Kalender Even Kota Pekanbaru Sepanjang Tahun

Kalender Even Kota Pekanbaru Sepanjang Tahun

Berbicara tentang "Pekanbaru" yang merupakan "BandarayaMelayu", mungkin ada yang bertanya "Ada apa di Pekanbaru" jika di ajak "Yok ke Pekanbaru". Ini jawabannya.

Kalender Even Kota Pekanbaru Sepanjang Tahun 2018
Pekanbaru bukanlah kota yang baru lagi. Secara resmi tercatat umurnya sudah 224 tahun di 2018 ini (ulang tahun Pekanbaru tanggal 23 Juni) dan terus menggeliat menuju kota Metropolitan. Sesuai dengan pertumbuhan penduduk yang berarti bertambah banyak pemikiran-pemikiran dari masyarakatnya untuk terus bergerak. Pemikiran-pemikiran itu kemudian dituangkan dalam banyak kegiatan-kegiatan atau even-even. Baik di bidang ekonomi, seni, budaya, sejarah maupun wisata serta tentu saja kegiatan-kegiatan keagamaan sebagai ciri khas Kota Pekanbaru dengan beragam suku bangsa yang mendiaminya.

Kapan sih ada kegiatan di Kota Pekanbaru ini?
Sepanjang tahun 2018 sudah direncanakan berbagai even wisata dan budaya menarik yang bisa dinikmati masyarakat. Sayangnya tak banyak warga Pekanbaru yang mengetahui kalender kegiatan di kotanya. Sehingga ketika ada kegiatan, seringkali tak banyak pengunjung. Publikasi kalender ini penting diketahui banyak orang agar masyarakat tahu kotanya tak diam dan terus menaja kegiatan wisata dan budaya untuk mengundang wisatawan. Untuk lebih jelasnya berikut ini acara-acara yang direncanakan digelar sepanjang tahun 2018:

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan Februari
Sepanjang bulan Februari, ada 2 agenda yang telah ditaja di tingkat Kota Pekanbaru, yakni:
  1. Muskomwil I Apeksi Regional Sumatera
    Pada awal Februari tahun 2018, Pekanbaru dipercaya menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I, Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (Apeksi) untuk regional Sumatera. Kegiatan ini dilangsungkan pada 1 hingga 5 Februari 2018 di Hotel Aryaduta, Pekanbaru. Sebanyak 24 walikota dari 5 Provinsi (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau) yang ada di Sumatera hadir dalam pertemuan tersebut.

    Dalam acara ini dilaksanakan serangkaian acara seperti sidang pleno laporan pertanggung jawaban kepengurusan Apeksi Regional 1 yang diketuai oleh Mahyeldi Ansharullah (walikota Padang), sidang komisi, makan malam di tepian Sungai Siak, penanaman pohon, pameran kerajinan unggulan Kota Pekanbaru, pelatihan singkat kerajinan tangan Kota Pekanbaru hingga city tour. Di hari terakhir kegiatan juga dilaksanakan pawai budaya dan pembuakaan city expo.

  2. Kejurnas Drag Race dan Drag Bike Seri 1
    Pengurus Provinsi (PengProv) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Riau menggelar Kejuaraan Nasional Drag Race dan Drag Bike Seri 1 pada 24-25 Februari 2018. Kegiatan ini dipusatkan di sirkuit non permanen yang ada Jalan Naga Sakti, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Balap adu cepat di jalan lurus ini memperlombakan 16 kelas untuk Drag Race dan 12 kelas untuk Drag Bike. Kegiatan bapal motor yang diadakan di Pekanbaru ini diharapkan dapat memberikan hiburan dan pelajaran bagi para pecinta kendaraan bermotor yang ada di Pekanbaru. Penyaluran hobi ke hal yang lebih positif dan bermanfaat.

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan Maret
  1. Pada bulan Maret 2018, penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kota Pekanbaru akan digelar. Kegiatan ini rencananya akan digelar pada 31 Maret hingga 5 April 2018. Tuan rumah penyelenggaraan MTQ tahun ini rencananya Kecamatan Marpoyan Damai, dipusatkan di dua tempat yakni sekolah SMP Madani dan masjid Tabrani yang ada di kecamatan tersebut. Target penyelenggaraan MTQ tingkat kota tahun ini adalah untuk menghasilkan qori dan qoriah terbaik yang akan membantu mempertahankan gelar juara umum yang diraih Pekanbaru pada MTQ tingkat provinsi mendatang. MTQ kali ini akan menampilkan 7 cabang lomba dan diikuti 58 peserta dari perwakilan tiap kecamatan se Pekanbaru.

