Peta Wisata Kabupaten Bengkalis - Tourism Map of Bengkalis - Riau - Indonesia


Jom ke Bengkalis #JomKeBengkalis
#AyoKeRiau

Peta Wisata Kabupaten Bengkalis - Tourism Map of Bengkalis - Riau - Indonesia
Tempat-tempat yang menarik di Bengkalis :
  1. Pantai Pesona
  2. Pantai Longon
  3. Pantai Perepat Tunggal
  4. Pantai Selat Baru
  5. Pantai Sepahat
  6. Rumah Datuk Laksamana
  7. Makam Datuk Laksamana
  8. Cagar Biosfer Giam Siak Kecil - Bukit Batu
  9. Monumen Minyak
  10. Danau Kualo Mudo
  11. Danau Serai Wangi
  12. Teluk Pambang

Jangan lupa, di Sungai Pakning juga ada Rumah Kapitan. Lalu di Kota Bengkalis juga ada beberapa bangunan tua dari jaman Belanda yaitu Benteng Huis Van Behauring yang sekarang terletak di Jalan Pahlawan, Bengkalis, Riau. Bengkalis pernah menjadi pusat karesidenan Belanda untuk wilayah Sumatera Timur sehingga dibangunlah Huis Van Behauring, kemudian Pemerintah Belanda memindahkan karesidenannya ke Deli Serdang Sumatera Utara.

Bangunan berbentuk huruf U ini memiliki 25 kamar tahanan dengan jendela kecil yang mengakibatkan ruangan menjadi pengap. Huis van Behauring terkenal dengan kekejamannya. Tahanan akan dirantai agar tidak lari. Maka bangunan ini pun dikenal juga dengan sebutan Rumah Rantai yang lahannya dimiliki oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Sebenarnya Bengkalis punya banyak juga bangunan peninggalan jaman Belanda yang jika dirawat akan menjadi objek wisata misalnya Kantor Pos di Jalan Sudirman, sumur tua di Kebun Kapas, navigasi dan tanki air yang ada di Sungai Bengkel dan lain-lain.

Untuk Wisata Alam Bengkalis, selain yang tersebut di atas, terdapat pula misalnya :
  1. Pantai Jangkang di Desa Jangkang.
  2. Bukit Batu dan Pelatihan Gajah Bukit Batu di Bukit Batu.
  3. Kera di Pantai Desa Sekodi.
  4. Lapangan Pasir Pantai di tengah kota Bengkalis.
  5. Pantai Wisata Tenggayun yang berada di kecamatan Bukit Batu tepatnya di Desa Tenggayun.
  6. Pantai Wisata Sepahat yang berada di kecamatan Bukit Batu tepatnya di Desa Sepahat.

Khusus untuk bulan Ramadhan tepatnya pada 27 Ramadhan atau 27 Likur, hampir seluruh wilayah Bengkalis akan terang benderang dengan adanya Festival Lampu Colok yaitu festival budaya lampu yang berbahan bakar minyak tanah di dalam botol yang dinyalakan menggunakan sumbu.

Selain itu, Bengkalis terkenal dengan seni Kompang yaitu seni musik yang menggunakan jenis alat musik gendang yang sangat populer di tanah melayu. Kompang ini biasa dimainkan ketika perhelatan perkawinan, penyambutan tamu dan acara lainnya. Saat ini telah diadakan pula Festival Kompang Bengkalis yaitu sebuah perhelatan pertandingan Kompang antar wilayah Kabupaten Bengkalis.

Pantai Pasir Berbisik Beting Aceh - Rupat Utara

Jika berkunjung ke Pulau Rupat khususnya wilayah Rupat Utara, jangan lewatkan untuk mengunjungi sebuah pulau pasir di tengah lautan. Berjarak sekitar 30 menit naik speed boat dari Pantai Pesona Rupat Utara ke arah barat lalu ke arah barat daya, maka akan sampai ke Pulau Beting Aceh. Beting itu sendiri berarti pulau pasir sehingga penamaannya bisa menjadi Beting Aceh saja.

