Tips Paling Lengkap Untuk Penggemar Tas Rajut Handmade


Tas rajut buatan tangan pun semakin menarik untuk menjadi oleh-oleh dari tempat wisata.

Jadi penyuka tas rajut itu gak mudah. Selain perawatan ekstra, kadang saat membelinya pun dituntut bersabar karena proses produksinya cukup lama. Kamu pasti tahu kan, kebanyakan seller varian item handmade ini pake metode pre-order. Oleh sebab itu, kita sebaiknya sangat selektif saat belanja item satu ini. Salah satu lokasi belanja barang berkualitas dan aman, yaitu Qlapa.

Tas rajut dapat dibeli secara online maupun langsung datang ke penjualnya bahkan beberapa daerah memiliki sentra-sentra produksi UMKM tas rajut. Produk-produk ini umumnya dipakai langsung oleh pembeli, maupun dijadikan hadiah atau oleh-oleh setelah berwisata ke suatu tempat.

Untuk itu, kita patut memperhatikan seluk-beluk dan tip membeli dan memelihara tas rajut dari A hingga Z, di antaranya adalah:

Bahan tas rajut
Berbagai koleksi tas rajut sangatlah banyak. Asam-manis membeli barang jenis ini pun jadi beragam terutama soal bahan. Seringkali kita bingung, apa sih bahan dari varian tas rajut ini yang bagus. Nah ternyata ada 9 (sembilan) material dasar pembuatannnya di antaranya:
  • Benang bulky. terbuat dari acrylic sehingga cenderung berserat, tetapi tetap lembut.
  • Benang poliester. Jenis material berikut paling sering dijadikan sebagai bahan baku. Alasannya, ia tidak mudah luntur atau kusut.
  • Benang acrylic. Material dasarnya sintetis dengan karakteristik ringan dan lembut. Saat kamu pegang akan terasa dingin.
  • Benang nilon. Bahan berikut sangat kuat dan mengkilat sehingga banyak produsen memilihnya sebagai material dasar.
  • Benang rayon. Dapat dikatakan sebagai semi sintetis yang mempunyai karakteristik kaku dan tidak mudah kusut.
Dari beberapa bahan baku yang disebutkan diatas, tidak ada istilah material terbaik. Semuanya sama-sama bainya. Tergantung model dan kegunaan yang akan dibuat. Terkadang, bahan kaku sangat cocok untuk tas di lingkungan ekstream, misalnya untuk tas rajut jenis outdoor yang cocok untuk berwisata.


Model tas rajut terbaru
Urusan model terbaru, sangat banyak tersedia di Qlapa, referensinya pun kebanyakan produk dari situs tersebut ya. Beberapa item terfavorit yaitu rajut serut seruni, bunga mekar, rajut pesta, prima hobo, dan flowery besar. Secara umum, kumpulan model itu dibuat dengan kombinasi 4 warna cerah yang berbeda. Tinggal pilih saja, kamu suka warna apa?

Selain itu, bahan pembuatnya pun dari katun. Supaya kelihatan lebih anak muda banget, tidak jarang produk dibuat dengan furing kain katun bermotif yang serasi. Proses finishing-nya pun sangat sempurna sehingga produk hasl produksinya sangat menawan.

Cara memilih tas rajut berkualitas
Sebelum membeli, teliti terlebih dulu. Begitu pula saat berbelanja tas rajut ya. pastikan memilih tas dari material berkualitas. Atau bahkan, ambil produk dari seller terpercaya. Biasanya, seller terpercaya itu bisa dilihat dari review atau testimoni dari pembeli sebelumnya.

Apabila ini kali pertama kamu berbelanja, cek foto produk. Pastikan tidak ada jahitan blepotan dan finishing ala kadarnya. Kalau pun itu belum terlalu meyakinkan dirimu, coba cari saja seller yang memiliki showrom sehingga bila terjadi apa-apa, kamu bisa mengklaimnya.

Cara mencuci tas rajut
Kalau pun kamu sudah mengoleksi puluhan jenis produk ini, kamu akan dibuat bingung bagaimana mempertahankan tampilan visual dan kualitas bahannya. Nah ada sedikit tips bagaimana mencuci tas rajut:
  • Hindari mencuci dengan mesin cuci. Untuk membersihkan jenis item berikut, terlebih dulu merendamnya di dalam air hangat. Beri sedikit deterjen untuk mengangkat noda-noda yang menempel. Rendamlah tas kesukaanmu itu kurang lebih sekitar 10 menit.
  • Jangan dikucek. Selain mesin cuci, produk ini sama sekali tidak boleh dicuci dengan dikucek. Cara ini dipakai supaya tekstur benang tetap terjaga. Jangan pula memilinnya saat akan dijemur. Cukup diremas saja ya.
  • Tambahkan pelembut atau pewangi pakaian saat merendamnya, agar wangi dan tekstur tas tetap terjaga.
  • Hindari menjemurnya di matahari langsung. Pengeringan jenis tas tersebut cukup diangin–anginkan saja. Pengeringan di bawah terik matahari langsung akan membuat warnanya cepat pudar.
  • Jangan menggantung saat penjemuran. Ada baiknya tas cukup digelar saat proses pengeringan. Menggantunganya akan merusak rajutannya karena tertarik oleh beban air ke bawah.

Bagi yang pertama kali beli produk ini pasti bakalan jatuh cinta. Sebelumnya itu, terlebih dulu tentukan bahan dasarnya, modelnya, serta simak pula bagaimana memilih tas berkualitas. Setelah itu, rawatlah dengan baik item kesayanganmu tersebut.

Tas rajut merupakan produk hasil kreasi. Ada perbedaan mencolok antara produk lokal dan non-lokal. Produk lokal seringkali menampilkan tampilan visual yang khas etnik budaya nusantara. Dari warna hingga motifnya, sangat estetik tapi tetap stylish.

[RiauMagz | Wisata Riau]

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru