Makanan Khas Riau

Makanan Khas Riau, Bolu kemojo

Makanan khas Riau, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan khas di provinsi lainnya seperti Sumatera barat, Kalimantan, serta provinsi Kepulauan Riau, yang banyak dihuni oleh masyarakat Melayu. Walaupun memilki persamaan dengan daerah lain di Indonesia, makanan Khas Riau tetap menunjukkan jati dirinya.

Makanan khas Riau juga memiliki beberapa perbedaan disetiap kabupaten/kota dalam provinsi ini, seperti makanan khas Pekanbaru, makanan khas Rokan Hilir, makan khas Kuantan Singingi, makanan khas Kampar, makanan khas Bengkalis, dan daerah-daerah lainnya. Namun secara umum makanan khas daerah Riau antara lain : gulai asam pedas patin, gulai belacan, gulai sayur lemak kuah santan, gulai terung asam, bacah daging, dan gulai belacan udang.

Makanan Khas Riau


Bolu Kemojo, juga merupakan makanan khas Riau yang umumnya di hidangkan jika ada peristiwa besar seperti hajatan atau hari raya. Cara pembuatan bolu kemojo ini memang mirip pembuatan bolu seperti biasa, bedanya adalah warna hijau yang menjadi ciri khas bolu kemojo.

Laksamana Mengamuk, nah yang satu ini bukan sebuah peristiwa, melainkan nama sebuah minuman yang mirip sekali dengan bajigur, makanan khas daerah jawa barat. Hanya saja bedanya didalam es laksamana mengamuk ini di tambah irisan kecil-kecil mangga kweni yang terkenal harum itu.

Lempuk Durian : Dilihat dari namanya jelas makanan ini berbahan utama durian. Atau istilah lainnya berupa dodol durian. Cirri khas lempuk durian ini menjadi salah satu makanan khas Riau yang menjadi terkenal dimana-mana. Lempuk durian merupakan makanan khas kabupaten bengkalis provinsi Riau.

Dadih, merupakan makanan khas kabupaten Kampar. Makanan seperti ini juga terdapat di sumatera barat. Dadih merupakan susu kerbau yang di fermentasikan seperti yogurt.

Makanan khas Riau lainnya yang terkenal seperti : Gendar ketan hitam, Bangket durian, Air mata pengantin, Kue 8 jam, Pais udang, pindang jamur, Rujak maharaja, Juice tiga rasa, kluntup, sayur asam, juice jagung manis, kue bangket jeruk nipis, lenggang, sambel goreng jamur, sambal belacan dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak makanan khas Riau yang banyak di produksi, namun hanya beberapa saja yang benar-benar menjadi ikon untuk makanan khas Riau ini. pembuatannya pun beragam, ada yang dibuat di industry pengolahan makanan, ada juga yang dibuat oleh industri rumahan.