  2. Lomba Foto Kearsipan Kota Pekanbaru
    Dalam rangka Hari Kearsipan ke 47 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengadakan Lomba Fotografi dengan tema Perkembangan Pembangunan Kota Pekanbaru.
    Waktu Pendaftaran : 11 Maret – 4 Mei 2018
    Pendaftaran : GRATIS
    Hadiahnya : Jutaaaaaaaan

    Untuk Info resmi lebih lanjut silahkan kunjungi :
    https://bpa.pekanbaru.go.id/lomba-fotografi-dalam-rangka-hari-kearsipan-ke-47/

    #SalamLiterasi
    #Dispusip #Pekanbaru
    #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
    #SalamSmart #DispusipPekanbaru

    Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
    Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
    Telpon : (0761) 859318

    Facebook : facebook.com/DpkPekanbaru
    Instagram : https://www.instagram.com/ipekanbaru.id/

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan April
Sepanjang bulan April, akan digelar 2 kegiatan budaya di Kota Pekanbaru, diantaranya adalah:
  1. Parade Tari Melayu 2018
    Parade tari melayu juga merupakan even yang digelar rutin setiap tahun. Pada tahun 2018 ini, parade tari melayu rencananya akan dilaksanakan pada 20 April 2018 mendatang. Parade tari ini akan menampilkan berbagai jenis tarian dari daerah-daerah yang ada di Riau. Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menuju visi Riau tahun 2020 dimana Riau menjadi pusat budaya Melayu bukan hanya di Indonesia tapi juga Asia dan dunia.

  2. Pemilihan Bujang Dara Pekanbaru 2018
    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru bekerjasama dengan Ikatan Bujang dan Dara Kota Pekanbaru menyelenggarakan pemilihan bujang dara Pekanbaru tahun 2018. Kegiatan ini rencananya akan digelar pada 21 April 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari duta-duta wisata Kota Pekanbaru. Pendaftaran dibuka sejak 25 Februari hingga 25 Maret. Pemilihan ini terbuka untuk seluruh bujang dan dara yang memiliki KTP Pekanbaru dan berusia maksimal 25 tahun. Bujang dara terpilih nantinya juga akan mewakili pada even-even sejenis di tingkat yang lebih tinggi.

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan Mei
Bulan Mei 2018 mendekati pelaksanaan bulan Ramadhan, di Pekanbaru akan dilaksanakan beberapa even yang sesuai dengan momen Ramadhan tersebut, diantaranya adalah:
  1. Festival Potang Balimau 2018
    Tradisi budaya balimau yang dilakukan masyarakat Kampar akan divisualisasikan dalam gelaran Festival Potang Balimau Kota Pekanbaru pada tanggal 16 Mei 2018. Kegiatan serupa rutin diadakan setiap tahun menjelang Ramadhan, sebagaimana tradisi aslinya memang dilakukan jelang bulan puasa. Pelaksanaan Festival Potang Balimau kali ini akan dilaksanakan di tepian sungai siak, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. Acara ini bisa disaksikan masyarakat umum yang hadir.

  2. Ramadhan Jazz Festival 2018
    Pelaksanaan Ramadhan di Pekanbaru juga diwarnai dengan acara hiburan berupa Ramadhan Jazz Festival. Acara ini akan digelar pada 26 Mei 2018 mendatang. Musik-musik irama religi ditampilkan untuk menghangatkan suasana Ramadhan untuk beribadah.

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan Juli
Setelah lebaran tahun 2018, tepatnya di bulan Juli, acara yang juga masih bersifat memajukan pariwisata kota adalah pelaksanaan Pekanbaru Heritage Funwalk. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 8 Juli 2018 di Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. Tujuan utama kegiatan ini untuk memperkenalkan semua aspek wisata yang ada di Pekanbaru, utamanya wisata kota kepada seluruh masyarakat dan pengunjung.

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan September
Pada bulan September 2018, Anda bisa bersiap mengikuti kegiatan Lomba Permainan Rakyat Kota Pekanbaru yang dilaksanakan pada 18 sampai 29 September 2018. Kegiatan ini akan dilaksanakan di lapangan SMEA, lapangan Thamrin dan Rumah Singgah Sultan. Beberapa jenis perlombaan yang akan digelar diantaranya layang-layang, congkak, gasing, enggrang dan gala panjang. Ini akan menjadi pertunjukan menarik yang bisa disaksikan semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa.

