Pantai Selat Baru - Wisata Pantai Bengkalis


Pantai Selat Baru
Pantai Selat Baru merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Kabupaten Bengkalis, setelah pantai yang ada di daerah Rupat. Bahkan di daerah Riau sendiri, objek wisata pantai terbilang langka, sehingga tak heran bagi warga Riau yang ingin menikmati suasana pantai di daerah sendiri, salah satunya bisa mengunjungi Bengkalis. Lokasi Pantai Selat Baru terleta di Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Saat ini Pantai Selat Baru menjadi salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Bengkalis. Belum lengkap rasanya berkunjung ke Bengkalis jika belum singgah ke pantai tersebut.


Pemandangan Istimewa
Saat orang akan mengunjungi sebuah objek wisata, maka yang akan selalu menjadi pertanyaan adalah, apa yang indah dan bisa dinikmati di tempat tersebut? demikian pula untuk mereka yang akan berkunjung ke wisata Pantai Selat Baru. Di sini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan pasir halus berwarna coklat bercampur putih sepanjang 2 km yang diselingi tumbuhan nyiur dan pohon-pohonan. Jarak pasir tersebut dari bibir pantai sejau 200 meter ke belakang. Menjadi suasana yang ideal untuk mereka yang ingin bermain di bibir pantai. Angin laut yang berhembus sepoi-sepoi akan semakin terasa segar saat Anda memandang ke seberang lautan. Bias gunung Ledang berwarna biru cukup jelas terlihat ketika Anda duduk di tepi pantai. Sebuah gunung milik negara Malaysia yang menjadi sejarah penting seorang Hang Tuah dan Hang Jebat. Memandang ke lautan, Anda akan dihibur dengan atraksi elang menangkap ikan di lautan untuk dimakan.

Bila Anda ingin berkunjung dalam suasana yang lebih istimewa, maka Anda bisa mencari tau kapan dilakukan pesta pantai oleh pemerintah setempat. Biasanya di Pantai Selat Baru digelar acara ini setahun sekali yang diisi dengan berbagai kegiatan menarik untuk mengundang wisatawan. Beberapa atraksi yang bisa disaksikan diantaranya perlombaan gasing, layang-layang, perahu jong dan aneka kesenian hiburan tradisional tempatan. Suasana pantai akan terlihat ramai dengan atraksi dan kerumunan pengunjung.
Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini seperti berenang, surfing, naik perahu, berjemur di pantai, memancing dan sebagainya. Semua aktivitas yang umumnya dilakukan orang saat berwisata di pantai, juga bisa Anda lakukan di Pantai Selat Baru.


Akses Menuju Lokasi Pantai Sepahat Bengkalis
Untuk bisa sampai ke Kabupaten Bengkalis, Anda bisa menempuh beberapa rute berikut ini:
  1. Rute darat, bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Dari arah Kota Pekanbaru, Anda berkendara selama4 hingga 5 jam menuju ke Pelabuhan Sungai Pakning. Sebelumnya, Anda akan melewati Kabupaten Siak lebih dulu. Dari Pelabuhan Sungai Pakning, Anda bisa naik kapal besar bernama Roro selama lebih kurang 1 jam perjalanan. Dari pelabuhan di Bengkalis, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan menuju ke Pantai Selat Baru selama lebih kurang 1 jam perjalanan.
  2. Rute udara-laut-darat, untuk Anda yang ingin menikmati perjalanan dalam berbagai suasana, Anda bisa menggunakan kendaraan udara. Dari Pekanbaru Anda bisa naik pesawat menuju ke Dumai (Pelabuhan Pinang Kampai) selama 30 menit. Tiket pesawat biasanya seharga 200 hingga 300ribuan. Dari Dumai, Anda bisa menggunakan kendaraan laut menuju pelabuhan di Bengkalis. Kapal-kapal besar terdapat cukup banyak di Dumai, sehingga untuk Anda yang ingin menikmati suasana bahari, bisa menggunakan kendaraan tersebut.
Karena menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Bengkalis, di sekitar lokasi juga ditemukan fasilitas yang cukup dan memadai untuk aktivitas wisata Anda. Seperti hotel penginapan, fasilitas mandi dan kebersihan, aneka kuliner khas Bengkalis dan sebagainya. Suasana di pantai ini akan semakin istimewa karena Anda akan mendengar bahasa melayu khas Bengkalis yang menjadi bahasa percakapan disetiap orang yang Anda temui. Bahkan mereka yang bersuku luar melayu sekalipun, umumnya juga sudah terpengaruh dengan logat melayu Bengkalis. Saat berkunjung ke Bengkalis, jangan lupa mencicipi aneka kuliner khas Bengkalis yang bikin kangen. Diantaranya kopi Bengkalis, lontong Bengkalis, lempuk durian, mie sagu khas Bengkalis, sambal terasi Bengkalis dan masih banyak lagi yang lainnya.


Foto Video :
BertuahTv
Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru
https://www.youtube.com/user/BertuahTv

[RiauMagz | Wisata Riau]

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru