Pantai Perapat Tunggal Meskom - Wisata Bengkalis


Pantai Perapat Tunggal
Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau merupakan salah satu kabupaten yang ada di daerah pesisir, sehingga objek wisata laut seperti pantai menjadi salah satu objek wisata unggulan di kawasan tersebut. Pantai Perapat Tunggal merupakan salah satu pantai yang masuk dalam peta wisata Provinsi Riau yang berasal dari daerah Bengkalis. Pantai ini terletak di Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Jaraknya sekitar 18 Km dari pusat kota Bengkalis.

Mengunjungi Pantai Perapat Tunggal Kabupaten Bengkalis akan memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. Di tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang indah. Kilatan cahaya matahari senja yang jatuh ke permukaan laut akan menciptakan pemandangan yang sangak khas di tempat ini. Seperti umumnya objek wisata pantai, sunset juga menjadi pemandangan istimewa di pantai ini.


Orang-orang yang ingin menikmati suasana senja yang indah dengan pesona sunset yang hangat, akan menghabiskan waktu mereka sekedar duduk di tepi pantai. Selain pemandangan langit yang semakin indah, saat mata memandang air laut yang bergelombang, pengunjungi juga bisa menyaksikan kapal-kapal yang berlayar menuju perairan Dumai. Dan keindahan suasana semakin sempurna manakala hidangan kuliner bisa Anda nikmati di tempat ini dengan aneka jenis makanan yang khas dari daerah kepulauan tersebut.
Bagi Anda yang ingin liburan bersama keluarga, di tempat ini juga disediakan taman-taman bermain dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan anak. Objek wisata ini disetting untuk bisa dikunjungi semua kalangan usia, termasuk anak-anak. Terdapat juga pondok-pondok kecil dan besar yang bisa dipakai oleh pengunjung untuk bersantai. Di kawasan ini juga banyak tumbuh pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi lebih nyaman dan dingin. Fasilitas seperti kamar mandi dan toilet juga tersedia untuk pengunjung di lokasi.

Di kawasan sekitaran pantai, terdapat juga rumah-rumah sementara para nelayan yang terbuat dari kayu. Di tempat ini para nelayan biasanya menjemur produk-produk laut yang khas dari Bengkalis, seperti terasi Bengkalis yang terkenal kelezatannya juga aneka ikan asin untuk dijual di darat. Untuk menghilangkan kepenatan seharian dalam beraktivitas, tempat ini cocok untuk Anda kunjungi, karena selain lokasinya menarik, juga tempatnya yang tak begitu jauh dari pusat kota Bengkalis.


Cara Menuju ke Lokasi Pantai Perapat Tunggal, Kabupaten Bengkalis
Cara menuju ke Pantai Perapat Bengkalis diawali dengan keberangkatan Anda menuju pusat Kota Bengkalis terlebih dahulu. Dari Kota Pekanbaru, Anda bisa menempuh perjalanan darat selama 3 hingga 4 jam menuju ke Pelabuhan di Sungai Pakning. Anda juga bisa membawa kendaraan roda empat atau kedaraan pribadi. Dari pelabuhan tersebut Anda naik kapal roro untuk menyeberang ke pusat kota. Nah, setelah tiba di pusat kota, perjalanan Anda lanjutkan kembali ke Desa Meskom, sebelah barat Kabupaten Bengkalis. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Perjalan ditempuh selama kurang lebih 30 menit saja. Sepanjang perjalanan menuju lokasi Pantai Perapat Tunggal, Anda akan disuguhkan pemandangan rumah-rumah panggung tradisional yang terbuat dari papan di bagian kanan kiri jalan yang dilalui. Bagian halaman rumah biasanya di tata dengan taman-taman bunga kecil, tidak ada pagar dan biasanya menyatu dengan kebun-kebun yang dimiliki. Tanaman kebun yang ditanam pun cukup beragam, ada kebun sawit, kebun bakau, kebun pinang dan sebagainya. Pemandangan ini merupakan pemandangan khas yang bisa Anda temukan di daerah-daerah pemukiman masyarakat pesisir.

Saat ini, kondisi Pantai Perapat Tunggal membutuhkan renovasi yang lebih serius dari pemerintah agar tetap nyaman dikunjungi oleh wisatawan. Perlu penataan ulang taman-taman dan kondisi kebersihan kawasan pantai. Tahun 2017, pemerintah Kabupaten Bengkalis telah mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki kawasan wisata tersebut. Bukan hanya pihak pemerintah saja yang perlu menjaga kelestarian lokasi setempat, namun juga masyarakat sekitar, agar tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak dan mengotori kawasan wisata yang diharapkan mampu menunjang perekonomian Kabupaten Bengkalis. Untuk mengabadikan keindahan kondisi Pantai Perapat Tunggal, Kabupaten Bengkalis - Riau.


[RiauMagz | Wisata Riau]

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru