Kontur Tanah Air Terjun Batang Kapas


Air terjun sebagai formasi geologi arus air yang mengalir jatuh dari ketinggian melalui suatu formasi bebatuan atau tanah keras yang mengalami erosi atau patahan bumi. Air terjun banyak terjadi di daerah pegunungan. Hal ini membuat Pegunungan Bukit Barisan di Pulau Sumatera banyak memiliki air terjun dan menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Hal ini dapat dibaca pada referensi kami di bawah ini :



Artikel ini dibuat berdasarkan banyak pertanyaan dari para pengunjung ke tenda Blogger Bertuah bersama BertuahTv pada acara Lancang Kuning Art Fest II - 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 September 2016 di Laman Bujang Mat Syam - Purna MTQ Pekanbaru, dimana Riaumagz ikut bergabung di tenda tersebut.

Pertanyaan yang terbanyak adalah bagaimana cara menuju ke lokasi air terjun batang kapas. Pertanyaan lain adalah dimana bisa berkemah. Sebagian pertanyaan ini dapat dibaca pada daftar link refensi yang kami tulis di atas. Silahkan klik dan baca.

Kontur Tanah Air Terjun Batang Kapas

Sehubungan dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, yang mungkin belum secara detil kami tulis maka kami coba menggambarkan bentuk air terjun batang kapas dan sekitarnya baik tampak samping, tampak samping puncak air terjun dan tampak atas dari kontur tanah air terjun tertinggi di Riau ini.



Mohon maaf, karena kami RiauMagz bukanlah arsitek maupun insinyur teknik sipil karena kami adalah Blogger, maka gambar yang kami buat alakadarnya ini dapat membantu. Gambar ini dibuat dengan menggunakan aplikasi S-Note pada smrtphone Samsung Note 4.

Mohon maaf juga jika penggunaan kata "kontur tanah" tidak tepat pada artikel ini. Mohon disesuaikan.

Kontur Tanah Air Terjun Batang Kapas Tampak Samping


Dari samping kanan (jika menghadap ke air terjun) maka gambar ini menunjukkan bebatuan di dasar air terjun. Terlihat juga posisi jatuhnya air dengan 2 kondisi yaitu debit air besar (saat hujan) dan debit air kecil (saat kemarau).

Dan kami gambarkan juga hal yang menurut kami sangat menakjubkan yaitu lokasi tidur malam yang fenomenal karena lokasi tempat tidur ini sangat panjang yang memanjang sesuai dengan panjang/lebar tebing, sehingga :
kami menyebutnya "Tempat Tidur Terpanjang di Dunia".

Kondisi ini menyebabkan pengunjung yang bermalam di lokasi aier terjun tertinggi ini tidak memerlukan kemah, hanya dibutuhkan sleeping bag atau tikar saja sebagai alas tidur.

Kontur Tanah Air Terjun Batang Kapas Tampak Samping Puncak Air Terjun Batang Kapas


Pada puncak air terjun batang kapas, sebenarnya sebagian air tidak terjun atau jatuh langsung ke dasar air terjun tapi sempat melewati 2 undakan kecil. Undakan ini memiliki lebar 0,5 meter yang panjangnya bervariasi sekitar 5-8 meter. Air yang terkena undakan ini akan mendorong air lain untuk jatuh lebih jauh dari dasar air terjun.

Kontur Tanah Air Terjun Batang Kapas Tampak Atas


Garis hitam melengkung adalah batas tebing atas ke tanah di bawahnya (dasar air terjun)

Nah bagian atas ini yang juga sangat menakjubkan bagi kami. Umumnya air terjun lain adalah sungai kecil atau besar yang tidak memiliki kolam.

Hal ini berbeda dengan Bagian Puncak Atas Air Terjun Batang Kapas yang memiliki 4 buah kolam dan 1 buah lubuk air.

Lubuk inilah yang merupakan mata air Batang Kapas walau ada aliran air kecil-kecil yang juga masuk ke lubuk. Air dari lubuk ini mengalir ke kolam-kolam di bawahnya yang selanjutnya jatuh dan membentuk air terjun Batang Kapas. Aliran air ini yang mengalir jauh melewati Desa Lubuk Bigau ini disebut Batang Kapas yang dalam bahasa Indonesia disebut Sungai Kapas, atau dengan istilah geologi akan disebut Sei Kapas.

Kolam-kolam yang ada di bagian atas puncak air terjun ini memiliki kedalaman bervariasi antara 1,8 meter sampai 3 meter. Kolam-kolam ini terbentuk dari gerusan air pada tanah kapur yang akhirnya membuat cekungan air.

Airnya yang dingin dan menyegarkan akan membuat pengunjung berniat untuk berenang.

SARAN RIAUMAGZ :
Jangan berenang di kolam terakhir sebelum air terjun karena sangat berisiko akan terseret air jatuh ke dasar air terjun.


JANGAN BERENANG JIKA DEBIT AIR BESAR, SANGAT BERBAHAYA DAPAT TERJATUH KE DASAR AIR TERJUN

Untuk keamanan, berenanglah di kolam bagian atas (kolam pertama, kedua dan ketiga setelah lubuk) untuk menghindari resiko jatuh terseret air ke dasar air terjun.

Dasar aliran air dari lubuk ke kolam-kolam ini adalah tanah kapur yang bercampur dengan kerikil. Kami tidak pasti nama ilmiah dari jenis tanah atau batu tersebut.

Saran Lain :
  • Baca artikel kami lainnya tentang Air Terjun Batang Kapas ini seperti referensi yang tertulis di awal artikel ini karena kami juga telah menyampaikan saran-saran kami untuk para pengunjung ketika akan berkunjung dan ketika berada di lokasi air terjun ini.
  • Kami terus berharap agar para pengunjung menjaga kebersihan dan tidak mencoret-coret dinding tebing atau pepohonan.
  • Agar menghubungi pemuda Desa Lubuk Bigau untuk memandu ke lokasi air terjun.

Untuk informasi dan pemandu, silahkan hubungi Persatuan Anak Negeri Kenegerian Pangkalan Kapas (PANGKAS), Desa Lubuk Bigau - Kenegerian Pangkalan Kapas - Kecamatan Kampar Kiri Hulu - Kabupaten Kampar - Provinsi Riau :
ARIKA HARMON
HP. : 085374932282
Instagram : @arikaharmon
Facebook : Arika harmon

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan sungkan-sungkan menghubungi di
Instagram : @RiauMagz


Artikel Kontur Tanah Air Terjun Batang Kapas ini semoga dapat memberikan gambaran jika pengunjung datang ke lokasi air terjun yang tertinggi nomor 4 di Indonesia ini.

Tenda Komunitas Blogger Bertuah dan BertuahTv di acara Lancang Kuning Art Fest II - 2016


Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru