Kue Bolu Kemojo oleh-oleh Khas Pekanbaru

resep Kue Bolu Kemojo oleh-oleh Khas Pekanbaru

Kue Bolu Kemojo menjadi salah satu makanan ciri khas Pekanbaru. Walaupun sebenarnya kue ini dapat ditemukan di hampir semua daerah di Propinsi Riau dengan citarasa yang berbeda-beda pula, karena resep Kue Bolu Kemojo ini cukup sederhana. Tetapi karena Kota Pekanbaru menjadi gerbang masuk pengunjung, maka kue ini menjadi lebih populer sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru dan dijual di gerai-gerai di kota maupun di bandara.

Sesuai dialek melayu, maka penyebutan kue ini pun jadi berbeda misalnya kemojo, komojo, maupun kemoje (dengan huruf 'e' dibaca lemah). Rasa asli (original) kue Bolu Kemojo ini adalah rasa pandan dengan warna kue hijau. Kue ini kemudian dikembangkan dengan rasa lainnya seperti kue Bolu Kemojo rasa durian yang berwarna kuning.

Resep Kue Bolu Kemojo Rasa Original Pandan

Santan 3 gelas ditambah perasan air pandan
Margarin 250 gram yang dicairkan
Telur ayam 7 butir
Tepung terigu 400 gram
Gula 300 gram
garam 1/2 sendok teh
Vanili secukupnya

Cara Membuat Adonan Kue Bolu Kemojo

Aduk telur dan gula hingga sedikit mengembang, lalu campurkan bahan-bahan lainnya yaitu tepung, santan yang telah diberi perasan daun pandan, margarin cair, garam dan vanili. Aduk hingga rata adonan rata.

resep Kue Bolu Kemojo oleh-oleh Khas Pekanbaru

Cara Memasak Kue Bolu Kemojo

Panaskan cetakan Kue Bolu Kemojo, sebaiknya menggunakan arang yang akan menghasilkan cita rasa lain jika dibandingkan di panggang dengan menggunakan oven gas. Masukkan adonan dari resep Kue Bolu Kemojo tersebut ke dalam cetakan. Cetakan ini dipanggang menggunakan bara arang di bawah maupun di atas cetakan. Penggunaan bara arang ini walaupun sedikit susah dan adanya percikan bara tetapi karena ini masakan tradisional, hal ini menjadi suatu hal yang istimewa dengan rasa dan bau yang lebih nikmat. Untuk penjualan massal, biasanya penjual menggunakan oven gas sehingga bisa menghasilkan kue Bolu Kemojo dengan cepat dan banyak.


Resep Kue Bolu Kemojo Rasa Durian

Untuk membuat Kue Bolu Kemojo rasa durian, yang dilakukan adalah mengganti pandan dengan durian yang telah dihaluskan. Pilihlah durian yang matang dan telah berbau harum agar menghasilkan kue yang bercita rasa enak. Bahan lain, cara mengadon dan cara memasaknya sama seperti di atas.

Silahkan baca juga 26 Lokasi Bersejarah di Kota Pekanbaru - Wisata Pekanbaru

Masih belum pasti mau kemana saja di Pekanbaru atau pengen tahu ada apa di Pekanbaru? Silahkan baca artikel kami Peta Wisata Kota Pekanbaru - Tourism Map of Pekanbaru City - Riau - Indonesia.

[RiauMagz | Kuliner Pekanbaru | Kue Khas Pekanbaru | Resep Kue Bolu Kemojo]