-baru ini public dihebohkan dengan adanya lokasi wisata baru yaitu Ulu Kasok yang katanya mirip Raja Ampat KW sebenarnya Riau masih memiliki beberapa lokasi wisata lain yang tidak kalah kerennya dari Ulu Kasok.

Beberapa objek wisata ini mungkin sudah pernah Anda dengar namun belum pernah dikunjungi. So, jika ingin tahu lebih dalam inilah 5 wisata air yang wajib dikunjungi saat berada di Riau.

  1. Wisata Air Panas Hapanasan Rokan Hulu
    Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau memiliki dua sumber air panas yang dijadikan sebagai lokasi objek wisata unggulan. Salah satunya adalah lokasi wisata Air Panas Hapanasan. Lokasi wisata air panas Hapanasan ini terletak di Kawasan Wisata Gunong Bonsu, Kecamatan Rambah, atau berjarak sekitar 9 km dari pusat Kota Pasir Pangarayan.

    Lokasi wisata Air Panas Hapanasan memiliki sumber air panas sebagai pos vulkanis. Suhu air panas yang tersedia di lokasi wisata ini juga cukup bervariasi, mulai dari 56 derajat celcius hingga 60 derajat celcius. Objek wisata seluas 8 hektar tersebut memadukan beberapa konsep wisata yang bisa dikunjungi banyak orang. Objek wisata ini cocok dikunjungi selain sebagai sarana rekreasi keluarga, juga kaya akan keragaman hayati, sebagai terapi kesehatan dan wisata olah raga.

    5 Wisata Air yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Riau

  2. Air Terjun Aek Martua Rokan Hulu
    Air terjun Aek Mertua merupakan salah satu objek wisata unggulan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Terletak di pegunungan Bukit Barisan lokasi air terjun Aek Mertua berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Lokasinya berada di kawasan Tanaman Hutan Raya (Tahura) yang masih dilindungi dan memiliki keanekaragaman hayati yang cukup kaya di daerah tersebut.

    Nama aek mertua diambil dari bahasa Batak Mandailing sebab di sepanjang kawasan air terjun ini lebih banyak dihuni oleh masyarakat bersuku Batak Mandailing, sehingga tak heran jika nama yang dipakai juga menggunakan bahasa batak. Aek mertua artinya air yang bertuah. Diharapkan air terjun yang memiliki tujuh tingkat ini dapat terus bermanfaat bagi penduduk sekitar.
    5 Wisata Air yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Riau

  3. Air Terjun Batang Kapas
    Air Terjun Batang Kapas yang terletak di Desa Lubuk Bigau Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar – Riau. Lokasi wisata ini masih sangat asri karena dijaga oleh warga setempat dan jika dilihat dari berbagai sudut akan menghasilkan pemandangan menakjubkan. Pepohonan di sekitarnya yang masih terjaga oleh masyarakat Desa Lubuk Bigau.

    Dasar air terjun memiliki bebatuan serta aliran sungai setelah air terjun yang dingin dapat memuaskan mata memandang. Belum lagi suara air yang mengalir diantara rongga-rongga bebatuan terasa indah didengar serta menenangkan. Disini Anda juga akan dapat melihat biasan matahari sore ketika terbenam. Memandang setengah dari jatuhnya air dari air terjun seakan-akan air tersebut jatuh dari pepohonan atau malah kadang terlihat seperti jatuh dari langit-langit tebing.

    5 Wisata Air yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Riau

  4. Wisata Ombak Bono Sungai Kampar
    Kebanyakan orang mungkin berfikir bahwa berselancar hanya dapat dilakukan dipantai saat air laut pasang. Namun Provinsi Riau memiliki satu fenomena alam yang sangat menarik bagi banyak khalayak ramai, khususnya wisatawan yang hobi berselancar yaitu Ombak Bono Sungai Kampar. Sungai Kampar adalah salah satu diantara 4 sungai besar di Riau yang memiliki keunikan tersendiri yaitu jika air laut pasang naik, maka Sungai Kampar akan berombak yang bergulung-gulung mulai dari muara sungai terus ke dalam sampai sejauh 68 kilometer.

    Ombak Bono ini umumnya muncul di waktu siang hari sekitar jam 10.00 WIB ketika malamnya terjadi bulan purnama apalagi jika terjadi hujan di hulu sungai. Jika saatnya tepat, maka ombak terpanjang ini akan bergulung-gulung sejauh 40 kilometer lebih dari total panjang 68 kilometer atau 42 mil) dari bentuk sungai yang lurus dari muara sungai Kampar sampai daerah tikungan sekitar Teluk Rimba Piatu sebelum akhirnya mencapai Desa Teluk Meranti.

    5 Wisata Air yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Riau


  5. Wisata Danau Kualo Mudo Duri Bengkalis
    Salah satu wahana wisata keluarga yang cukup menarik untuk dikunjungi di daerah Kabupaten Bengkalis adalah objek wisata Danau Kualo Mudo. Sebuah kompleks aneka wahana permainan yang dilengkapi danau kecil dengan air yang jernih. Danau Kualo Mudo terletak di Jalan Lintas Duri-Dumai, km 6, Desa Balai Makam, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis-Riau. Objek wisata ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada hari-hari libur.

    Danau ini merupakan danau buatan yang dijadikan sebagai objek wisata bagi masyarakat sekitar. Ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati seperti wahana air, flying fox, lokasi yang aman untuk berenang sampai wahana untuk outbond. Pihak pengelola juga menyediakan tim keamanan untuk menjaga serta mengawasi pengunjung agar tetap aman.

    5 Wisata Air yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Riau


Jika Anda berasal dari luar kota dan ingin menikmati objek wisata di Riau ini Anda bisa memesan tiket pesawat lewat aplikasi JD.id. Di JD Flight, Anda dapat menemukan promo tiket pesawat murah setiap saat. Selain itu jika ingin menginap Anda juga bisa langsung memesan lewat menu JD Hotel untuk menemukan hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai aplikasi penyedia tiket pesawat dan hotel JD.id selalu mencari tiket pesawat dengan harga kompetitif yang tentunya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kini Anda dapat dengan mudah pesan tiket pesawat lewat JD.id dan mewujudkan liburan impian bersama orang terkasih.


Theme Song Ombak Bono Sungai Kampar

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

Pesan Tiket Pesawat

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Air Riau ]