Komunitas Pekanbaru Heritage Walk

Pekanbaru Heritage Walk PHW Komunitas kegiatan gerakan sosial

Pekanbaru Heritage Walk; Sebagai Kegiatan, Komunitas dan Gerakan
Pekanbaru Heritage Walk yang lebih banyak disebut sebagai PHW, pada awalnya adalah nama bagi kegiatan yang diselenggarakan pada 11 Maret 2017, kegiatan tersebut mengajak orang untuk lebih mengenal kawasan lama bersejarah di Pekanbaru. Atas sambutan luar biasa dengan kegiatan ini, maka kemudian Pekanbaru Heritage Walk juga dikenal sebagai nama bagi sebuah komunitas, sekaligus juga gerakan yang konsentrasinya adalah memajukan kawasan lama Pekanbaru dengan mimpi mewujudkan sudut-sudut kawasan lama ini menjadi cultural center baru, secara aktif menyebarkan campaignnya pada Januari 2018, dengan mengajak lebih banyak pihak dan komunitas lain untuk berkolaborasi dan mewujudkan karyanya di tempat ini.

Sebagai gerakan yang memilih tourism sebagai pendekatan, Pekanbaru Heritage Walk lebih menempatkan diri sebagai medium, penghubung bagi siapa saja yang ingin menjadikan Pekanbaru menjadi kota yang lebih baik. Karenanya, Pekanbaru Heritage Walk juga memberikan perhatian lebih bagi society development, menyelenggarakan berbagai sharing class dan mewujudkan mimpi bersama melalui jalan donasi.

Pekanbaru Heritage Walk Mewujudkan Mimpi Besar, Bersama!
Volunteering, menjadi relawan sejatinya adalah tentang mengambil bagian dan peran bagi sebuah pekerjaan yang selama ini mungkin terlalu besar untuk dikerjakan sendiri. Pekanbaru Heritage Walk, melalui konsep volunteering mengharapkan lebih banyak orang muda yang bergabung dan mengambil peranannya; Terlibat langsung mengenalkan khazanah kawasan lama Pekanbaru, berperan aktif dalam society development, belajar hal-hal baru, menyebarkan semangat positif dan menghubungkan lebih banyak lagi orang untuk berkarya dan berkolaborasi demi kemajuan Kota Pekanbaru.

Atas dedikasi tinggi yang disumbangkan, tak ada imbalan paling manis yang dapat dijanjikan selain kesempatan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari pengalaman bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru, ilmu serta wawasan, menjadi bagian dari sebuah perubahan, dan bersenang-senang.

Kuat kita strong, together kita bersama.

Pekanbaru Heritage Walk; Man Behind The Gun
Meski secara organisasi Pekanbaru Heritage Walk tidak memiliki struktur yang mengikat, secara garis besar pembagian kerja team dilakukan berdasar latar belakang dan keahlian masing masing personil.

Iwan Syawal / Oom Iwan / @iwansyawal
Senior Tour Guide, Public Relations
Pekanbaru Heritage Walk PHW Komunitas kegiatan gerakan sosial
Oom Iwan adalah seorang tour guide profesional yang sangat mengenal kawasan kota lama Pekanbaru dan yakin bahwa kawasan tersebut memiliki potensi besar untuk terus berkembang, bersama rekan-rekan yang dirasa memiliki semangat yang sama, beliau menginisiasi kegiatan Pekanbaru Heritage Walk.

Bayu Amde Winata / Bangbay / @bayuamdewinata
Travel Photographer & Mobile Journalist Eksekutor
Pekanbaru Heritage Walk PHW Komunitas kegiatan gerakan sosial
Selain serius dengan karirnya sebagai fotografer, Bayu Amde Winata di mata rekan-rekannya adalah sosok yang senantiasa optimis dan selalu hadir sebagai penyulut untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan yang seringkali bersifat spontan, minatnya yang besar terhadap sejarah, membuatnya mencurahkan banyak waktu demi kemajuan Pekanbaru Heritage Walk.

Riski Ramadani / Dani / @dannycted
Graphic & Concept Designer, Editor
Pekanbaru Heritage Walk PHW Komunitas kegiatan gerakan sosial
Selalu tergugah untuk mengambil bagian pada kegiatan-kegiatan yang mengusahakan perubahan, dalam Pekanbaru Heritage Walk, secara khusus Dani menyiapkan keperluan visual bagi campaign dan inisiasi berbagai kegiatan dalam Pekanbaru Heritage Walk, menerapkan pengetahuannya akan branding, dan sesekali melakukan analisa bagi evaluasi bersama.

Mike Agnesia / Mike / @mikeagnesia
PNS & Backpakcer, Public Relations, Concept Inisiator
Pekanbaru Heritage Walk PHW Komunitas kegiatan gerakan sosial
Powerful dan memiliki banyak teman adalah kata kunci dan kesan pertama bertemu Mike, perannya yang besar dalam menghubungkan banyak orang, membuka banyak kemungkinan baru, menimbulkan optimisme untuk melakukan hal besar, dan semakin menegaskan peran Pekanbaru Heritage Walk sebagai medium bagi siapa saja yang ingin berkarya atau berusaha mewujudkan kemajuan bagi kota.

Yulimaswati Nst / Butet / @yulimaswati12
Tour Guide Traffic and Financial
Pekanbaru Heritage Walk PHW Komunitas kegiatan gerakan sosial
Perempuan ramah bernama Yuli atau yang akrab disapa Butet ini awalnya menjadikan kepariwisataan sebagai hobby, Ialu kemudian ikut serius tergabung dalam gerakan Pekanbaru Heritage Walk, sebagai warga yang mendiami kawasan lama Pekanbaru ini, Butet secara aktif menjadi komunikator bagi warga lain di sekitarnya untuk ikut mendukung Pekanbaru Heritage Walk.

Kegiatan Pekanbaru Heritage Walk PHW
Kegiatan Pekanbaru Heritage Walking Tour yaitu tur jalan kaki menyusuri lokasi bersejarah Kota Pekanbaru yang berada di Kampung Bandar Senapelan, seperti Rumah Singgah Sultan Siak, Halte dan Terminal Lama Pekanbaru, Pelabuhan dan Aktivitas Bongkar Muat Barang, Rumah Tenun Kampung Bandar, Rumah Melayu Tempo Dulu, Kota Tua Pekanbaru, Tugu Nol Kilometer, Rumah Syahbandar, Istana Hinggap, dan sekitarnya.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar jalan-jalan, tetapi lebih memberi pengalaman baru dan pengembangan wawasan mengenai tempat-tempat bersejarah di Kampung Bandar yang menjadi cikal bakal Kota Pekanbaru. Walaupun masih banyak tempat bersejarah di Kota Pekanbaru lainnya, sebagian telah tercatat dalam artikel kami berjudul : 26 Lokasi Bersejarah di Kota Pekanbaru - Wisata Pekanbaru. Selain itu, dengan mengenal sejarah Kota Pekanbaru dan melestarikan budayanya, maka perekonomian masyarakat akan maju berkembang. Itu yang diharapkan oleh Komunitas Pekanbaru Heritage Walk.


[ RiauMagz | Wisata Riau | Profil Pekanbaru Heritage Walk PHW ]