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan Oktober
Untuk Anda para pecinta olahraga berkuda, bulan Oktober 2018 bisa menjadi bulan yang menarik untuk Anda. Pada tanggal 27 sampai 28 Oktober mendatang akan digelar Pekanbaru WDO Endurance International 2018 yang dipusatkan di Desa Okura, Pekanbaru. Even ini sekaligus memperkenalkan Okura sebagai salah satu lokasi wisata olahraga yang cukup terkenal di Pekanbaru.

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan November
Sepanjang bulan November, akan digelar beberapa acara wisata budaya untuk mengenalkan Pekanbaru, diantaranya adalah:
  1. Festival Rakyat Sungai Siak 2018
    Festival budaya dan wisata ini rencananya akan digelar pada 1 sampai dengan 4 November 2018. Setting lokasinya langsung berada di kawasan Sungai Siak yang eksotik. Acara dilangsungkan di daratan dan perairan. Acara di perairan seperti festival perahu hias, hiburan rakyat, perlombaan, pameran produk dan sebagainya.

  2. Bono Jazz Festival 2018
    Bono Jazz Festival merupakan even pertunjukan musik yang digelar pemerintah provinsi yang didukung oleh kementrian pariwisata untuk memperkenalkan ombak bono yang sudah mendunia. Pertunjukan musik akbar di tahun 2018 tersebut rencananya akan digelar di Pekanbaru pada 10 November 2018 mendatang. Pada kegiatan ini juga digelar berbagai acara seperti fotografi, pameran, show musik, stand UMKM dan sebagainya.

  3. Festival Musik dan Seni Budaya Suku-Suku Nusantara
    Kegiatan seni budaya lainnya di bulan November 2018 mendatang adalah acara festival musik dan seni budaya yang menampilkan kekayaan dari semua suku-suku di Indonesia. Kegiatan dipusatkan di Pekanbaru pada 22 hingga 23 November 2018. Acara ini menyuguhkan hiburan musik daerah, tari, atraksi budaya dan sebagainya dari suku-suku di nusantara.

Kalender Even Kota Pekanbaru Bulan Desember
Di bulan Desember 2018, kita bisa mengikuti dan menyaksikan acara yang digelar pemerintah yakni, Pekanbaru Night Run. Sebuah kegiatan untuk memperkenalkan objek wisata di Pekanbaru sekaligus mengajak masyarakat berolahraga tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2018. Kegiatan ini cukup menarik dan biasanya juga bersifat kompetisi.

Even Rutin Kota Pekanbaru Setiap Hari ataupun Setiap Pekan (minggu)
  • Selain acara bulanan di atas, masyarakat Pekanbaru juga bisa mengikuti kegiatan rutin setiap pekan yakni hari ahad berupa Car Free Day (CFD), Pekanbaru. Dipusatkan di area jalan Gajah Mada pada pukul 6 pagi hingga selesai. Selain berolahraga bersama keluarga dan masyarakat, para pengunjung juga bisa berbelanja aneka kuliner dan barang-barang. Meski belum sebagus Car Free Day di Bekasi sebagai Car Free Day terbaik di Indonesia, lokasi Car Free Day di Pekanbaru sudah menjadi tempat nongkrong unggulan warga Pekanbaru di hari Ahad.

  • Di Kawasan Purna MTQ juga menjadi lokasi kegiatan anak-anak muda kreatif pencinta musik, tari dan theater. Hampir setiap sore mereka berkumpul baik di Laman Bujang Mat Syam, Gedung Bandar Serai, maupun di salah satu anjungan daerah yang semuanya berada di kawasan Purna MTQ.

    Kawasan Purna MTQ berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, tidak jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, menjadi pusat keramaian seni dan budaya dari seluruh Riau di Kota Pekanbaru.

    Malam hari, kita bisa duduk-duduk santai atau pun berdiskusi di Bual-bual Kedai Kopi. Lokasinya disebelah kiri dari foto Oom Shodik Purnomo di bawah ini.

====
Catat ya tanggal-tanggal pada kalender event Kota Pekanbaru.

Jadi jika ada yang bertanya "ada apa di Pekanbaru" ketika diajak "yok ke Pekanbaru", kita sudah dapat menjawabnya.

Kenali Negeri.
Majukan Bangsa.
Salam Literasi.

#Pekanbaru
#BandarayaMelayu
#AdaApaDiPekanbaru
#YokKePekanbaru

Baca juga artikel yang terkait :
Ada Apa di Pekanbaru
26 Lokasi Bersejarah di Kota Pekanbaru - Wisata Pekanbaru
Tempat Wisata di Kota Pekanbaru
Festival Budaya Melayu


Sumber:
Kalender Even Kota Pekanbaru dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekanbaru
Foto dari Facebook Oom Shodik Purnomo

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Pekanbaru | Ada apa di Pekanbaru ]