Kumpulan Cerpen Tenggelam Karya Griven H. Putera, Sebuah Pesan Religi

Kumpulan Cerpen Tenggelam


Aspek latar belakang pengarang terhadap karya yang dihasilkan
Ada banyak hal memang yang menjadi latar belakang dari muatan maupun genre tulisan yang lahir dari seorang pengarang, salah satunya tentu saja adalah soal latar belakang dari penulis itu sendiri. Penulis yang sehari-harinya bergelut dengan persoalan sosial akan lebih memudahkan dirinya melahirkan karya-karya sosial yang bernash. Seorang yang bergelut dengan dunia hukum, tentulah ia punya perasaan dan keinginan yang lebih kuat untuk menuangkan ide-ide seputar permasalahan hukum.

Demikian pula apa yang terjadi pada karya-karya sosok Griven H. Putera, latar belakang pendidikan sekaligus pekerjaan yang beliau geluti cenderung memang lebih kental dengan suasana religi, sehingga cukup wajar apabila kemudian berbagai karya-karyanya yang muncul adalah karya religi yang cukup memberi sentuhan ke hati pembaca. Griven merupakan alumni dari IAIN Susqa Riau yang kini telah menjadi UIN Susqa. Pendidikan yang ia kecapi di sana bahkan hingga sampai tingkat pasca sarjana. Sehingga pengetahuan yang kuat mengenai wawasan keagamaan merupakan hal yang lumrah bila kita temukan di dalam karya-karya salah seorang sastrawan Riau tersebut.

Kumpulan cerpen Tenggelam : Lagi-lagi sebuah karya religi lokal
Sebuah karakter kuat yang sudah cukup menjadi karakter sosok sastrawan Riau bernama Griven H. Putera adalah kecendrungan dirinya yang selalu mampu bertahan dalam menghasilkan karya-karya tema lokal Riau dengan sentuhan nilai-nilai religi yang estetis. Dan inilah yang kita temukan dalam Kumpulan Cerpen Tenggelam yang diterbitkan pada tahun 2005 tersebut. Sentuhan budaya lokal masyarakat Petalangan Riau mampu disatukan dengan amanat religi yang cukup kuat. Konsistensi sosok Griven H. Putera dalam mengangkat tema-tema lokal Riau merupakan satu hal yang patut menjadi keteladanan mengingat dimasa kini banyak para penulis mulai tergoda untuk meninggalkan hal-hal dan budaya yang terdekat dengan dirinya untuk diangkat menjadi sebuah karya sastra.

Lintasan kehidupan manusia pada ranah sebab-akibat serta darul hakikat tersebut cukup menarik untuk disimak di dalam kumpulan cerpen Griven H.Putera yang berjudul Tenggelam tersebut. Dalam cerpen ini, kita dapat menemukan bagaimana bayangan puak Melayu yang ada di Riau dalam menghadapi medan hidupnya. Mereka merenangi dua arah arus yang sedang mengalami perubahan secara cepat, dengan daya kemampuan yang relatif lemah. Disanalah pesan religi itu muncul. Pada hakikatnya kehidupan manusia adalah apa yang telah digariskan oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Namun demikian, manusia diberi dua hal yang mampu menjadi senjata pengubah nasib dirinya. Kedua hal tersebut adalah doa dan ikhtiar. Maka takdir Allah akan selalu mengalami tarik menarik dengan apa yang diikhtiarkan dan apa yang menjadi doa oleh sosok manusia.

[caption id="attachment_4127" align="alignright" width="130"]Kumpulan Cerpen Tenggelam Kumpulan Cerpen Tenggelam
Memutar waktu kembali[/caption]Manusia selalu dihadapkan pada dua zaman, pertama adalah arus masa silam dengan kondisi alam yang masih sangat alami dan dipelihara oleh sebuah sistem adat yang bersendikan syarak dengan cara menampilkan pemegang teraju kepemimpinan yang akan mampu menenggang rasa sehingga akhirnya akan kokoh dalam memegang amanah. Zaman kedua adalah arus masa kini, masa kemodernan dengan kondisi alamnya yang sudah rusak akibat ulah manusia. Sistem kehidupan manusia yang serakah telah memicu lahirnya suatu kondisi kehidupan masyarakat yang bisa dikatakan rusak. Kehidupan yang ada telah menampilkan sosok-sosok pemimpin yang zalim dan munafik.

Puak Melayu di Riau di dalam Kumpulan Cerpen Tenggelam karya Griven H. Putera, berada antara dua rentangan masa sulit tersebut. Untuk kembali ke masa silam merupakan suatu hal yang sangat mustahil. Akan tetapi untuk maju ke depan tentulah harus menghadapiberbagai tantangan, cobaan, bahkan ancaman kehidupan dunia serta aneka dosa yang belum tentu akan tertanggungkan di akhirat kelak. Sungguh inilah suatu medan hidup yang sangat dahsyat, digambarkan oleh penulis. Medan yang belum tentu bisa dilalui dengan selamat, baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

Keberhasilan sosok Griven H. Putera dalam menyajikan karya biasanya adalah dalam aspek pesan serta kekuatan karakter lokal yang dapat mengalir begitu saja. Dan inilah yang menjadikan karya Griven Kumpulan Cerpen Tenggelam kali ini sangat layak untuk dibaca dan diapresiasi.

Kumpulan Cerpen Tenggelam Karya Griven H. Putera