Pulau ini yang masuk wilayah Desa Titi Akar memiliki luas kurang dari 3 hektar yang terbentuk dari pengumpulan pasir-pasir yang terbawa arus laut. Pasirnya yang putih di bagian pantai yang menghadap ke timur laut dan sedikit berlumpur di bagian pantai arah barat daya. Pulau ini tidak berpenghuni dan umumnya ditumbuhi pohon Cemara Udang dan sedikit pohon kelapa.

Amazing .... emejing kata anak muda sekarang... karena pantainya yang indah dan banyak anak muda menyebutnya Pantai Yang Cocok Untuk Prewedding. Satu hal yang istimewa adalah pasir pantai ini bisa berbunyi berdecit jika digesekkan. Kami menyebutya Pantai Pasir Berbisik yang terinspirasi dari Film Pasir Berbisik yang dibintangi Dian Sastro.

Video ini merupakan tangan dari salah seorang admin RiauMagz yang berkunjung ke Pulau Beting Aceh Rupat Utara bulan April 2016 lalu.



Tenun Songket Bengkalis di Dusun Muara Laut

Dusun Muara Laut berada di Desa Bukit Batu (d/h Desa Sukajadi) Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Desa ini juga dikenal dengan nama Bukit Batu Laut. Dusun dan areal sekitarnya makin terkenal karena dilagukan dalam syair lagu "Laksamana Raja Di Laut" yang dinyanyikan oleh Iyet Bustami. Dimana di ujung pelabuhan dusun tersebut terdapat 5 buah meriam tua yang khabarnya digunakan oleh datuk melawan penjajah.

Tak jauh dari dusun yang berada di muara sungai sememang terdapat Rumah Datuk Laksamana Raja Di Laut yang dahulu ditempatinya. Selain itu, tak jauh dari rumah tersebut juga terdapat Makam Datuk Laksamana Raja Di Laut.

Terlepas dari itu, Dusun Muara Laut sekarang lebih dikenal dengan keasrian susunan rumahnya yang menghadap ke sungai dimana hal ini menjadi keinginan banyak pemerintah dalam mewujudkan konsep Water Front City. Ternyata penduduk disini telah menjalankan konsep Water Front City itu sejak nenek moyangnya.

Hal yang sangat menarik di dusun ini adalah hampir seluruh perempuan penduduk dusun ini memiliki keahlian menenun songket melayu Bengkalis dan ini hampir dilakukan setiap harinya. Hal ini pun didukung dengan adanya peralatan menenun di hampir seluruh rumah dusun yang sangat bersih ini. Perempuan-perempuan dusun ini baik yang muda maupun yang telah berumur melakukan proses menenun (membuat kain tenun) songket melayu mulai dari memintal, mengurai, menggulung/menerau, menghani/mengani, menyusun menjadi benang longsen atau longsi, sampai menyongket/menenun.

Kain Tenun Songket Melayu sendiri merupakan kain dari hasil kerajinan tangan masyarakat Melayu yang dilakukan melalui proses menenun benang yang juga diselingi dengan tenunan benang emas atau benang perak dengan menggunakan ragam motif/corak tenunan melayu.

Peralatan yang digunakan untuk menenun di Dusun Muara Laut telah menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang lebih simpel dan efisien dibandingkan dengan Alat Tenun Kik atau Gedongan. Alat ini pun bidangnya lebih lebar yaitu 125 centimeter sehingga kain yang telah jadi tidak perlu disambung lagi (kampuh) untuk mendapatkan bidang yang lebar. Bentuk kain yang tak dikampuh lagi biasa disebut Kain Selerang.

Mengenai tenun songket dapat dibaca di Kain Tenun Songket Melayu.


Hal menarik lainnya di Bengkalis :
  1. Lomba memancing
  2. Penangkaran gajah
  3. Oleh-oleh lempuk durian
  4. Festival Jung/Long
  5. Kapal Lancang Kuning
  6. Fedtival Lampu Colok
  7. Makanan khas Lokan

Lihat peta untuk lokasi tepatnya.

#riau #riaumagz #visitriau #visitindonesia #Bengkalis #duri #visitbengkalis #wisatabengkalis #wisatariau
#putripariwisata
#putripariwisata2016
#putripariwisataindonesia
#love #20likes #nature #sky #sun #summer #beach #sunset #ocean #lake #sand #tourism #travel #traveling #vacation #surf

Sumber peta : @dinaspariwisatariau


[RiauMagz | Wisata Riau]