Hutan Mangrove Dumai - Wisata Dumai


Hijaunya Hutan Mangrove Dumai
Hutan bakau menjadi salah satu objek wisata alam yang bisa dikunjungi di Kota Dumai. Hutan mangrove atau bakau tersebut terletak tidak jauh dari pusat kota, yakni tepatnya di Jalan Nelayan Laut Ujung, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Provinsi Riau. Hutan bakau menjadi salah satu tempat konservasi habitat flora yang ada di Kota Dumai. Di sini kita bukan hanya bisa menikmati udara yang masih segar dan sejuk, tetapi kita juga bisa melihat aneka jenis bakau sebagai kekayaan alam hayati daerah setempat. Kawasan Hutan Mangrove Dumai memiliki luas sekitar 31 hektar, mencakup muara atau Kuala Sungai Dumai. Angka ini masih terbilang kecil mengingat kebutuhan konservasi tanaman bakau yang semakin sulit.

Di dalam kawasan Hutang Mangrove Dumai, terdapat sedikitnya 24 jenis spesias bakau yang dilindungi. Salah satu bakau istimewa yang ada di daerah ini adalah bakau belukap (Rhizophora mucronata) yang mulai mengalami kepunahan di daerah tersebut. Dahulu telah terjadi eksploitasi bakau jenis ini oleh masyarakat sebagai bahan baku arang di daerah Pangkalan Bunting muara Sungai Dumai.


Wisata alam hutan mangrove Dumai menjadi objek wisata kalangan terpelajar seperti para peneliti, mahasiswa, kalangan jurnalis, pelajar sekolah dan sebagainya. Bahkan tak jarang para peneliti luar negeri datang ke lokasi untuk melihat langsung keanekaragaman mangrove yang ada di daerah Dumai tersebut. Keunggulan dari wisata ini tentu saja soal keanekaragaman tanaman mangrove yang dilindungi sehingga bisa memberikan kesan yang berbeda dibanding wisata alam lain yang berbentuk hutan.

Hal yang menarik di Hutan Mangrove Dumai ini adalah adanya :
Sekolah Alam Bandar Bakau, Dumai
Bandar Bakau Situs Legenda Putri Tujuh

Apa saja yang bisa dinikmati para pengunjung di tempat wisata Hutan Mangrove Dumai tersebut? diantaranya adalah:
  1. Merupakan kawasan bank mangrove, yakni tempat budidaya pembibitan dan penanaman mangrove.
  2. Lokasi sekolah alam bandar bakau, setidaknya setiap hari minggu kita bisa menyaksikan kegiatan sekolah alam di kawasan hutan konservasi tersebut.
  3. Proses pembersihan sungai dan pantai juga bisa kita saksikan di kawasan tersebut.
  4. Pusat informasi tanaman mangrove
  5. Berbagai upaya eksplorasi dari potensi wisata Bandar Bakau.

Sejak tahun 2015 yang lalu tercacat lebih dari 25ribu orang pengunjung yang datang ke lokasi Hutan Mangrove Dumai untuk melakukan berbagai kegiatan. Bahkan pemerintah setempat juga telah beberapa kali menaja acara di lokasi hutan wisata tersebut. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan promosi dan kunjungan masyarakat ke tempat tersebut. Selama ini keberadaan kawasan hutan bakau ini memang masih diketahui kalangan terbatas saja. Kurangnya promosi hingga ke tingkat nasional membuat orang tak banyak tahu, ada hutan wisata menarik yang penuh dengan kekayaan alam hayati Indonesia. Saat ini diperlukan peran secara sinergi antara semua pihak, seperti komunitas, masyarakat, pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya untuk memperkenalkan lokasi hutan tersebut ke tingkat yang lebih luas. Keberadaan media sosial sebenarnya sangat berperan untuk memperkenalkan tempat wisata hutan mangrove. Dari satu orang pengunjung diharapkan mampu mengundang pengunjung yang lebih banyak, jangan lupa jika berkunjung ke hutan bakau ini, carilah spot berfoto terbaik lalu unggah ke media sosial. Dengan cara ini akan cukup membantu memperkenalkan lokasi hutan bakau Dumai ke masyarakat secara lebih luas.


Cara Menuju ke Lokasi Hutan Mangrove Dumai
Seperti telah disebutkan di atas, lokasi Hutan Mangrove Dumai tidak jauh dari pusat Kota Dumai. Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, Anda cukup berkendara selama 15 menit saja untuk sampai ke lokasi hutan, di Jalan Nelayan Laut Ujung, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Provinsi Riau.

Untuk mempermudah, Anda bisa mengaktifkan GPS dari pusat kota menuju ke daerah tujuan. Dari pusat kota, tidak ada kendaraan umum yang bisa menjangkau lokasi, sehingga mau tak mau Anda harus menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke area hutan tersebut. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi kunjungan ilmiah atau wisata ilmiah sekolah atau kampus. Untuk mereka para pecinta alam juga cocok mengunjungi kawasan Hutan Mangrove Dumai.

Video Ekowisata Bandar Bakau Dumai dari BertuahTv

[RiauMagz | Wisata Riau]

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru