Kue Bolu Berendam Makanan Khas Raja Indragiri


Terubuk Bengkalis bertulang manis
Kelapa berpadu Kuini kuning
Hidangan rakyat dihadapan majelis
Asalnya dari Bumi Melayu Lancang Kuning

Kuliner Tanah melayu patut untuk dicicipi keunikan dan kelezatannya, karena Riau menyimpan banyak keunikan kulinernya. Salah satunya kekayaan cita rasa dalam kuliner khas tanah melayu adalah Bolu Rendam. Bolu Berendam merupakan kue khas yang berwarna kuning, bolu ini dinamakan berendam karena terlebih dahulu bolu direbus dan kemudian dihidangkan dalam keadaan basah. Bolu Berendam memiliki rasa yang amat manis, berbeda dengan pembuatan bolu lainnya dimana komposisi gula, telur dan tepung seimbang,bolu berendam hanya memerlukan sedikit tepung dan memiliki adonan gula dan telur yang dominan.



Menurut riwayat, Bolu Berendam merupakan makanan kesukaan para raja di Kerajaan Indragiri. Saat ini, penganan tersebut hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti acara pernikahan dan hari raya Idul Ftri dan Idul Adha. Tidakak sembarangan orang bisa membuat Bolu Berendam. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membuatnya, karena membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi dan banyak pantangannya.


Rasa Bolu Berendam sangat manis, karena sebelum dihidangkan, makanan ini terlebih dahulu direndam dalam air gula putih, seperti hidangan halue buah-buahan. Hanya saja, sewaktu dihidangkan air gula atau sirupnya tidak terbawa bersama bolu berendam itu, tapi dipisahkan.


Dalam pembuatan bolu berendam ini tidak boleh menggunakan tenaga listrik, jika menggunakan pengocok listrik memang telur mengembang namun ketika dipanggang bolu tersebut tidak bakal jadi, Bolu tersebut hanya bisa berhasil dibuat jika mengocok telur dengan menggunakan tangan dan harus pelan. Jika si pengocok menambah kecepatannya dalam mengocok telur dengan kecepatan tinggi, maka rasa bolu tersebut menjadi aneh.  Pembuat bolu berenda juga mempunyai pantangan yakni tidak  dalam keadaan datang bulan dan tidak boleh berkata-kata kasar. Di Rengat hanya beberpa orang saja yang mampu membuat Bolu Berendam,karena pembuatannya yang membutuhkan waktu lama dan banyak pantangan sehingga hanya orang-orang tua dan keturunan Raja Indragiri saja yang bisa membua bolu berendam ini. Selain di Rengat, bolu berenda ini juga dapat dijumpai didaerah lain di kabupaten Indragiri Hulu.


Bagi yang penasaran dengan resepnya, berikut cara membuat Bolu Berendam (Halue Telur). Bahan-bahannya adalah 1 cangkir telur ayam/ 3 butir, 1/2 sendok gula pasir kasar, 2 sendok tepung terigu (1/2 gelas), Vanilli secukupnya, 1 cangkir gula kasar ( 1/2 gelas), 1/2 gelas air mentah (1 gelas), Cengkih, kayu manis, adas manis secukupnya, margarin (1 ons).

[ RiauMagz | Wisata Riau | Kuliner Riau ]

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru